The Diary Game #TS2 ( 05 Agustus 2024 ) : Mengajar mengaji sebagai tabungan akhirat

in Teachers & Studentslast month

photostudio_1722936174131.jpg

The Diary Game # TS2

Saya ingin berpartisipasi dalam kontes yang diadakan oleh moderator myteacher, dan saya juga ingin mengajak beberapa kawan saya yang lain untuk ikut berpartisipasi di kontes yang sangat menarik ini, @rinamareta22, @watii,@ramadhayani84

Assalamualaikum sahabat stemians semuanya, bagaimana kabarnya di hari yang berbahagia ini, saya berharap teman-teman selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu di mana pun anda berada.

Saya yang dulunya berprofesi sebagai seorang guru dan kini telah beralih profesi sebagai tenaga kebersihan di sekolah saya, saya juga pernah mengajar di kepulauan Riau beberapa tahun yang lalu, tepatnya di Bengkalis daerah pematang duku, saya juga mengajar di dua tempat.

Pagi hari saya mengajar di sekolah SD negeri 39 dan sore hari saya mengajar di MA (madrasah Aliyah) di parit bengkok,banyak juga pengalaman saya selama berada di perantauan dan akhirnya saya kembali lagi ke kampung halaman dan berkarier lagi sebagai seorang guru.

Namun karena ada suatu kendala yang membuat saya harus ikhlas turun tingkat menjadi tenaga kebersihan di sekolah saya. Saya yang saat ini sedang menjalani pekerjaan saya dengan penuh semangat dan berharap bisa membuat anak-anak saya lebih sukses lagi kedepannya dari saya sendiri.

IMG20240805192011.jpg

Saya juga mengajari anak-anak mengaji di rumah kalau malam hari, profesi ini sudah saya jalani beberapa tahun yang lalu dan lebih tepatnya hampir 4 tahun, saya hanya mengajari anak-anak yang baru belajar iqro dan Al-Qur'an saja, saya juga tidak pernah memungut biaya apapun dari anak -anak tersebut. Kecuali ada yang memberi
sedekah ikhlas dari orang tua mereka saya tidak menolaknya... hihihihi.

IMG20240805194232.jpg

Trik saya mengajar saat ini adalah santai tapi pasti, saya mengajari satu-persatu orang supaya mereka cepat paham dan punya waktu cukup untuk masing-masing anak dan biasanya saya memberikan waktu selama 10 menit untuk satu orang anak.

IMG20240805202757.jpg

Disini saya melihat anak-anak tersebut memanfaatkan waktu yang saya berikan dengan sebaik mungkin, dan berusaha mengaji supaya tidak ada yang salah melafazkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut, saya tidak akan melanjutkan mengaji kalau sudah terlihat anak -anak mulai bosan dan tidak fokus lagi.

Kalau pagi hari saya bekerja di sekolah dan siang harinya saya melakukan tugas rumah yang tidak boleh saya abaikan, walaupun pagi hari saya sudah memasak mempersiapkan semuanya untuk keluarga namun siang hari masih melanjutkan beberapa pekerjaan lain yang belum kelar saat pagi tadi.

IMG20240805202804.jpg

Saya juga pernah di undang menjadi tutor di beberapa kampung untuk mengajar praktek kerajinan tangan yang berasal dari sampah aqua dan di ubah menjadi barang-barang yang berguna dan mempunyai nilai uang yang sangat lumayan saat itu, selain mengajari praktek kerajinan tangan saat itu saya juga menerima banyak orderan yang di pesan dari berbagai kalangan, bahkan ibu bhayangkari juga memesan beberapa barang yang saya produksi saat itu.

Saat saya mengajari praktek kerajinan tangan tersebut, yang mengikuti banyak orang yang sudah tua, namun mereka sangat yakin melakukannya dan ada juga yang bisa menjual barang yang sudah diubah tersebut " dari sampah menjadi berkah" begitulah kehidupan saya di kampung dan saling berbagi ilmu sebagai tambahan amalan untuk akhirat kelak, Wallahu a'lam bissawab.

