Achievement 6 By @fajrihasan12 Task: Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago

Assalamualaikum sobat Steemianisti dimana saja berada. Setelah mendapatkan komentar dan kemudian diverifikasi oleh bang @irawandedy tugas Achievement 5 task 4 saya, maka segera dimulai tugas terakhir Achievement 6. Baiklah langsung saja kita bahas.

Dalam tugas ini, saya diminta untuk menjabarkan sejauh mana saya memahami hal-hal yang dinyatakan dalam panduang ini, oleh karena itu saya akan coba jabarkan seperti yang saya pahami


  • Pemahaman Saya Sebagai Pendatang Baru Di Steem Tentang Kurasi

Di steemit kita bisa menuliskan apa saja sesuai dengan minat, bakat, keinginan dan tujuan. Bahkan tersedia juga banyak komunitas (nanti akan dibahas) yang bisa membantu menyalurkan keinginan tulisan atau tema tulisan-tulisan yang ingin kita posting tersebut. Setiap tulisan tadi bisa di sukai dan dikomentari oleh akun lain. Eiitss, jangan salah ! Suka alias vote disini bisa berisikan imbalan dalam bentuk uang loh (jika diklaim). Asik gak tuh, hobi nulis tersalur, unek-unek bisa dikeluarkan, eeh dapat bayaran pula. Nah, vote yang bisa bernilai uang dan memang bisa diuangkan inilah yang kemudian disebut dengan istilah kurasi.

Berapa nilainya? beragam. Setiap akun bisa memberikan vote bernilai kepada sebuah postingan dalam kurun waktu 7 hari sejak diposting pertama kali. Besarnya tergantung pada SP (Steem Powoer) yang dimiliki oleh akun pemberi vote / kurasi. Semakin besar SP yg dimilikinya, maka semakin besar pula lah nilai vote yang akan dia berikan.

Nah, ada sedikit hal yang perlu dipahami. Jika kita mendapati postingan kita mendapat reward/vote/kurasi maka tidak serta merta semuanya untuk diklaim, aturannya adalah dibagi menjadi 50% 50%. 50% reward untuk kurator (orang yang memberikan vote) dan 50% nya lagi untuk author (yang menulis postingan/kita sendiri). Dan reward author ini akan dibagi lagi menjadi dua, 50% dalam bentuk Steem Power, dan 50% lagi dalam bentuk SBD yang akan langsung masuk ke wallet kita setelah masa payout tiba, yaitu 7 hari sejak diterbitkannya sebuah postingan. Dari sini maka kita tahu bahwa, memberikan vote/kurasi juga mendatangkan keuntungan untuk kita. Maka, disini kita juga di isyaratkan untuk ikut serta aktif memberikan tanggapan kepada postingan akun lain.


  • Pemahaman Saya Tentang Memberi Kurasi Sebelum Usia Postingan Sebelum Dan Setelah 5 Menit

Memberi vote/kurasi atau disebut sebagai seorang kurator bisa dilakukan siapa saja, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun, ada satu hal yang perlu dipahami bahwa sebaiknya memberikan vote/kurasi pada sebuah postingan yang sudah lebih dari 5 menit setelah diposting, agar kita bisa mendapatkan 100% juga sebagai reward kurator atau imbalan sebagai pemberi vote.


Jika kita vote 1 menit setelah posting, maka 20% akan menjadi milik kurator dan 80% menjadi hadiah.
Jika kita vote 2 menit setelah posting, maka 40% akan menjadi milik kurator dan 60% menjadi hadiah.
Jika kita vote 3 menit setelah posting, maka 60% akan menjadi milik kurator dan 40% menjadi hadiah.
Jika kita vote 4 menit setelah posting, maka 80% akan menjadi milik kurator dan 20% menjadi hadiah.
Jika kita vote 5 menit setelah posting, maka kurator mendapat 100% hadiah kurasi.


  • Tentang Pilihan Steem Witness Dan Mengapa Memilihnya

Gambar diatas menunjukan 10 akun yang saya pilih sebagai penerima Voting witness saya. Mereka adal 10 teratas dalam klasemen Steem Witnes disini. Dari peringkat ini terlihat bahwa mereka memang adalah itness terbaik untuk masa sekarang ini.
@steemchiller @justyy @steem-agora @dev.supporters @future.witness @dlike @symbionts @rnt1 @steem.history @hinomaru-jp


  • Tentang Komunitas Yang Saya Ikuti Dan Mengapa

Sekali lagi saya awalnya dikenalkan tentang steemit oleh para penggiat literasi dan kemudian mereka kolaborasi dengan saudara @naufal yang kemudian hingga sekarng menjadi mentor dalam bersteemit. Ingin membangkitkan lagi kebiasaan menulis karena ingin bisa menyelesaikan target membuat buku adalah motivasi awal dalam bersteemit. So, pastinya ketika tahu tentang komunitas-komunitas disini saya pasti bergabung dengan yang bisa menunjang hal tersebut. Ada beberapa komunitas saya ikuti, namun hanya 3 saja yang bisa dibilang cukup aktif dalam menulis disana

  1. Steem SEA
    Komunitas dimana saya paling sering menulis. The Diary Game nya sangat membantu saya menuliskan hari-hari saya dalam menjalankan rutinitas diperantauan ini. Setidaknya ini paling tepat untuk menunjang niat diawal saya, menulis sebuah buku.

  2. Steemit Nursery
    Hampir sama dengan komunitas diatas, disini juga bebas memosting tulisan dengan tema apa saja. Juga sangat mendukung untuk niat saya bergabung di steemit agar naluri menulis saya semakin baik.

  3. Newcomers' Community
    Disini selain menulis saya juga belajar dalam memahami steemit dan tools penunjangnya melalui tugas-tugas yang diberikan. Hingga sekarang saya sudah sampai dipenghujung tugas.

Untuk beberapa komunitas saya belum terlalu aktif dikarenakan waktu juga yang membatasi. Untuk kondisi sekarang, 3 komunitas diataslah yang sering saya postkan postingan tulisan.


Demikianlah pembahasan saya tentang Achievement 6 ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Jangan menolak untuk mampir dipostingan saya yang lain


Cc @heriadi @irawandedy


Rangkuman tugas sebelumnya :

achievement 1
achievement 2
achievement 3
achievement 4
achievement 5-1
achievement 5-2
achievement 5-3
achievement 5-4

Sort:  
 3 years ago 
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 6 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya tentang Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Setelah menyelesaikan Tugas ini anda dapat mencari pengalaman baru di Steemit, yaitu bergabung dengan komunitas yang telah ada sesuai dengan keinginan anda. Ekspresikan bakat dan minat mu disana. Kami senang melihat anda selama ini menyelesaikan setiap tugas dengan baik.

Catatan Kurator
: 2

Best Regard,
@irawandedy

 3 years ago 

Alhamdulillah,,termakasih bang @irawandedy... sedikit lagi selesai tugas sebagai pendatang baru.. mohon selalu koreksi dan tunjuk ajarnya

 3 years ago 

Hi, @fajrihasan12,

Your post has been supported by @boss75 from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Terimakasih @steemcurator03 dan @boss75 🙏🙏🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60309.00
ETH 2342.16
USDT 1.00
SBD 2.55