Achievement 6 by @muksalm99 : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

0001-7397822682_20210908_020715_0000.jpg

Hay sahabat steemit. Tugas demi tugas telah terlewati. Kali ini aku ingin membahas tugas terakhir bagi pendatang baru. Banyak ilmu yang telah kudapatkan berkat mempelajari dan menulis tugas-tugas pada komunitas ini. Mulai dari memanajemen akun sampai cara mendelegasikan SP kepada akun lain.

Pada Achievement 6 ini, aku akan mejelaskan mengenai Pemahaman mengenai kurasi dan komunitas. Tahap achievement 6 ini hanya satu saja. Sebelumnya terdapat 4 tahap pada achievement 5, yang mana ke empat-empatnya menjelaskan mengenai tool-tool yang berhubungan dengan steemit.

Adapun tujuan pada achievement 6 ini agar para pendatang baru lebih paham cara kerja setiap voting dan kurasi pada platform @steemit ini. Sehingga kita tidak hanya sekedar memberi vote kepada banyak postingan tanpa mengetahui dasarnya.
Kemudian tujuan lain pada achievement 6 ini untuk memudahkan pendatang baru memulai pengembaraannya di steemit melalui komunitas yang kita sukai.

1. Bagaimana cara kerja voting dan kurasi di steemit ?

Sama halnya seperti kebanyakan aplikasi-aplikasi social lainnya. Terdapat like, komentar dan repost pada setiap postingannya. Tapi ada perbedaan yang begitu mencolok dibandingkan dengan steemit. Karena steemit sendiri merupakan platform yang berbasis blockchain sehingga terbanyak banyak blok di dalamnya yang saling terhubung satu sama lain dan tingkat keamanannya juga tinggi.

Pada Steemit terdapat vote, downvote, komentar serta resteem di akhir postingan. Setiap orang yang memberikan apresiasi atas sebuah postingan yang mana hasil voting nantinya akan memberikan reward sebagai author bagi pemilik postingan dan reward kurasi bagi yang memberikan vote pada postingan tersebut.

Jumlah reward yang diberikan tergantung dari kekuatan suara (Voting Power) pada akun yang memberikan vote. Semakin besar VP yang dimiliki, maka akan semakin tinggi curator reward yang didapatkan dalam sebuah postingan. Tapi ingat, kita tidak selamanya bisa memberikan vote, karena voting power memiliki Batasan. Semakin banyak vote yang kita lakukan, maka kekuatan VP akan semakin berkurang. Kita harus menunggu selama 24 jam untuk mendapatkan Kembali 20% VP. Sehingga harus bijak dalam memberikan vote untuk orang lain.

20210908_014327.jpg

Tampilan Voting Power

Reward setiap postingan di steemit memiliki pembagian 50% / 50%. 50% untuk curator (orang yang memberikan vote), 50% untuk author (pemilik postingan). Kemudian reward pemilik postingan dibagi lagi menjadi 2 bagian. 50% untuk Steem Power dan 50% untuk Steem Dollar (SBD). Reward postingan akan kita terima dengan cara mengklaimnya dalam waktu 7 hari setelah postingan diupload.

2. Apa yang akan terjadi jika kita memilih vote postingan sebelum 5 menit setelah posting ?

Maksudnya memberikan vote pada postingan yang masih berumur di bawah 5 menit akan memberikan dampak reward yang kurang maksimal bagi kita. Sehingga perlu diketahui untuk semua pendatang baru dalam hal memberikan vote. Setidaknya kita harus menunggu sampai postingan tersebut lebih dari 5 menit idealnya 6 menit lah. Sehingga untuk memberikan voting 100% sebagai curator reward, kita harus memilih postingan yang berumur lebih dari 5 menit. Untuk info lebih detailnya teman-teman bisa langsung mengakses link Steemit FAQ.

3. Siapa yang akan saya pilih untuk Steem Witness ? Mengapa ?

Pada achievement sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana cara witness bekerja. Peran witness dalam platform steemit ini sangat penting. Mereka memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan platform steemit. Untuk melihat siapa saja para witness itu dan urutan mereka berdasarkan kepercayaan pengguna-pengguna steemit, teman-teman dapat mengaksesnya langsung melalui link ini.

20210908_014241.jpg

Tampilan urutan witness

Jika diberi pilihan siapa yang akan saya pilih, maka saya lebih condong kepada @justyy dan @steemchiller. Alasan memilih kedua witness tersebut karena @justyy telah menciptakan tool Steemyy dan @steemchiller yang telah membuat steemworld. Sehingga menurut saya mereka berdua lebih cocok saya jadikan witness.

4. Komunitas apa yang akan saya ikuti di Steemit ? Mengapa ?

Sejauh ini saya telah membangun relasi dengan komunitas SteemSEA karena di komunitas tersebut sangat mudah bagi saya untuk memulai rutinitas menulis dengan konsisten. Di SteemSEA juga kita akan dibimbing dalam menulis dan memberikan tag yang benar sesuai kebutuhan serta para pembesar komunitas sangat peduli dengan anggota-anggota yang baru bergabung. Selain itu saya juga telah bergabung dan turut aktif dalam komunitas NewcomersCommunity. Selain untuk penyelsaian tugas-tugas yang diberikan. Di sini juga banyak terdapat arahan-arahan bagi kami selaku pendatang baru. Sehingga memudahkan kita untuk berkembang dalam platform steemit ini. Berikut komunitas yang telah saya pilih dan bergabung ke dalam.

20210908_015129.jpg

Tampilan komunitas yang saya ikuti

Sejak awal saya bergabung di steemit sampai saat ini, sudah ada 12 komunitas yang saya ikuti dan baru 5 komunitas yang pernah saya jajal postingan ke dalamnya. Akan tetapi saya paling sering membuat postingan di SteemSEA dan StockPhotos.

Nah itulah penjelasan mengenai pemahaman saya terkait kurasi dan komunitas di steemit. Semoga dengan adnya postingan ini, teman-teman semua lebih mudah dalam menentukan komunitas kedepannya. Semoga bermanfaat. Salam dari saya @muksalm99.

TugasJudul
Achievement 1Introduce My Self
Achievement 2Basic Security On Steemit
Achievement 3Kode Etik Konten
Achievement 4Applying Markdowns
Achievement 5 Task 1Review Steemworld
Achievement 5 Task 2Review Steemscan
Achievement 5 Task 3Review Steemyy
Achievement 5 Task 4Review SteemDB
Sort:  
 3 years ago 

Hello @muksalam99,

I’m glad that you have successfully completed your Achievement task. You can now proceed with the next achievement task at your convenience.

RATE : 2

 3 years ago 

Thank mrs. @dilchamo will my post be curated ? even though it was 4 days ago 😔

 3 years ago 

Hi, @muksalm99,

Your post has been supported by @boss75 from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 68297.87
ETH 3746.45
USDT 1.00
SBD 3.67