Sekian saja partisipasi saya kali ini kalau ada kata yang kurang berkenan di hati mohon di maafkan, terimakasih sudah membacanya saya juga siap menerima kritik dan saran serta dukungan dari teman-teman yang bersifat membangun.

Hormat saya

@suryati1

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  

Terimakasih Bu atas undangan nya ☺️

 last month 

Yuk ikutan besok ya

Insyaallah 🤗

 last month (edited)

Hello, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club100
Burnsteem25

Feedback:

  • Anda memiliki background yang sangat luar biasa, dan mungkin bisa menginspirasi banyak orang.

  • Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mulia, terlebih itu adalah seorang guru ngaji. Anda juga tak pernah memungut biaya untuk ilmu yg anda ajarkan. Bukankah itu sangat mulia? Saya kira begitu.

 last month 

Amin, Terimakasih bapak atas kunjungannya di postingan saya, saya tidak memungut biaya karena merasa kasihan dengan orang tua anak -anak tersebut apa lagi mereka juga pergi mengaji di siang hari dan di kenakan biaya 10 ribu/bulannya dan kalau terlambat membayar di suruh pulang untuk mengambil di rumah, anak saya juga seperti itu kalau terlambat maka mereka akan pulang untuk meminta uang, kalau ada uang mungkin kita akan langsung bayar coba kalau tidak ada bisa-bisa anak -anak tidak jadi pergi mengaji, saya juga pernah di posisi tersebut anak saya sampai menangis jadi saya katakan padanya untuk bersabar sampai besok mama akan membayarnya.

Maka dari itu saya mengajar mengaji gaji gratis saja kecuali ada orang tua yang pengertian dan memberikan saya sedikit sedekah dan saya menerimanya dengan senang hati.

Ada juga yang tidak memberikan dan itu tidak masalah bagi saya selama saya mengajar mengaji sudah hampir 4 tahun, rezeki selalu ada kalau kita mau berusaha walaupun sedikit namun saya selalu bersyukur dan berkah itu yang paling utama menurut saya

 last month 

Dari seorang guru kini harus menjadi tenaga kebersihan membuat saya terharu dan berpikir apa yang membuat Ibu harus alih profesi, apakah karena tuntutan ijazah?

Namun mengajarkan anak-anak mengaji adalah suatu tugas yang mulia, dengan dasar tersebut mereka akan dapat membaca Al-Qur'an yang mana setiap bacaan mereka akan mengalir pahala secara terus menerus kepada Ibu sebagai gurunya.

 last month 

Benar sekali bapak, karena ijazahlah yang mengharuskan saya seperti ini, tapi saya waktu itu telah berusaha melanjutkan SI di fakultas UT dan saya berhenti karena beberapa faktor

  1. Saya sudah kuliah sampai 5 tahun namum sepertinya kuliah itu bagaikan sebuah permainan, akhirnya saya mundur saja percuma saja saya lanjutkan kalau akhirnya akan menyakitkan, saya yang dulunya kuliah di Unsyiah saja tidak seperti ini kejadiannya.
  2. Saya harus mundur karena anak saya bersekolah di salah satu sekolah swasta SMK farmasi yang membutuhkan biaya yang sangat banyak.
    Jadi saya mundur saja,dan anak saya selesai sekolah dengan hasil akhir yang sangat gemilang, saya sangat bersyukur sekali atas semua prestasi yang dia persembahkan dengan gemilang.

Terimakasih bapak atas kunjungannya di postingan saya 🙏

 last month 

Percayalah Allah SWT pasti punya rencana yang terbaik untuk Ibu dan anak Ibu, coba baca postingan saya dibawah ini.

https://steemit.com/hive-167213/@miftahulrizky/contest-unlocking-the-secrets-of-god

 last month 

Amin terimakasih bapak atas masukannya, saya akan mencoba untuk mengikuti kontes tersebut semoga sukses 🥰

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57856.68
ETH 2352.26
USDT 1.00
SBD 2.43