Achievement 2 | Tugas : Basic Security on Steem - by @midunsteemCreated with Sketch.

in Newcomers' Community3 years ago

Achievement 2.png

Selamat siang sahabat.

Awal mula saya kembali ke steemit sekitar 2 bulan yang lalu masih membuat saya sedikit kebingungan dengan sistem saat ini, dengan banyaknya komunitas. Tentu ini menjadi hal yang bagus, semakin banyaknya komunitas maka kita semakin mengenal dunia luar. Kita dapat berinteraksi dengan komunitas luar dengan cara berkomentar dan membuat postingan di komunitas tersebut. Nah, saat pertama kali login awalnya keluar pemberitahuan untuk masuk dengan Posting Key dan bukan dengan Master Key. Maka kemudian saya diharuskan membuat password dengan cara masuk ke Steemit Wallet. Kemudian saya membuat postingan pertama saya di Komunitas Steem Sea dan memulai silaturahmi kembali melalui Discord dengan sahabat-sahabat steemian di Discord, kemudian saya dianjurkan membuat perkenalan baru oleh bg @anroja, maka lahirlah Tulisan ini.

po.png

Pemberitahuan harus login dengan Posting Key

Maka demikian mari kita kupas satu persatu mengenai berbagai password yang akan kita dapatkan pada steemit wallet nantinya :

Posting Key

Kegunaan dari Posting Key adalah berkomentar pada postingan pengguna steemit yang lain atau bahkan membalas komentar pengguna steemit lain, Mengedit komentar dan postingan, mengkurasi postingan atau upvote/downvote, mute pengguna lain, resteem conten dan mengikuti pengguna lain atau bahkan sebaliknya.

Active Key

Kegunaan dari Master Key adalah untuk mentransfer token Steem Dollar/Steem, melakukan power up dan power down, melakukan konversi Steem Dollar, Vote witnesses, melakukan pesanan pada lokal market steemit wallet, mengganti dan memperbaharui profil serta gambar. Karena penggunaannya yang sangat penting kita mesti menjaga kerahasiaan password ini secara baik.

Owner Key

Kegunaan dari Owner Key adalah ini merupakan password yang bisa dikatakan kategori tinggi karena dapat me-reset sandi apapun, namun tidak dapat mengubah sandi utama yaitu Master Key. Sandi ini juga diperuntukkan dapat memulihkan akun steemit. Sandi Owner Key ini perlu disimpan secara baik dan sangat rahasia.

Memo Key

Kegunaan dari sandi ini adalah untuk mengenkripsi dan mendekripsi memo saat mentransfer dana. Untuk mengenkripsi memo kita diharuskan menggunakan tanda #.

Master Key

Dan untuk sandi yang satu ini yaitu Master Key ini merupakan sandi utama dari segala sandi, sungguh sangat jelas peruntukannya karena dia merupakan tuan dari segala penjuru. Baik akan kita urai secara lebih detail, Sandi ini diperuntukkan untuk mengganti semua sandi seperti yang tersebut di atas, dan juga untuk memulihkan akun steemit kita jika terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti terkena hack. Sandi ini kita dapatkan saat pertama kali mendaftar akun steemit, pastikan kita harus menyimpannya terlebih dahulu saat pertama kali mendaftar akun steemit. Wajib bagi kita untuk menyimpan sandi ini ditempat yang jelas kerahasiaannya, ada baiknya kita simpan secara offline.

Apa yang harus kamu lakukan jika kamu kehilangan kata sandimu?

Sungguh tidak ada cara kalau kita kehilangan Master Key atau Owner Key dan tentunya kita tidak dapat memulihkan akun kita lagi, ada banyak kasus yang terjadi pada pengguna steemit lainnya saat pertama kali mendaftar akun steemit namun lupa menyimpan Master Key akibatnya sangat fatal kita akan kehilangan akun steemit tersebut, seperti yang terjadi pada sahabat saya @jalbwk, beliau tidak dapat memulihkan akun steemit tersebut dan harus mendaftar kembali dengan username yang berbeda. Tentunya sangat dianjurkan kita untuk menyimpan sandi ini dengan baik. Ada baiknya kita menyimpan sandi ini dengan cara diprint di kertas atau ditulis atau dalam flashdisk serta hard drive dan betul-betul hanya kita yang tau kerahasiaan tersebut. Kalau saya menyimpannya dalam hard drive yang foldernya saya kunci serta dalam Google Drive sehingga saya bisa menggunakan akun steemit saya dimanapun saya berada dan tidak bergantung pada satu perangkat.

Apa perbedaan antara Master key dan Owner Key?

Nah seperti yang sudah saya sampaikan di atas Master Key ini adalah kunci utama dari semua kunci, so kita harus menjaga kerahasiaanya dengan baik karena sandi ini dapat mengganti semua sandi termasuk Owner Key bahkan mengganti dirinya sendiri.

