Achievement 6 By @naufal Task: Understanding Curation and CommunitysteemCreated with Sketch.

in Newcomers' Community3 years ago

5267.jpg

source: Freepik

Akhirnya sampai juga dipenghujung tugas achievement, semua tugas diselesaikan dengan aman dan terkendali. Oke langsung saja, berikut adalah Question dan Answer tentang pemahaman saya tentang achievement 6.


1. Apakah Anda memahami cara kerja voting dan kurasi di steemit?

Ya. Konsep voting Steemit hampir sama dengan Facebook atau Instagram. Yaitu ketika seseorang membuat sebuah postingan maka akan ada fitur "Like" untuk postingan tersebut sebagai simbol bahwa kita dapat memberikan penghargaan terhadap konten tersebut.

Bedanya di Facebook like hanya sekedar like, hanya memberikan kepuasan untuk eksistensi semata. Di Steemit, like tersebut sangat bernilai layaknya uang. Like yang kita terima di Steemit, dalam hal ini adalah vote, bernilai uang dan bisa kita uangkan. Vote ini diberikan oleh seseorang kepada postingan kita, yang dinamakan dengan reward kurasi.

Namun, reward kurasi ini nilainya bergantung kepada Steem Power yang dimiliki oleh kurator tersebut. Semakin besar SPnya, maka semakin besar pula lah nilai vote yang akan dia berikan.

Pada saat memberikan voting, reward kurasi voting pertama tidaklah sama dengan reward voting kedua. Walaupun nilainya persennya sama, tetapi haslinya tentu akan berbeda. Dan setiap kita melakukan vote 100% kepada sebuah postingan, maka dibutuhkan biaya untuk melakukan aktivitas tersebut, biayanya yaitu 2% dari total mana yang kita miliki.

Namun jika kita menggunakan voting ini terus menerus tentu mana kita akan habis, tetapi Steemit sudah mengakali hal ini, dalam satu hari penuh mana kita akan me-recharge sebanyak 20% dari total mana yang kita miliki.

Dan secara default, akun baru hanya akan bisa melakukan voting 100% ke semua postingan atau komentar, namun ketika mereka sudah memiliki 500 Steem Power, maka akan muncul fitur baru secara otomatis di akun mereka, yaitu Voting Slider yang berfungsi untuk mengatur berapa persen kita ingin memberikan voting kepada sebuah postingan


credit to @heriadi, karna saya tidak lagi punya fitur Slider ini 😆

Sedangkan mekanisme penghitungan reward, reward yang tertera disebuah postingan, nilai tersebut bukanlah untuk kita klaim semuanya. Tetapi dibagi menjadi 50% 50%. 50% reward untuk kurator (orang yang memberikan vote) dan 50% nya lagi untuk author (yang menulis postingan/kita sendiri). Dan reward author ini akan dibagi lagi menjadi dua, 50% dalam bentuk Steem Power, dan 50% lagi dalam bentuk SBD yang akan langsung masuk ke wallet kita setelah masa payout tiba, yaitu 7 hari sejak diterbitkannya sebuah postingan.

2. Apa yang terjadi jika Anda mem-voting posting sebelum 5 menit setelah posting?

Sebagai kurator, sebaiknya kita memberikan suara/vote kepada suatu postingan yang umurnya lebih dari 5 menit, agar kita bisa mendapatkan 100% reward kurator tersebut. Begini ilustrasinya:

Waktu voteKurator rewardreward pool
1m setelah posting2080
2m setelah posting4060
3m setelah posting6040
4m setelah posting8020
5m setelah posting1000

Jadi, agar kita mendapatkan 100% reward kurator tersebut, vote lah postingan yang sudah berumur lebih dari 5 menit. Sehingga, semakin banyak Steem Power yang dimiliki oleh seseorang, semakin banyak reward kurator yang bisa ia terima dari reward kurator tersebut.

3. Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? dan mengapa?

Saya sudah bergabung Steemit dari 3 tahun lalu, Januari 2018. Saat itu saya memilih utopian-io, good-karma, sebagai witness. Namun karna akun tersbut sudah hengkang dari SteemBlockchain, saya menarik vote untuk kedua akun tersebut, sehingga sekarang saya membeirkan voting witness untuk top 10 peringkat di Steem Witness di halaman https://steemitwallet.com/~witnesses.

Witnes tersebut adalah: @steemchiller, @justyy, @steem-agora, @dlike, @future.witness, @dev.supporters, @italygame, dan @steem-supporter.

Saya memilih mereka sebagai witness karena sebagian mereka sudah membuat tool keren yang sangat membantu kita dalam beraktivitas di Steemit. Dan juga alasan lainnya adalah karena mereka memang witness terbaik saat ini, kita bisa membuktikannya dengan melihat peringkat Witness saat ini.

image.png

4. Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa?

Saat ini saya mengikuti 11 komunitas di Steemit. Meskipun tidak semuanya saya aktif karna saya belum bisa berkontribusi diseluruh komunitas tersebut. Tetapi ada 3 komunitas saat ini yang saya fokuskan.

image.png

  1. Steem SEA - Alasan saya bergabung komunitas ini adalah yaa disini adalah komunitas induk dimana teman-teman yang selama ini saya berteman di real life semuanya berada di komunitas ini. Dan juga karena waya warga negara Indonesia, jadi sudah sepatutnya saya bergaul dan membangun engagement dengan sesama warga Indonesia juga.
  2. PromoSteem - Komunitas ini adalah komunitas untuk mempromosikan Steemit, karena aktivitas saya di steemit belakangan ini memang banyak tentang mempromosikan Steemit kepada orang-orang. Sehingga kegiatan tersebut akan saya laporkan semuanya di komunitas ini.
  3. Steemit Nursery - Saya bergabung disini karena alasan ingin membantu para Newcomers untuk membimbing mereka. Namun dikarenakan user lama (alumni) tidak diizinkan membuat postingan umum disini, maka saya hanya akan membaut tutorial, tips dan trik steemit untuk pemula saja disana nantinya.

divider.png

Terima kasih yang tak terhingga saya ucapkan kepada @cryptokannon dan semua programmer yang telah membuat dan mengembangkan alat yang digunakan dalam tugas achievement ini, sangat membantu saya untuk kembali mempelajari tentang mekanisme Steem Blockchain. Thank you!

Oke sekian dulu Tugas Achievement 5 Task 4 saya, tentang review tool Steemdb.io, terima kasih sudah mampir dan membaca.

Cc: @heriadi @irawandeddy


Rangkuman Tugas Achievement:

  1. Achievement 1 by @naufal : Verification Through Introduction
  2. Achievement 2 by @naufal : Basic Security on Steem
  3. Achievement 3 by @naufal : Content Ettique
  4. Achievement 4 by @naufal : Applying Markdowns
  5. Achievement 5.1 by @Naufal : Review Steemworld.org
  6. Achievement 5.2 by @Naufal : Review Steemscan.com
  7. Achievement 5.3 by @Naufal : Review Steemyy.com
  8. Achievement 5.4 by @Naufal : Review Steedb.io

divider.png

Ketahui Tentang Saya

footer.png

naufal-social.png

Sort:  
 3 years ago (edited)
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 6 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya tentang Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Setelah menyelesaikan Tugas ini anda dapat mencari pengalaman baru di Steemit, yaitu bergabung dengan komunitas yang telah ada sesuai dengan keinginan anda. Ekspresikan bakat dan minat mu disana. Kami senang melihat anda selama ini menyelesaikan setiap tugas dengan baik.

Best Regard,
@irawandedy

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 53622.13
ETH 2208.05
USDT 1.00
SBD 2.29