The diary of a man

in Steem For Ladies3 months ago

photostudio_1710730091508.jpg

div.png

SEC-S16W4: 16 Maret 2024

Saya ingin ikut berpartisipasi dalam kontes yang diadakan oleh komunitas Steem for Ladies dan saya mengajak @suryati1 @bahrol dan @bang.dien untuk ikut serta.


Morning diary...

Pagi ini adalah akhir pekan dan merupakan hari kelima kami sebagai umat muslim melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Dan tentu kami bangun diawal pagi untuk makan sahur yang merupakan sebuah amalan Sunnah.

Di pukul 04 pagi istri dan anak perempuan sulungku telah bangun untuk menyiapkan menu makan sahur kami. Aku berusaha membangunkan si kecil karena hanya aku yang bisa membangunkannya di pagi hari.

Sekitar jam 04.30 istri telah selesai menyiapkan makanan untuk sahur kami dan kamipun makan sahur bersama agar memiliki energi yang cukup untuk berpuasa sehari penuh.

Di lapangan Landing

Setelah sholat subuh aku mengajak istri, si kecil dan si Abang ke rumah mertua di Landing. Tujuan kami adalah untuk mengajari si Abang mengendarai mobil karena di depan rumah mertua yang merupakan lokasi Kantor Bupati Aceh Utara, ada lapangan dan juga jalan yang bisa digunakan untuk belajar menyetir mobil.

Mengajari anak menyetir mobil merupakan salahsatu kegiatan yang harus dilakukan oleh kita sebagai orangtua dimana kita memberikan pengetahuan dan skill bagi si anak yang tidak hanya berguna bagi mereka namun juga berguna bagi kita sebagai sebuah keluarga.

Misalkan ketika aku tidak bisa menyetir mobil karena sakit dan lain-lain, tentu akan sangat terbantu bila si Abang sudah bisa menyetir mobil sehingga dia bisa mengantar adik atau bundanya berobat, berbelanja dan lain-lain.

Memantau si Abang menyetir mobil

Setelah mengajarinya hal-hal mendasar seperti gas, rem, kopling dan lain-lain, aku membiarkan si Abang belajar menyetir mobil di lintasan yang ada. Sedangkan aku bersama si kecil memantau saja dari jauh.

Sekitar jam 08 pagi, aku selesai mengajari si Abang menyetir mobil karena cuaca pun mulai terasa panas. Dan kami pun kembali ke rumah mertua yang tidak jauh dari lapangan.

Membeli sayur-sayuran

Kami tidak berlama-lama di rumah mertua karena ada banyak kegiatan yang akan aku lakukan di rumah. Dan saat dalam perjalanan pulang ke rumah, kami singgah di sebuah warung untuk membeli beberapa barang kebutuhan kami.

Merehab kolam ikan

Saat tiba di rumah, aku mulai melanjutkan rehab kolam ikan kami yang retak oleh banjir beberapa waktu yang lalu. Pekerjaan rehab ini telah aku mulai sejak kemarin pagi, dan pagi ini aku membuka cetakan cor dinding kolam serta memindahkan cetakan ke bagian kolam yang lain. Insya Allah nanti sore akan melanjutkan melakukan pengecoran kembali.

Setelah memasang cetakan, aku istirahat saja di rumah sambil membuat postingan untuk hari ini. Karena sedang berpuasa aku harus memenej sedemikian rupa agar aktivitasku tidak sampai mengganggu ibadah berpuasa.

Si kecil di depan kolam ikan

Aku kembali melanjutkan pekerjaan merehab kolam ikan menjelang sore hari karena cuaca sudah sedikit teduh dan sebentar lagi akan berbuka puasa sehingga rasa capek tidak begitu terasa lagi. Dan seperti biasa si kecil selalu menemaniku merehab kolam ikan.

Aku juga menyiram tanaman kami, memberi makan ayam-ayam serta mengutip telur ayam di kandang belakang rumah kami sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Bersama ponakan

Usai berbuka puasa dan sholat magrib, aku rebahan sebentar di kamar sambil melakukan upvote beberapa postingan karena voting powerku sudah kembali penuh. Ponakanku yang ada di rumah ibuku pun datang ke rumah kami malam ini.

