Achievement 6 By @midun Task : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago

utama.png

Sumber, Edit used coreldraw

Halo sahabat steemians...


Sebagai pengguna paltform steemit ini tentunya kita harus mengerti bagaimana sistem yang ada pada sistem ini, saya telah belajar dari pengalaman membuat Achievement 1 sampai dengan 5 dan sudah memahami dan mengenal secara perlahan tentang platform steemit ini. Banyak keuntungan yang bisa kita dapat apabila kita mau belajar dan mengenal platform steemit ini dengan mengikuti dan menyelesaikan semua Achievement yang diberikan oleh tim steemit. Dan akhirnya saya telah menyelesaikan Achievement 1 sampai dengan 5 untuk benar-benar menjadi steemians. Baiklah teman-teman sekalian kali ini saya akan menyelesaikan Achievement 6 tentang Memahami Kurasi dan Komunitas. Apakah itu penting ? ya, itu sangat penting karena kurasi dan komunitas adalah ruh dari platform ini. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Pemandu Pendatang Baru yang selama ini telah membimbing kita di platform ini.

Apakah Anda memahami cara kerja voting dan kurasi di steemit?


Voting dan kurasi di steemit adalah hal yang penting, karena dengan melakukan voting maka kita akan mendapatkan kurasi dari postingan yang kita vote. Reward kurasi yang kita dapat juga berdasarkan berapa voting yang kita berikan dan berapa steem power yang kita miliki. Jika kita memiliki steem power yang besar maka semakin besar hadiah kurasi yang akan kita dapatkan. Namun kita juga harus menjaga voting power atau Mana yang kita miliki, semakin banyak kita melakukan voting maka Mana akan ikut menurun. Bagi saya untuk melakukan kurasi optimalnya menghabiskan 20% Mana dan menyisakan 80% Mana setiap harinya, karena Mana akan kembali normal selama 24 jam untuk 20% Mana. Tentu dalam memberikan voting sudah barang tentu kita harus menjaga Mana yang kita miliki untuk tetap stabil.

1.png

Gambar 1 : Voting Power

Untuk penghitungan reward yang kita dapat dari sebuah postingan yang kita berikan voting dibagi menjadi 50% 50%. 50% reward untuk orang yang memberikan voting dan 50% untuk penulis. Kemudian reward author atau penulis juga akan dibagi menjadi dua yaitu 50% Steem Power dan 50% SBD, reward tersebut akan kita dapat saat masa payout tiba 7 hari setelah postingan di publish.

Apa yang terjadi jika Anda memilih posting sebelum 5 menit setelah posting?


Untuk mendapatkan hadiah kurasi yang bagus baiknya kita melakukan voting saat umur postingan diatas 5 menit, disini banyak steemian pemula sering salah dalam melakukan voting, mungkin karena ketidaktahuannya sama seperti yang saya alami dulu. Jika kita melakukan voting dibawah 5 menit maka hasil reward yang akan kita dapat tidak akan maksimal. Untuk lebih spesifiknya dapat Anda lihat pada tabel di bawah.

Waktu VotingHadiah KurasiReward Pool
Setelah 1 Menit Diterbitkan2080
Setelah 2 Menit Diterbitkan4060
Setelah 3 Menit Diterbitkan6040
Setelah 4 Menit Diterbitkan8020
Setelah 5 Menit Diterbitkan1000

Maka dari itu maksimalkan waktu voting yang akan Anda berikan untuk sebuah postingan, agar hadiah kurasi yang kita dapat akan bagus. Berikan voting saat umur postingan di atas 5 menit.

Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? dan mengapa?


2.png

Awal mula saya bergabung di steemit saya belum mengerti sistem kerja saksi dan fungsi keberadaan mereka. Namun pada saat itu saya memilih good-karma, utopian dan thekitchenfairy. Untuk saat ini saya memilih witnesses yang memang menurut saya memberikan kontribusi untuk platform ini. Adapun beberapa saksi yang saya pilih adalah @steemchiller, @xeldal, @smt-wherein, @justyy, @steem-agora, @steem-supporter, @italygame, @puncakbukit dan lain sebagainya. Anda juga dapat melihat para saksi atau witness pada Link https://steemitwallet.com/~witnesses

3.png

Gambar 2 : Witness

Saya memilih mereka karena mereka memberikan kontribusi untuk steem dan menyediakan tolol-tool yang bagus untuk steem. Tentunya mereka sangat bermanfaat untuk platform ini dan juga untuk semua steemians.

Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa?


Nah untuk komunitas teman-teman ini sangat penting, kenapa demikian? karena dengan adanya komunitas maka kekuatan kita akan semakin besar dan kita juga dapat berbagai dan bertanya tentang hal-hal yang belum kita mengerti pada member-member yang ada dalam komunitas dan juga tergantung fungsi pada masing-masing komunitas tersebut. Untuk saat ini saya telah mengikuti banyak komunitas, gunanya adalah untuk mengenal hal-hal baru yang ada pada masing-masing komunitas tersebut. Untuk mempelajari tentang masing-masing komunitas Anda dapat lihat pada komunitas yang sudah para steemian lain ikuti, caranya lihat profile akun steemian tertentu klik pada menu Communities.

4.png

Gambar 3 : Komunitas yang saya ikuti

Saya juga akan menjelaskan beberapa komunitas yang saya ikuti :

  • Steem SEA Saya mengetahui komunitas ini dari sahabat saya @deltasteem, saat itu delta menyuruh saya untuk menulis tentang diary pada komunitas tersebut saat awal mula saya aktif kembali, namun saat melihat komunitas ini, banyak teman-teman lama yang menjadi Moderator bahkan Admin pad komunitas ini. Maka dari itu saya sangat senang berada dalam barisan komunitas ini, apalagi ada program Steem Amal di dalamnya.

  • PromoSteem - Nah, untuk komunitas ini juga tak kalah penting, selain dari tujuannya untuk mempromosikan steem di kalangan masyarakat juga banyak steemian atau moderator yang memang saya kenal saat berkontribusi pada Utopian tempo dulu, komunitas ini memiliki para Anggota dan member yang sangat kreatif dan inovatif. Tujuan dari komunitas ini juga sangat bagus, dan ini juga salah satu bentuk kontribusi untuk platform steem ini. Maka saya juga sangat ingin berperan di dalamnya dengan memberikan kontribusi kepada stemit melalui komunitas ini.

  • Newcomers' Community Komunitas ini sangat penting bagi saya dan bagi kita semua, dengan adanya komunitas ini kita dapat belajar tentang platform yang sedang kita gandrungi ini. Kita juga akan disambut oleh Pemandu Pendatang Baru atau Greeter yang akan membimbing kita di platform ini, sungguh sangat menyenangkan bukan? Ini adalah salah satu bentuk untuk memudahkan para steemian pemula yang telah bergabung pada platform steemit ini.

midun.png

Demikian yang dapat saya jelaskan pada tulisan Achievement 6 ini, dengan adanya Achievement ini membuat saya semakin mengerti tentang steemit. Saya berharap apa yang saya jelaskan pada tulisan ini dapat dengan mudah Anda pahami dan praktekkan, mohon maaf apabila masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan pada penulisan Achievement 6 ini, kritik dan saran yang membangun sangat saya terima. Terimakasih saya ucapkan kepada kawan-kawan CR dan Pemandu Pendatang Baru.

Referensi :


Rangkuman Tugas Achievement :


Achievement 1 : My Introduction on Steemit
Achievement 2 : Basic Security on Steem
Achievement 3 : Kode Etik Konten
Achievement 4 : Applying Markdowns
Achievement 5 Task 1 : Review Steemworld.org
Achievement 5 Task 2 : Review SteemScan.com
Achievement 5 Task 3 : Review Steemyy.com
Achievement 5 Task 4 : Review steemdb.io


Salam Hangat untuk semua steemian..
Midun - (Mirza Zulfan)

Sort:  

Luar biasa bg😁

 3 years ago 

Terimakasih bg del.

 3 years ago (edited)

Terima kasih postingan ini dapat dijadikan tambahan referensi bagi newcomer yang sedang mengerjakan tugas achievement.

 3 years ago 

Alhamdulillah kalau bermanfaat. Dah bisa lanjut Achievement 6 nya rul.

 3 years ago 
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 6 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya tentang Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Setelah menyelesaikan Tugas ini anda dapat mencari pengalaman baru di Steemit, yaitu bergabung dengan komunitas yang telah ada sesuai dengan keinginan anda. Ekspresikan bakat dan minat mu disana. Kami senang melihat anda selama ini menyelesaikan setiap tugas dengan baik.

Catatan Kurator
: 2

Best Regard,
@irawandedy

 3 years ago 

Terimakasih kanda atas verifikasinya.

 3 years ago 

😊😊

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60274.16
ETH 2339.61
USDT 1.00
SBD 2.55