Achievement 2 @sayaalan, Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

PicsArt_05-01-02.39.33.jpg

Background image Pixabay

Pengantar

Ketika saya membuka all post pada beranda steemit dan saya menemukan postingan dari saudari @cryptokannon yang berjudul Notice Board of Newcomers Community Updated 29/04/2021, lalu setelah saya membaca postingan tersebut mengarahkan saya kepada postingan dari Saudara @heriadi yang berjudul Kumpulan Panduan Tugas Achivement dan Materi Tugas Pencapaian Bagi Pendatang Baru, dan setelah saya membaca tulisan itu mengarahkan saya pada Panduan Penulisan Achievement 2 yang diposting oleh Saudara @radjasalman yang berjudul Panduan Achievement 2 Untuk Pendatang Baru.

Baik, sekarang saya akan mencoba membuat tugas untuk Achievement 2 yang diberikan oleh Saudara @radjasalman, tugas tersebut mengenai Basic Security on Steem, dalam postingan tugas yang diberikan meliputi beberapa pertanyaan, diantaranya adalah:

  • Pertanyaan 1
    Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?
  • Pertanyaan 2
    Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?
  • Pertanyaan 3
    Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?
  • Pertanyaan 4
    Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?
  • Pertanyaan 5
    Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Oke, langsung saja masuk kedalam pembahasan dan mari kita membahas semua jawaban dengan padat, singkat, dan jelas, sehingga dapat dengan mudah dimengerti, dan semoga menjadi pembelajaran pula bagi sahabat steemians lainnya.

Pembahasan

1. Pertanyaan I (Satu)

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Dalam hal ini saya sudah mendapatkan semua kunci saya yang di downlaod melalui pdf saat saya login pertama kali dengan menggunakan master key, semua data pada pdf telah saya simpan dan insya Allah aman.

2. Pertanyaan II (Dua)

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Ya, saya sudah membacanya pada key & Permision yang saya akses pada https://steemit.com/@sayaalan/notifications, disana dijelaskan dengan sangat jelas tentang beberapa kunci dari yang saya dapatkan melalui pdf yang saya download.

3. Pertanyaan III (Tiga)

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Dalam hal ini saya membuat alamat email baru dan menyimpannya pada draff , email tersebut tidak dipakai untuk mencari airdrop atau hal-hal lain yang berkaitan dengan login lainnya, login yang saya maksud disini adalah masuk ke situs atau aplikasi sembarang tempat kecuali hanya pada smart phone saya. Disini saya juga membackup pasword saya dengan menyimpannya dirumah pada suatu tempat, pasword tersebut sudah saya print, namun tidak semua pasword, hanya master key, karena itu yang terpenting, mengingat bahwa masterkey adalah kunci utama untuk mendapatkan kunci-kunci lainnya.

4. Pertanyaan IV (Empat)

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Ya, saya sudah melakukan beberapa transaksi, dan transaksi tersebut dapat dilihat pada history wallet saya, selain mengirim ke user lain disini saya juga sudah melakukan pengiriman reward dari akun saya ini ke akun Binance yang sudah saya daftarkan sejak beberapa tahun yang lalu.

5. Pertanyaan V (Lima)

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Ya, saya tahu !! Disini saya sudah mengaplikasikannya juga, Power Up adalah sebuah kegiatan untuk memasukkan aset steem kedalam steem power, dan pada akun ini saya sudah melakukan hal tersebut dan telah mendelegasikan pula steem power saya, diantaranya adalah kepada komunitas Steemsea yaitu kepada username @steemseacurator dan komunitas Beauty of Creativity yaitu kepada username @beautycreativity.

Sedangkan Power Down adalah kegiatan menarik Steem Power menjadi steem atau kebalikan dari kegiatan Power Up, namun dalam kegiatan ini kita harus menunggunya selama 4 minggu, dalam contoh sederhana yang lebih mudah dipahami adalah jika sahabat memiliki 100 steem power dan ingin melakukan power down maka steem power akan masuk ke aset steem dalam 4 tahap, yaitu perminggunya akan mendapatkan 25 Steem, sehingga 100 Steem tersebut akan selesai setelah dalam jangka waktu 4 minggu.

Kesimpulan

Karena tidak ada cara untuk mendapatkan kembali pasword yang telah hilang, maka hal ini wajib anda antisipasi dengan menyimpan kata sandi tersebut di berbagai tempat, baik itu pada media online atau ofline, pada media online anda dapat menyimpannya pada draf email yang nantinya jika anda mengganti ponsel atau ponsel anda rusak anda dapat mengambil kembali dengan login email tersebut dengan device lain dan mengambilnya kembali pada bagian draff. Anda juga dapat menyimpan sandi anda menggunakan metode penyimpanan ofline dengan menggunakan beberapa cara, yaitu menggunakan flashdisk, kaset, atau anda juga dapat menulisnya dikertas lalu menyimpan ditempat yang cukup anda sendiri yang mengetahuinya.

Demikian tugas Achievement 2 dari saya @sayaalan, terima kasih terkhusus saya ucapkan kepada : @cryptokannon, @heriadi, @radjasalman dan terimakasih juga kepada @steemcurator03 , @steemcurator, @steemseacurator, @heriadi, @nazarul, @anroja, @ernaerningsih, @inwi, @yanis01 dan seluruh anggota lainnya yang telah banyak membantu saya dalam steemit ini yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, baik itu melalui postingan hebat dari kalian maupun tatapan muka secara langsung.

PicsArt_04-20-11.54.12.png

Sort:  
 3 years ago 

Kamu telah diupvote oleh radjasalman dari Steem POD Project

Kami memberikan voting dengan akun Kurator Komunitas Steemit @steemcurator03 untuk mendukung pendatang baru yang bergabung ke steemit.


Silakan kunjungi link ini untuk pedoman dalam melanjutkan tugas Achievement selanjutnya.

Ikuti terus @steemitblog untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai event dalam steemit.
Terimakasih 🙏

 3 years ago 

Terima Kasih @steemcurator03, saya akan membuat achievement selanjutnya.

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.025
BTC 56796.26
ETH 2497.29
USDT 1.00
SBD 2.23