Achievement 2 by @fajrihasan12 Task : Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Salam Sejahtera

Ini kunci ku bikin aman, tapi bukan ini ku maksud
Apa sih yang membuat kita nyaman dan bisa beraktivitas tanpa was-was? Yap, keamanan. Keamanan adalah hal yang dicari-cari oleh siapapun dalam hidup ini. Orang kaya mencari keamanan dalam menyimpan uang, pengendara mencari keamanan agar selamat dijalan raya, kucing oyen mencari aman agar tidak ketahuan selingkuh oleh betinanya. Becanda kok, hahaha. Begitupun dalam bersteemit. Ada banyak kunci keamanan yang diberikan kepada saya sebagai user. Kunci keamanan yang berlapis seperti wafer T*ang* nan lapisnya ratusan. Gak kok, itu cuma agar akun steemit saya aman. Yuk, sama-sama kita lihat sejauh mana saya memahami kunci-kunci keamanan yang diberikan oleh steemit itu.

I. Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?

Yap. Seketika selesai membuat akun, semua kunci keamanan diberikan. Kunci-kunci itu hanya untuk saya. Harus saya jaga sepenuh hati dan jangan sampai berpindah kelain hati. Makanya saya simpan dengan hati-hati ditempat teraman.


lokasi semua kunci berada

II. Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?

Tentu saja. Pastinya setelah membaca dan mempelajarinya. Kunci-kunci yang tidak mungkin saya lupakan dan akan saya jaga erat-erat. Saya jelasin ya kunci-kunci itu satu per satu dibawah ini

a. Posting Key adalah kunci yang cukup panjang dan harus dijaga baik-baik. Kunci ini akan membantu kita untuk membuat tulisan yang akan diposting, memberikan vote dan membagikan postingan dari akun lain. Meski panjang dan susah diingat saya menyimpannya disuatu tempat.


Ini adalah kunci untuk membuat postingan/posting key

b. Active Key. Nah yang ini kunci untuk kita memperbaharui isi profil, mengirim atau transfer steem, trasnfer steem dolar serta power steem. Ingat ya, pakainya Active Key.


Ini adalah Active Key

c. Owner Key. Yang satu ini gunanya untuk mengubah kunci-kunci lain. Kita bisa mengganti kunci-kunci lain setelah menggunakan kunci Owner ini guys.


ini adalah owner key

d. Memo Key. Saat kita mau melakukan transfer steem, steem dollar ataupun power steem maka kita bisa membuat deskripsi atau keterangan atau penjelasannya menggunakan kunci yang satu ini dengan menggunakan tanda pagar (#)


ini adalah Memo Key kita

e. Master Key. Ini adalah Kunci of Kunci. Jika orang lain mengetahui ini maka dipastikan akun kita bisa diretas dan berpindah kepemilikan. Kamu rela bagi-bagi? So, kita harus jaga kunci satu ini baik-baik. Kunci ini kita dapatkan diawal setelah membuat akun steemit dan dengan Master Key kita akan memperoleh kunci-kunci yang saya jelaskan diatas.


ini adalah Master Key

III. Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?

Saya menyimpan dengan sebuah rencana khusus yang tidak akan diketahui oleh siapapun. Saya membuat folder dibeberapa tempat yang berisikan kunci-kunci ini.

IV. Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?

Sudah mengetahui tapi belum pernah mencobanya. Saya mengetahui dari panduan dan dari penuturan teman sejawat yang sudah lama dalam persteemitan. Kita bisa menjumpainya dengan masuk ke menu WALLET, lalu klik saja tanda panah kecil sebelah kanannya lalu pilih transfer dan mulailah mengisikan data akun tujuan transfer dan jumlah yang akan ditransfer.
steemit 2.JPG
Mau Transfer Disini Guys

V. Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?

Mmmmm, yap. Silahkan masuk pada menu WALLET seperti tadi, next klik tanda panah kecil disebelah steem dan pilih power up. Seterusnya masukan jumlah steem yang kita ingin diaktifkan lanjut klik menu power up. Step terakhir jangan lupa konfirmasi vesting dan tekan saja oke, power up selesai. Begitupun saat melakukan proses Power Down, klik tanda panah kecil disebelah tulisan Steem Power dan klik power down, ikuti langkahnya seperti tadi melakukan power up dan selesai.


cara melakukan power up


Isikan nominal atau besaran yang akan diconvert untuk power up

Demikian guys sedikit tulisan saya tentang kunci-kunci keamanan dalam steemit. Semoga bermanfaat dan terus berkarya. Have a nice day

Achievement 1https://steemit.com/hive-172186/@fajrihasan12/achievement-1-my-introduction-fajrihasan12-kata-mereka-saya-guru-jalan-jalan

Sort:  
 3 years ago 

Coba upload gambar screenshoot dari penjelasan point diatas

 3 years ago 

sudah saya tambahkan upload screenshot gambar dari setiap penjelasan bang @irawandedy

 3 years ago 

sudah saya tambahkan upload screenshot gambar dari setiap penjelasan bang @irawandedy @nadilchairi @heriadi

tag #achievement2 kelebihan huruf "t" makanya tidak terdeteksi, hati hati dalam menggunakan tag

 3 years ago 

iya bang, siap salah. akan lebih berhati-hati lagi kedepannya dalam menggunakan tag

 3 years ago (edited)

selamat tugas pencapaian anda telah di verifikasi silakan melanjutkan ke tugas pencapaian berikutnya

Rate 2
salam @heriadi

Kami mohon maaf 🙏 karena kami melewatkan kurasi pada postingan Achivement ini, saya telah memberi kurasi pada pos aktif lainnya (https://steemit.com/hive-142140/@fajrihasan12/notes-from-the-land-of-flores-part-2-ende-city-of-history) untuk mengantikan kurasi postingan ini.

Salam @heriadi

 3 years ago 

Alhamdulillah,, terimakasih bang @heriadi

achievement 2 sudah diverifikasi, saya masih tertahan di tugas 5-1 bang...

 3 years ago 

Mantap gas teruss sampe achv 6 😁

 3 years ago 

insyaallah..semoga ttp konsisten

 3 years ago 

Semangat untuk tugas selanjutnya kita semua 🤭

 3 years ago 

insyaallah...terimakasih..moohon dukungan,kritik dan masukannya @goresanpenaanfal

 3 years ago 

Asyikkk. Semangat terus, Pak Guru @fajrihasan12 👏👏👏

 3 years ago 

yap @dhiyanmz , moga terus semangat

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 62907.89
ETH 3379.73
USDT 1.00
SBD 2.50