Achievement 6 by @chairulrizalx Task : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago

sumber undraw.co

Salam Steemian

Selamat sore teman-teman semuanya Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Yang Maha Kuasa. Akhirnya setelah menunggu hampir seminggu akhirnya tugas Achievement 5 Task 4 Saya mendapat verifikasi sehingga dapat melanjutkan ke Achievement 6 ini. Terima kasih kepada @aniqamashkoor yang sudah memverifikasi.

Pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan informasi yang sebelumnya Saya pelajari di postingan Bapak @heriadi tentang Panduan Achievement 6 - Understanding Curation and Community. Ada beberapa hal yang harus dipahami tentang Tugas kali ini diantaranya;

  • Memahami cara kerja Voting dan kurasi di Steemit.
  • Memahami tentang tata waktu pada saat akan memposting.
  • Memilih Witness dengan bijak dan mengetahui informasi tentang Witness yang dipilih.
  • Memilih Komunitas yang sesuai dengan minat dan kesukaan kita.

Dari beberapa poin diatas muncul beberapa pertanyaan yaitu;

  • Apakah Saya memahami cara kerja Voting dan kurasi di Steemit ?
  • Apa yang Saya lakukan jika memilih posting sebelum 5 menit setelah posting ?
  • Siapa yang akan dipilih untuk Witness ? dan mengapa ?
  • Komunitas mana yang Saya ikuti ? dan mengapa ?

Setelah kita dapat menjawab semua pertanyaan diatas berarti kita sudah mengerti betul tentang cara kerja Steemit secara teknis karena sudah memahami dasar - dasar fundamental dari platform tersebut.


1. Apakah Saya memahami cara kerja Voting dan kurasi di Steemit ?


Platform Steemit memberikan fitur dimana kita dapat memberikan apresiasi kepada postingan pengguna lain yang namanya Vote yang nantinya hasil Vote tersebut akan memberikan kurasi atau reward kepada pemilik postingan. Reward yang diberikan ini bergantung kepada jumlah Voting Power yang dimiliki oleh pemberi Voting Semakin besar Voting Power yang dimiliki maka hasil kurasi yang diterima akan semakin banyak. Voting Power sendiri memiliki limit atau batas Mana power yang dapat diberikan, semakin banyak kita memberikan Vote maka Voting Power pun akan berkurang. Mana power akan bertambah kembali setelah 24 jam sebanyak 20% power, jadi kita harus bijak pada saat memberikan Voting.


Gambar 2. Contoh Jumlah Voting Power

Setiap postingan di Steemit memiliki pembagian reward yaitu sebanyak 50% / 50%. 50% kepada yang memberikan Vote (Curator) dan 50% kepada penulis (Author) Pada Reward Author ini dibagi lagi menjadi 50% Steem Power dan 50% Steem Dollar (SBD). Postingan/tulisan yang telah mendapatkan Reward akan masuk ke wallet penerima dalam kurun waktu 7 hari setelah tulisan tersebut di posting. Setelah mengetahui cara kerja dari Voting dan kurasi ini pengguna diharapkan dapat lebih mengerti dan memahami fundamental dari platform Steemit.


2. Apa yang Saya lakukan jika mem-voting postingan sebelum 5 menit setelah posting ?


Memberikan Voting kepada postingan di Steemit alangkah lebih tepat jika dilakukan saat postingan tersebut sudah melewati waktu 5 menit, karena jika kita memberikan Vote ke postingan yang belum 5 menit Reward yang akan diterima tidak akan maksimal. Hal ini sangat penting untuk diketahui khususnya kepada newcomers' yang baru saja bergabung di Steemit. Berikut adalah tabel informasi tentang waktu postingan dan Reward yang diterima;

Waktu VoteCurator RewardReward Pool
1m after posting2080
2m after posting4060
3m after posting6040
4m after posting8020
5m after posting1000

Setelah membaca tabel diatas dapat disimpulkan bahwa jika kita ingin memberikan Voting 100% Curator Reward maka postingan tersebut harus berumur lebih dari 5 menit. Semakin banyak Steem Power yang dimiliki pengguna, maka akan semakin banyak pula Reward Curator yang bisa diterima.


3. Siapa yang akan dipilih untuk menjadi Witness ?


Bagi newcomers' seperti Saya pasti awalnya tidak terlalu mengetahui tentang Witnesses dan apa fungsi dari memberikan pilihan kepada para Witness. Setelah membaca dan menyelesaikan tugas Achievement yang diberikan untuk para Newcomers' Saya lebih memahami pentingnya peran para Witness ini untuk kemajuan platform Steemit ini. Para Witness memberikan kontribusi lebih daripada pengguna biasa seperti Saya untuk memajukan dan membantu proses dari platform ini. Berikut adalah daftar Witness yang Saya pilih :

Nama - nama yang Saya tulis diatas para Witness yang Saya pilih, mereka adalah Top 10 dari semua Witnesses yang ada di platform Steemit, witness tersebut memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan Steemit diantara mereka ada yang sudah membuat program untuk memudahkan para pengguna untuk berinteraksi dan mengembangkan akunnya salah satunya @justyy yang membuat website steemyy yang sangat bermanfaat untuk kita melihat informasi penting terkait Steemit.