Owner Key tentu berbeda dengan Master Key, karena Owner Key hanya dapat mengganti sandi Posting Key, Aktive Key, Memo Key dan tidak dapat mengganti Master Key.

Langkah melakukan Generate Password baru di Steemit Wallet

1.png

Klik Centang 3 di sebelah kanan paling atas


2.png

Klik Change Account Password


3.png

Kemudian akan keluar jendela seperti ini

line middun.png

Saya Akan Menjawab Beberapa Pertanyaan Yang Diajukan Oleh Pemandu Pendatang Baru :

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Ya. Saya sudah mendapatkan semua kunci saat login pertama setelah lama vakum di steemit, dan juga saya sudah mengunduh file petunjuk dan kunci yang berextensi PDF.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Saya sudah mengerti dan paham serta sudah saya uraikan di atas semampu saya, semoga Anda dapat mengerti dengan penjelasan dan uraian yang saya tulis di atas.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Untuk metode penyimpanan saya menggunakan Hard Drive dan membuat folder yang bisa dikunci yang hanya bisa diakses oleh saya sendiri, dan juga saya menyimpannya di Google Drive sehingga memudahkan saya menggunakan akun steemit dimanapun saya berada serta saya menyimpannya di Notepad smartphone saya dengan smartphone yang terkunci dengan pola.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Selaku saya pengguna steemit yang pernah vakum saya sudah mengerti tentang hal ini, transfer Steem tentunya kita harus menggunakan Master Key.

Berikut langkah-langkahnya :

001.png

Gambar 1 : Klik pada dropdown kemudian Klik Menu Transfer

002.png

Gambar 2 : Atur Tujuan Pengiriman Anda dan Jumlah yang akan Anda kirim

003.png

Gambar 3 : Konfirmasi pengiriman jika sudah sesuai dengan yang Anda inginkan

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Ya, saya mengerti tentang Power Down karena 2 tahun lalu saya sudah pernah melakukannya dan mengharuskan saya untuk memulai kembali dari Nol. Untuk Power Up tentu saat ini saya dalam masa melakukan Power Up, bisa Anda lihat pada postingan saya sebelumnya. Target saya dalam bulan Juni saya memiliki 1.500 Steem Power, semoga terwujud.

line middun.png

Demikian tugas Achievement 2 saya, lebih dan kurang saya mohon maaf, semoga bisa menjadi pelajaran bagi saya dan kita semua dan semoga saya dapat menyelesaikan semua tugas yang akan diberikan kedepannya. Terimakasih juga saya ucapkan kepada para Pemandu Pendatang Baru dan CR, @anroja, @ernaeningsih @radjasalman @nazarul @heriadi @irawandedy.


Rangkuman Tugas :

  1. Achievement 1 : My Introduction on Steemit

Salam Hangat Untuk semua steemian..
Midun - (Mirza Zulfan)

Sort:  
 3 years ago 

Mantap bang @midun..
Semoga dapat segera di verifikasi agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu achievement 3

 3 years ago 

Aamiin. Terimakasih bg mirza

 3 years ago 

Sama-sama bg @midun🙏

 3 years ago (edited)

Untuk akun 2018 dengan reputasi seperti bang @midun hanya bole menyelesaikan Achievement tanpa dukungan kurasi dari steemcurator03.

Coba bg @midun baca link ini https://steemit.com/hive-103393/@heriadi/pembaruan-penting-aturan-untuk-pendatang-baru

 3 years ago 

Tidak masalah tidak mendapat kurasi bg. Yg penting bisa lulus dulu 😂😂😂. Apa sudah bisa saya lanjut bg? Terimakasih atas responnya bg. 🙏🙏🙏

 3 years ago 

Lanjutkan bg

 3 years ago 

Siap bg. 👍👍🙏

 3 years ago (edited)

Lanjutkan sampai level 7 Bang. Semangat.
Aku juga mau bikin kalau nanti ada waktu.

 3 years ago 

Siap bg. Ne lagi kusiapkan Achievement 3. 😃😃👍👍

 3 years ago 

Hajar terus. Aku dukung dari jauh pake jampi-jampi. Hehe.

 3 years ago 

Hahaa ok bg. Jangan lupa jampi-jampi pakek on ranup. 🤣🤣

 3 years ago 

Setuju sekali. Sebuah kebijaksanaan yang bijaksana, memang.

 3 years ago 

mantap pak, materinya sangat mudah dipahami
👍🙏

 3 years ago 

Senang mendengarnya. Silahkan lanjutkan Achievement 2 nya kak.

 3 years ago 

terima kasih mas

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.025
BTC 56002.99
ETH 2458.17
USDT 1.00
SBD 2.28