Takziah di rumah duka

Setelah sholat tarawih, aku pergi takziah di rumah seorang yang meninggal dunia Rabu kemarin. Dan sudah menjadi tradisi bahwa ketika ada warga yang meninggal maka kami para pria datang ke rumah duka untuk membacakan samadiyah di malam hari selama 7 malam berturut-turut.

Demikianlah diary ku hari ini. Walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa, namun aktivitas lain tetap aku laksanakan dengan pengaturan khusus agar tidak menggangu kekhusyukan beribadah. Terima kasih telah membacanya. Stay healthy and fun, Ciao...!

Regards

@alee75

ABOUT ME

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
Loading...
 3 months ago 

Assalamualaikum pak...
Senang membaca Diary anda, anda menjalani hari yang menyenangkan dan penuh kebahagian serta bermakna.

Perhatian dan kasih sayang anda kepada keluarga sangat luarbiasa, anda ayah yang hebat dan baik.

Mengajarkan putra anda ketrampilan baru agar keterampilannya itu bisa bermanfaat dan bermakna di kemudian hari, memperbaiki kolam, belanja, sholat terawih, pergi samadiah hingga bermain dengan keponakan anda melakukan hal-hal yang produktif, semoga anda selalu dilimpahkan rezeki dan nikmat kesehatan dan nikmat lainnya.

Selamat menunaikan ibadah puasa 🙏

Aamiiin. Terima kasih atas kunjungan anda di blog saya. Sebagai orangtua saya rasa kita semua akan berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarga kita. Selamat menunaikan ibadah saum untuk anda dan keluarga... 🙏

 3 months ago 

Fasting doesn't stop one from doing some work, from the content of your post, I can see you are into poultry farm, is a nice business at least the family won't be buying fish and eggs outside.

You are very good on this, I keep telling people that we should venture into the business that we know too well, now look at you renovating the fish pound.
Do have a good day and my regards to your brother, hope he is learning the driving very well.

Thanks for your comment. I really appreciate your response to my post. Greetings...🙏

You are a Muslim and you said it's the fifth day if your Ramadan. IYou people have this month very precious for you. You went to your in laws in the morning. You have other beautiful activities too. IT'S nice to read your post friend. It's sublime.

Wish you get succeeded in this contest friend.

Thanks for your comment, Kathy... 🙏

Halo! Hari kamu sangat penuh dengan tanggung jawab keluarga dan aktivitas yang membangun. Aku terkesan dengan perhatianmu terhadap keluarga dan kesediaanmu mengajari anakmu keterampilan baru. Semoga semua usahamu membuahkan hasil yang baik. Terima kasih telah berbagi cerita ini dengan kami. Tetap sehat dan bahagia selalu!

Halo juga! Terima kasih sudah singgah di post saya. Bagi saya keluarga adalah sumber kebahagiaan saya sehingga saya berusaha sekuat tenaga saya dan memberikan yang terbaik untuk mereka. Harapan yang sama dari saya, semoga anda sukses dan mendapatkan semua yang anda inginkan.
Salam...🙏

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Assalamu Alaikum Sir,
The month of Ramadan changes our old routine to a new routine. You are also following this routine. You now have to wake up early in the night to do Sahri to break the fast. You have taught your brother to drive it is really a big responsibility but the learner must have interest, I have not been able to teach my younger brother yet because he has very little interest. May Allah accept your fast and prayers. Your diary is excellent.

Thank you for your comment. I think as Muslims we have many similarities in how we live our days, especially in terms of carrying out our worship activities. BTW, the person I taught to drive a car was my son. We in Indonesia often call our sons "Si Abang" if they still have younger sister. There is indeed confusion when we translate it into English, but that is our local wisdom. This nickname is our affectionate nickname for our children, just like when we call someone we love "honey" which actually means honey🍯, but in this context it means "darling".

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Dear,
Reading your diary entry I understand that you were fasting and had a very busy day. Teach your brother to drive so that he can drive in your absence in case of emergency. Pond renovation work done. After reading your diary, I came to know that your father-in-law's house is not far from your house. Went to pray for a dead person near your house. You had a great day. Best wishes to you and your family.

Thanks for your comment...🙏

You have a wonderful day.I like your love for young children. You are a good content writer

Thank you...🙏

My pleasure 😊

Posted using SteemPro Mobile

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61440.52
ETH 3447.43
USDT 1.00
SBD 2.52