Gambar 3. Tampilan website steemyy yang dikembangkan oleh @justyy

Untuk melihat Witness dapat melalui https://steemitwallet.com/~witnesses dan juga memilih salah satu dari mereka dengan memilih Vote di sebelah nama Witness sesuai keinginan.


Gambar 4. Tampilan Witness dari akun Saya @chairulrizalx


4. Komunitas mana yang Saya ikuti ? dan mengapa ?


Steemit memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk membuat postingan sesuai dengan hobi dan minat mereka, oleh karena itu Steemit menyediakan fitur Community untuk penggunanya, banyak komunitas dari fotografi hingga memasak pun ada di Steemit. Untuk para newcomers memiliki banyak pilihan untuk bergabung dengan komunitas manapun yang mereka sukai tanpa paksaan sedikit pun. Saya sendiri banyak bergabung dengan komunitas walaupun tidak aktif membuat postingan.


Gambar 5. Komunitas yang Saya ikuti @chairulrizalx di Steemit

Seperti gambar diatas, Saya banyak tergabung dengan komunitas yang berbeda - beda sesuai keinginan. Dari sekian banyak komunitas yang Saya ikuti ada beberapa komunitas yang Saya fokuskan yaitu :

  • Newcomers' Community Link
    Bagi pendatang baru Steemit disarankan untuk bergabung dengan komunitas ini, di dalamnya berisi informasi tentang bagaimana pendatang baru/newcomer untuk memulai Steemit dan informasi dasar sebelum membuat postingan di Steemit. Newcomers' Community menyediakan Tugas - tugas sebagai syarat awal untuk para pengguna yang baru bergabung dengan Steemit sebagai bekal dasar untuk lebih mengenal tentang platform Steemit. Dengan menyelesaikan tugas yang diberikan kita akan mendapatkan ilmu yang nantinya akan bermanfaat untuk kita berkembang kedepannya.

  • Steem SEA Community Link
    Komunitas ini adalah gabungan dari pengguna Steemit di seluruh Asia Tenggara, di dalamnya berisi informasi yang bermanfaat dan juga kontes yang menarik untuk diikuti seperti The Diary Game Betterlife dan lainnya. Komunitas Steem SEA ini aktif juga untuk membuat acara amal yang direalisasikan di dunia nyata, dari informasi yang Saya baca dana yang didapatkan adalah dari hasil sumbangan para member dan juga pengguna Steemit lainnya dan disalurkan melalui akun @steem.amal Menurut Saya Komunitas Steem SEA ini memiliki manfaat yang baik untuk para membernya dan Saya antusias untuk mengikutinya.


    Gambar 6.Postingan Saya di Komunitas Steem SEA


  • Steem Healthcare Community Link
    Saya mengetahui Komunitas ini dari seorang teman @ardifitra yang sudah duluan bergabung, di dalamnya berisi informasi tentang kesehatan dan juga Komunitas ini sering mengadakan kontes membuat artikel tentang Kesehatan yang tiap pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa Steem. Menurut Saya Steem Healthcare Community ini memberikan banyak manfaat untuk para membernya yang mengedepankan tentang Kesehatan. Berikut adalah salah satu postingan Saya di Steem Healthcare beberapa waktu yang lalu;

    Gambar 7. Postingan Saya @chairulrizalx di Steemhealthcare Community

Saya ucapkan terima kasih kepada @cryptokannon @heriadi yang telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat untuk para Newcomers' seperti Saya sehingga dapat menyelesaikan Achievement yang diberikan. Demikian penjelasan Saya tentang Achievement 6 Task : Understanding Curation and Community Semoga dengan menyelesaikan Tugas ini Saya dapat lebih memahami tentang platform Steemit ini.

cc : @heriadi @irawandedy


Rangkuman Achievement yang sudah Saya kerjakan :


Salam,


@chairulrizalx

Tentang Saya

Sort:  

Hey @chairulrizalx, this is Aniqa Mashkoor a greeter helper.

Congratulations you have successfully completed all your achievement tasks from 1 till 6. Now you can compile all of them in a single post.

Hope so you learnt and enjoyed while making your achievements.

TASK RATE:3


Check out these beginner-level introductory courses currently live in SteemitCryptoAcademy to help you more by learning The Steemit Crypto Academy: Season 3 : Beginners Level Introductory Courses

Happy steeming :)

 3 years ago 

Hi, @chairulrizalx,

Your post has been supported by @inspiracion from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64233.18
ETH 3491.62
USDT 1.00
SBD 2.54