Achievement 2 @Bahrol Tugas Pandatang Baru: Basic Security On Steem

in Newcomers' Community7 months ago (edited)

Orange Digital Marketing Agency Facebook Cover.jpg

Assalamualaikom.............!

Hai sahabat Steemit Semuanya, Salam hangat dari saya. untuk semua rakan-rakan steemit. Dulu saat saya mau loggin keakun steemit sempat membuat saya bingung karena tidak bisa login. Saya juga harus mencari Passwordnya dulu yang saya simpan. Oke Sahabat semuanya kita langsung menuju caranya dan ikuti langkah-langkahnya, cara menyimpan password dan downloadnya. Namun Key ini ada bermacam-macam, serta berbeda-beda fungsinya. Ini yang perlu di ketahui tujuannya agar tidak salah dalam menggunakannya, serta berakibat fatal. Terutama untuk kita sebagai pendatang baru. Ini juga menjadi pengingat untuk pendatang baru, terutama saya sendiri. Diharapkan kepada semua sahabat untuk menyimpan Key ini baik-baik jangan sampai hilang.

Mari kita kupas semua tentang Key ini :

1. Posting Key
Key ini yang paling sering kita gunakan, karna fungsinya digunakan untuk aktivitas di Steemit seperti memposting, berkomentar, upvote, downvote, memfollow user lain, membagikan postingan lain, dan mengatur profile.
2. Active Key
Aktif Key lebih tinggi levelnya dibanding Posting Key karna hanya digunakan untuk aktivitas yang sangat sensitif. Seperti mentransfer saldo, melakukan powerup atau powerdown, mengkonversi Steem ke Dollar atau sebaliknya, melakukan transaksi di Market, Vote untuk WItness, dan mengatur settingan akun yang lebih detail.
3. Owner Key
Omner Key ini tidak digunakan untuk aktivitas biasa yang dilakukan di Steemit. Fungsi dari key ini untuk mengubah key apa pun, termasuk owner key. Lebih baik key ini untuk menyimpannya di tempat aman.
4. Memo Key
Memo Key ini digunakan untuk mengenkripsi memo saat mentransfer saldo di wallet. Sederhananya hanya pengirim dan penerima yang bisa membaca tersebut, tetapi dibutuhkan Memo Key untuk membaca memo tersebut.
5. Master Key
Master Key yang paling terakhir, ini merupakan Key yang paling tinggi kastanya diantara key yang lain. Key ini Memiliki akses paling komplit ke semua fitur di Steemit. Oleh karena itu fungsinya hanya untuk yang penting-penting saja. Yaitu untuk merecovery account jika dihack oleh orang lain, dan untuk mengganti semua password yang sudah disebutkan diatas.

Apa bedanya Master Key dengan Owner Key?

Kalau Master Key bisa digunakan untuk mengakses semua fitur steemit. Master Key lebih tinggi level aksesnya dibanding Owner Key. Sedangkan Owner Key hanya bisa mengganti Posting Key, Active Key, Memo Key, dan Owner Key itu sendiri. Tetapi tidak bisa mengganti Master Key. Namun Master Key dapat mengganti semua jenis Key tersebut. Hak aksesnya lebih Istimewa di bandingkan dengan Key yang lain.

stemit 1.jpg

Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?
Ya saya sudah menownload semua Key nya dalam bentuk Pdf. Serta menyimpannya dengan aman.

Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?
Ya, saya sudah mengetahui fungsi-fungsinya dan cara menggunkannya, melalui tutorial-tutorian, panduan-panduan yang di bagaikan.

Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?
Saya menyimpannya dalam bentuk soft pdf di laptop dan serta menyimpannya di catatan pribadi saya, dan juga di email pribadi saya. Saya menyimpannya di banyak tempat yang aman untuk berjaga bila terjadi sesuatu. Dan bisa saya butuhkan bisa mendapatkannya kembali dengan cara mengaksesnya terutama di email pribadi saya.

Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?
Ya, dan ini langkah-langkahnya:

Pilih Profil lalu pilih Tab Wallet pada halama anda

stemit 2.jpg

Login ke Wallet
Masukkan Username, Masukkan Key anda lalu pilih Login

stemit 3.jpg

Pilih Transfer di tab Steem

Stemit 4.jpg

Stemit 5.jpg

isikan username penerima di @
isi Jumlah yang akan di kirim di Amount
Isi Memo
Lalu steemit akan mengkonfirmasikan tranksaksi yang akan kita lakukan, tidak lupa mengecek kombali apakah sudah benar atau belum, jika sudah benar semuanya lalu pilih OK
Transaksi Selesai

Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?
Ya, Karena saya sudah pernah coba dulu.

Stemit 6.jpg

Stemit 7.jpg

isi jumlah Steem di Amount lalu pilih Power Up

Stemit 8.jpg

Akan muncul halaman dialog Confirm Transfer To Vesting
jika sudah benar semuanya lalu pilih OK
dan Power Up Selesai

Demikian paparan Tugas Achievement 2 saya, semoga bermanfaat untuk semuanya dan diri saya sendiri. Terimakasih Saya ucapkan untuk semua sahabat sahabat steemit semuanya, dan para pembaca dimanapun berada.

Termakasih kepada Sahabat Steemit semuanya yang telah mau membantu, memberi masukan dan bimbingannya.

@cryptocannon
@radjasalman
@heriadi
@irawandedy

Sort:  
 7 months ago 

Penjelasan yang sangat akurat dan mudah dipahami oleh steemian manapun 👌

 7 months ago (edited)

Saran saya pak agar menggunakan hashtag. #achievement2 #security #steemit #newcomerscommunity #club5050 jika sudah berada pada club' tersebut #steemexclusive #indonesia supaya mudah di verifikasi oleh tim steemit 👌

Selamat mencoba

Hello there! 👋🏼

There's a new travel community that is active now through this link:

https://steemit.com/trending/hive-188972

Suscribe and feel free to share your travel adventures there moreover of tips, food, nature and more.🚌

~ Join the Discord server + Telegram group and have a happy day.👍🏼

Blue Minimalist World Environment Day Banner.gif

Hi @bahrol

Congratulations, your achievement 2 is verified.

You can advance and complete Achievement 3

Remember to use the #Achievement3 and #(your country) tags and post from Newcomers' Community.

I invite you to follow @steemitblog so that you are aware of the latest updates.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 66131.28
ETH 3598.17
USDT 1.00
SBD 2.46