Achievement 5 Task 1 by @alee75 : Review Steemworld.org

in Newcomers' Community3 years ago


Salam sehat All steemian….

Setelah melewati Achievement 4 di bawah panduan senior dan greet helper saya pada saat ini akan mencoba melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu Achievement 5 dimana pada tahapan ini akan dilakukan pengenalan terhadap “tools” yang akan membantu steemian (termasuk saya) untuk melacak transaksi di steemit. Pada task 1 ini sesuai panduan, saya akan mencoba mengikutinya dengan pengenalan steemworld.org yang merupakan salah satu tool yang sangat bermanfaat bagi steemian yang dikembangkan oleh witness utama steem yaitu @steemchiller.

Pada tampilan steemworld.org terdapat 18 menu yang tampil setelah kita masuk ke aplikasinya.


Untuk melihat dan mengatur voting power dan nilai upvote kita bisa klik di dashboard yang selanjutnya akan muncul gambar seperti screenshoot berikut :


Selanjutnya kita bisa menjelajah satu persatu tab menu yang tersedia sesuai yang kita inginkan.

Sesuai dengan maksud task 1 ini maka berikut ini akan saya jelaskan beberapa fungsi tools yang ada di steemworld.org sebagai berikut :

Pertama

Kita bisa memeriksa ringkasan hadiah (reward) untuk sepanjang waktu, 30 hari terakhir dan 7 hari terakhir dari akun kita. Caranya, kita membuka menu tab "stats" yang ada disebelah kiri, diawal tab-tab yang ada sehingga akan muncul ringkasan reward kita seperti gambar berikut :


Kedua

Pada task 1 ini kita harus memahami pengertian delegasi yaitu sebagai suatu proses peminjaman aset dari sebuah akun steem ke akun steem yang lain, misalnya akun saya @alee75 meminjamkan 100SP kepada akun @steemseacurator sehingga diartikan saya sudah mendelegasikan SP, dan saya disebut Delegator sedangkan yang menerima disebut Delegatee.

Selanjutnya cara mendelegasikan SP sebagai berikut:

Mula-mula saya membuka tool steemworld seperti gambar dibawah :


Lalu Klik delegate..........dan karena saya sudah pernah melakukan delegasi maka saya akan mengklik menu outgoing dimana akan muncul tampilan kemana saja saya pernah mendelegasikan SP.

Selanjutnya saya menambah jumlah delegasi saya ke @steemseacurator dengan cara mengedit jumlah delegasi SP saya


Kemudian muncul tampilan confirmasi delegasi

Selanjutnya akan muncul tampilan permintaan Private Active Key


Tekan OK dan selanjutnya akan muncul jumlah delegasi total akan saya.


Saya melakukan penambahan delegasi steem power ke akun @steemseacurator karena sebelumnya saya pernah melakukan delegasi bulan lalu sebanyak 100SP seperti terlihat pada screenshot dibawah ini :


Kita juga bisa memeriksa suara (vote) masuk dan keluar menggunakan steemworld.org ini dengan cara :

Pilih menu “stats”, lalu pilih tab “Inc.Votes” sehingga muncul tampilan :



Untuk melihat suara keluar, pilih “Out.Votes sehingga muncul tampilan :



Ketiga

Kita bisa memeriksa aktifitas akun kita selama 7 hari terakhir dan detail apa saja yang dengan memilih menu “Account Operation” yang berisi informasi tentang Voting (Upvote masuk dan Vote keluar), hadiah kurasi, kurasi postingan, edit postingan dan komentar, kegiatan Power Up, transfer SBD atau steem. Untuk melihat masing-masing laporan aktifitas bisa dipilih tab-tab yang ada dibawah menu seperti Tab “Today” Tab “Yesterday” dan seterusnya :

Keempat

Reward atau hadiah yang diberikan ada 2 macam yaitu:
  • Author Reward

  • Curation rewards

Author Reward (hadiah penulis) adalah reward yang diterima oleh author terhadap postingannya.

Curation Reward (hadiah kurasi) yang kita terima ketika kita melakukan voting dan komen terhadap postingan orang lain.

Kita bisa memilih menu Coming reward dan pilih tab “Outhor rewards dan “curation rewards”, pilih refresh sehingga muncul tampilannya seperti berikut :


Kelima

Kita bisa memeriksa nilai upvote kita dan bobot voting yang berbeda menggunakan tool ini dengan melihat persentase garis melingkar di pojok kiri sebelah atas, angka vote maksimal 100% dan akan berkurang seiring kekuatan steem yang ada dalam akun kita seperti berikut :


Demikian pemaparan Achievement 5 task 1 tentang Review steemworld.org kali ini, semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan juga bagi steemians semua.

Terima kasih……

Cc: @heriadi @irawandeddy @nadilchairi


Rangkuman Tugas Achievement:

  1. Achievement 1 by @alee75 : Verification Through Introduction
  2. Achievement 2 by @alee75 : Basic Security on Steem
  3. Achievement 3 by @alee75 : Kode Etik Konten
  4. Achievement 4 by @alee75 : Applying Markdowns

ABOUT ME

@alee75

Sort:  

Dear @alee75

Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 5 Task 1 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya tentang The Steem Tools Achievement 5 Task 2 : Review steemscan.com

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Achievement 5 Task 2: Review steemscan.com

Gunakan tag khusus agar postingan anda tidak terlewati di masa yang akan datang baca disini Attention : Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia

Catatan kurator: Nilai 2

Best Regard,
@nadilchairi

 3 years ago 

🙏

 3 years ago 

mantaapp... udah mulai ngebut niyh

 3 years ago 

Baru plg dr Rumkit Bu....ga sempat nulis yg lain...itu draft tasknya dah sebulan baru bisa posting hari ni....🤭

Hi @alee75,

Congratulation for completing the achievement 5 task 1!

If you are looking for ways to engage in the community you can try these contests

Did you know that STEEMIT have 100+ Contests right now with US$850+ worth prices?

👉 Contest Alerts: Active Contest List on 05th July 2021 – Win 2250+ STEEM

Get the maximum out of these contests! Good Luck!

Follow & Resteem for more updates.
#ContestAlerts

 3 years ago 

Hi, @alee75,

Your post has been supported by @wilmer1988 from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thank U very much....🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 59696.15
ETH 2618.35
USDT 1.00
SBD 2.41