Achievement 6 by @athfalul : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago
Hallo sahabat steemians apa kabar hari ini, semoga saja masih sehat dan juga selalu dalam lindungan Allah, amin.

IMG_20211008_141731.jpg

Hari ini saya ingin melanjutkan tugas saya yang sudah lama tidak saya lanjutkan. Pada kesempatan ini saya akan melanjutkan activiement 6 dengan judul Pemahaman Mengenai Kurasi dan Komunitas. Dalam hal ini saya ingin menjelaskan tugas terakhir bagi pendatang baru, semoga saja buat semua teman-teman yang baru bergabung pada platform steemit ini bisa memahaminya dengan mudah untuk tugas terakhir ini. Banyak hal yang telah saya dapatkan dari setiap tugas-tugas yang telah saya lalui mulai dari manajemen akun sampai mendelegasikan SP kepada akun lain.

Adapun mengenai tugas achievement 6 atau tugas terakhir ini menjelaskan kepada pendatang baru bisa memahami cara setiap voting dan kurasi pada platform steemit dan juga untuk memudahkan kepada pendatang baru untuk memulai pengembaraannya di platform steemit melalui komunitas yang di sukai.

1. Bagaimana cara kerja voting dan kurasi pada steemit ?....

Jawaban:

Seperti halnya pada media sosial lain yang memiliki like, komentar dan repost pada setiap postingan. Akan tetapi ada sedikit perbedaan yang begitu mencolok di bandingkan dengan platform steemit, karena platform steemit sendiri berbasis blokchain sehingga banyak blok di dalamnya yang mengaitkan satu sama lain. Pada steemit sendiri menpunyai vote, downvote, komentar serta resteem pada setiap postingan. Setiap orang yang memberi vote pada setiap postingan nantinya akan memberikan reward sebagai author bagi pemilik postingan dan reward kurasi bagi yang memberikan vote tersebut.

Jumlah reward yang diberikan tergantung pada kekuatan suara atau Voting Power pada akaun yang memberikan vote. Semakin besar voting power yang dimiliki, maka semakin tinggi pula curator reward yang di dapatkan dalam sebuah postingan. Tapi harus diingat, tidak selamanya kita bisa memberikan vote, sebab voting power memiliki batasannya. Semakin banyak vote yang kita berikan maka samakin berkurang pula kekuatan voting power kita, perlu menunggu 24 jam untuk memulihkan Voting power kita tapi hanya sebesar 20% VP saja.

IMG_20211008_145855.jpg

Tampilan Voting Power

Reward pada setiap platform steemit memiliki pembagian sebesar 50%, karena 50% untuk author (pemilik postingan) dan 50% lagi buat curator (orang yanh memberikan vote). Kemudian reward di bagi lagi menjadi 2 bagian, 50% untuk steem power (SP) dan 50% lagi untuk steem dollar (SBD). Reward postingan akan kita dapatkan setelah postingan sudah berumur 7 hari terhitung setelah kita upload.

2. Apa yang akan terjadi jika kita memiliki vote sebelum 5 menit setelah postingan ?...

Jawaban:

Memberikan vote pada postingan yang masih berumur 5 menit akan terdampak pada pemberian reward yang kurang maksimal. Perlu di ketahui bagi pendatang baru dalam hal pemberian vote, setidaknya harus menunggu sekurang-kurangnya lebih dari 5 manit agar penberian vote kepada akun lain maksimal. Untuk info yang lebih detail teman-teman bisa mengakses ke link Steemit FAQ

3. Siapa yang akan saya pilih untuk Steem Witness, mengapa ?...

Jawaban:

Pada achievement sebelumnya saya telah menjelaskan bagaiman cara kerja witness. Peran witness dalam platform steemit sangatlah penting, sebab mereka telah banyak ber kontribusi terhadap perkembangan platform ini. Untuk melihat siapa saja para witness itu dan urutan mereka dari kepercayaan pengguna platform steemit, silahkan akses ke link ini Witness

IMG_20211008_154822.jpg

Tampilan Urutan witness

Jika kalau memilih siapa witness pilihan saya, maka saya akan memilih @steemchiller dan @justyy sebab kedua witness tersebut telah banyak berkontribusi pada platform steemit. @justyy telah menciptakan tool steemyy dan juga @steemchiller telah membuat tool steemworld, sehingga merekalah berdua yang berhak saya jadikan witness favorit.

4. Komunitas apa yang akan saya ikuti pada platform steemit, mengapa?...

Jawaban:

Sampai saat ini saya telah bergabung dengan beberapa komunitas yang ada steemit salah satunya SteemSEA sebab komunitas tersebut sangatlah mudah untuk memulai menulis mengenai rutinitas kita sehari-hari dengan konsisten. Pada komunitas steemSEA kita juga mendapatkan bimbingan dalam hal menulis, memberikan tag yang benar sesuai kebutuhan kita serta Para manajemen komunitas tersebut juga sangat peduli kepada anggota yang baru bergabung. Selain itu saya juga bergabung dengan komunitas NewcomersCommunity, selain menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan kita juga dapat banyak hal tentang penggunaan platform steemit ini. Berikut komunitas-komunitas yang telah saya mengikuti / bergabung seperti terlihat pada gambar screenshot di bawah ini:

IMG_20211009_003258.jpg

Tampilan Komunitas-komunitas yang telah saya ikuti

Dari ke 9 komunitas yang telah saya bergabung hanya 4 komunitas yang telah saya coba membuat postingan, akan tetapi yang sangat sering saya buat postingan hanya di steemSEA, sebab di komunitas tersebut sangat mudah untuk membuat postingan cukup dengan menceritakan keseharian kita.

Hanya sekian yang dapat saya jelaskan mengenai tugas 6 ini dengan judul Pemahaman Mengenai Kurasi dan Komunitas semoga saja semua teman-teman saya yang baru bergabung ke platform steemit dengan begitu mudah untuk memahaminya dan juga saya tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih saya ke pada teman-teman semua yang telah meluangkan waktu untuk membacanya.

Kumpulan Tugas saya @athfalul
Achievement 1
Achievement 2
Achievement 3
Achievement 4
Achievement 5 task 1
Achievement 5 task 2
Achievement 5 task 3
Achievement 5 task 4

Terima Kasih Kepada

@steemcurator03

@sumit71428

Salam Hormat @athfalul

Sort:  

Curators Note :3

Hello @athfalul,

Congratulations! You have passed this Achievement You may now proceed to the next achievement task following the article.

For more updates, keep following @steemitblog.

Best Regards!!!
@boss75

 3 years ago 

Thank you @bos75

 3 years ago 

Hi, @athfalul,

Your post has been supported by @boss75 from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 59244.49
ETH 2977.21
USDT 1.00
SBD 3.77