Achievement 2 @naufal Tugas: Basic Security on SteemsteemCreated with Sketch.

in Newcomers' Community3 years ago

password.png

created by @naufal

Salam sobat Steemian,

Sewaktu kembali lagi ke steemit sebulan yang lalu, ketika login lagi setelah beberapa tahun tidak login, saya mendapatkan notif bahwa saya harus login dengan posting key. Ya saat itu saya login menggunakan master password. Karna biasanya dulu-dulu sewaktu pertama kali Steemi juga hanya menggunakan Master Password, tidak terlalu ditekankan perbedaan-perbedaan masing-masing key. Hmm

image.png

notifikasi harus login hanya menggunakan Posting Key

Langsung saja saya mengikuti instruksi dan login menggunakan posting key. Menyimpan password yang sudah di download.

divider.png

Memang perbedaan masing-masing key ini perlu kita ketahui agar nanti tidak salah-salah penggunaan yang berujung membingungkan dan berakibat fatal. Terutama untuk pengguna baru. Saya sering tekankan kepada newcomers untuk mengimpan password mereka terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke yang lain. Selalu saya ulang-ulang. Sampai saya nyiyir bilang ke mereka,

KEEP SAVE YOUR PASSWORD!!
KEEP SAVE YOUR PASSWORD!!
KEEP SAVE YOUR PASSWORD!!

Karena,

image.png

Hilang password, hilang akun. Tidak ada cerita. Tidak ada opsi lain. Say goodbye to your account. Dan satu lagi, jangan bagikan Key anda ke siapapun, bahkan ke pihak Steemit sekalipun jika ia mengaku-ngaku dari pihak Steemit. Karna Anda tidak pernah tahu key anda akan disalahgunakan untuk hal yang tidak Anda tahu.

Lalu, kenapa Steemit memberikan kita 5 jenis Key ini? Apakah Steemit mau ngeprank kita? Tentu saja tidak kawan superku yang baik hatinya. Masing-masing key ini memiliki fungsi yang berbeda yang dibuat untuk memaksimalkan keamanan akunmu di Steemit biar tidak disalahgunakan! Camkan itu! Jangan ngeluh lagi kenapa ada 5 key ini. 😤

privatekey.png

Mari kita kupas satu-satu mangganya, eh

1. Posting Key
Key ini adalah yang paling sering kita gunakan, karna fungsinya digunakan untuk aktivitas di Steemit seperti memposting, berkomentar, upvote, downvote, mem-follow user lain, membagikan postingan lain (resteem), mengatur profile.

2. Active Key
Key ini lebih tinggi levelnya dibanding Posting Key karna hanya digunakan untuk aktivitas yang sangat sensitif. Seperti mentransfer saldo, melakukan powerup/powerdown , mengkonversi Steem ke Dollar atau sebaliknya, melakukan transaksi di Market, Vote untuk WItness, dan mengatur settingan akun yang lebih detail.

3. Owner Key
Key ini tidak digunakan untuk aktivitas biasa yang dilakukan di Steemit. Tapi fungsi key ini hanya untuk mengubah key apa pun, termasuk owner key. Sangat disarankan untuk menyimpannya di tempat aman.

4. Memo Key
Key ini hanya digunakan untuk mengenkripsi memo saat mentransfer saldo di wallet. Sederhananya hanya pengirim dan penerima yang bisa membaca tersebut, tetapi dibutuhkan Memo Key untuk membaca memo tersebut.

5. Master Key
Dan yang paling terakhir, Bapaknya dari segala Key. Key ini Memiliki akses paling komplit ke semua fitur di Steemit. Oleh karena itu fungsinya hanya untuk yang penting-penting saja. Yaitu untuk me-recovery account jika dihack oleh orang lain, dan untuk mengganti semua password yang sudah disebutkan diatas.

Apa bedanya Master Key dengan Owner Key?

Master Key adalah Key yang kamu dapatkan ketika pertama kali membuat akun Steemit. Tolong disimpan baik-baik Key ini. Master Key lebih tinggi level aksesnya dibanding Owner Key. Kalau Owner Key hanya bisa mengganti Posting Key, Active Key, Memo Key, dan Owner Key itu sendiri. Tetapi tidak bisa mengganti Master Key. Namun Master Key dapat mengganti semua jenis Key tersebut. Hak aksesnya lebih VVIP.

image.png

mengganti Master Key melalui steemitwallet.com

divider.png

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Yes, sure. Sudah saya dapatkan, dan sudah saya simpan dengan aman beserta key file pdf yang sudah didownload.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Yes, sudah saya jelaskan dengan sesederhana mungkin, semoga kalian paham. ^^

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Saya sudah menyimpan Master Key saya di Auto-fill Google Password, di Notepad ponsel, di catatan WhatsApp, di dalam folder yang terkunci di laptop saya, di email, di Google Drive, dan juga di cloud hosting website saya.

Kenapa banyak sekali? Tentu, karena ini sangat penting jadi saya melakukan backup ke tempat yang berbeda, tujuannya ketika satu sumber tidak bisa saya akses, saya bisa mendapatkan akses ke sumber lainnya. Jadi saya bisa login dimanapun dan kapanpun sesuka hati saya. ^^

divider.png

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Yes, berikut caranya:

image.png

silakan menuju tab Wallet pada halaman profil Anda

image.png

jika belum login, silakan login terlebih dahulu menggunakan Active Key, lalu klik menu Transfer pada kolom STEEM

image.png

isikan username penerima, jumlah yang akan dikirimkan beserta memo, lalu klik Next

image.png

Steemit akan mengkonfirmasi transaksi Anda, silakan dicek kembali sudah benar atau belum. Jika sudah silakan klik Ok

Transaksi Selesai

divider.png

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Ya, saya sudah pernah Power Up 700 STEEM loh 🤩

image.png

silakan menuju tab Wallet pada halaman profil Anda

image.png

jika belum login, silakan login terlebih dahulu menggunakan Active Key, lalu klik menu Power Up pada kolom STEEM

image.png

isikan jumlah STEEM yang akan di-power up, lalu klik Next

image.png

Steemit akan mengkonfirmasi transaksi Anda, silakan dicek kembali sudah benar atau belum. Jika sudah silakan klik Ok

Power Up Selesai

divider.png

Demikian Tugas Achievement 2 saya, terima kasih sudah mempir dan membaca.

Rangkuman Tugas Achievement:

  1. Achievement 1 : Verification Through Introduction

divider.png

Ketahui Tentang Saya

footer.png

naufal-social.png

Sort:  
 3 years ago 

Verified

 3 years ago 

Terima kasih pak Dokter

 3 years ago 

Ajarkan saya mendesain ya... Trik² nya

 3 years ago 

xixi siap bang , tapi saya pake CorelDRAW ya

Hello @naufal, I congratulate you, you have done an excellent job and you have progressed, I wish you success in your new tasks and in your career at Steemit.
I invite you to our DraftCrearte community, a community to express the artist within us. Here you can participate in this week's contests. . 1 and 2.

 3 years ago 

Thank you, I will considere it

 3 years ago 

terima kasih penjelasannya @naufal.
sebagai pemula jadi makin paham perbedaan key di steemit

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63220.55
ETH 2560.85
USDT 1.00
SBD 2.80