SEC | S19W2: Micro Teaching

in Teachers & Studentslast month

SEC | S19W2: Micro Teaching

Halo teman. Hari ini aku berpartisipasi pada kontes SEC | S19W2 : Micro Teaching. Dimana pada kontes ini kita diberikan waktu 20 menit dalam hal mengelola kelas dan dengan waktu tersebut bagaimana cara mengatur waktu dengan alokasi waktu yang tepat. Melalui postingan ini aku mengajak teman-teman untuk berpartisipasi pada kontes ini @muzack1 @walictd @cymolan dan @assidiq.

micro teaching.png

Desain Canva


Di sekolah aku merupakan salah seorang guru jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Aku telah lama mengajar di sekolah dan sudah tahu bagaimana cara mengatur alokasi waktu yang tepat saat mengajar dan berada di kelas. Aku mengajak Mata Pelajaran Kejuruan TKJ dengan nama mata pelajaran Desain Grafis. Baiklah teman-teman aku akan membahas terlebih dahulu sebuah materi penyampaian yang aku lakukan saat berada di kelas. Tentunya materi yang saya berikan kepada siswa sesuai dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran tersebut.

Contoh rencana pelajaran untuk Pengajaran Mikro (Desain Grafis)

Mata Pelajaran: Desain Grafis Percetakan
Materi Pokok : Penerapan Efek Pada Gambar Vector
Alokasi waktu: 20 menit
Kompetensi Inti (Pengetahuan dan ketrampilan)

  • KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
    konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Desain
    Grafis Percetakan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
    pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
    diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,
    dan internasional.

Kompetensi Dasar ( KD ) dan Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK)

  • 3.6. Menganalisis pemberian efek
    pada gambar vector
  • 3.6.1 Mengidentifikasi fungsi efek pada gambar vector
  • 3.6.2 Menunjukan hasil efek pada gambar vector

Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah diberi penjelasan oleh guru peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi efek
    pada gambar vector dengan tepat dan percaya diri
  2. Melalui kegiatan mencocokan gambar pada media pembelajaran wonderwall peserta didik
    dapat menganalisis penerapan efek pada gambar vector dengan benar.

Alat dan Media Pembelajaran
1.Media : Slide Power Point, Video Pembelajaran, referensi gambar
2.Alat : Laptop/PC, LCD Proyektor
3.Sumber Belajar : Modul Bahan Ajar Tipografi, LKPD*


Seorang guru harus mampu mengelola suatu kelas baik jumlah siswanya banyak maupun sedikit. Sebelum mengajar kelas sebelumnya saya mempelajari terlebih dahulu materi yang akan saya berikan kepada siswa. Tujuan mempelajari materi tersebut adalah agar saya dapat menjelaskannya kepada siswa dengan mudah dan memahaminya. Selain itu, saya menggunakan bahan ajar dan video tutorial untuk memudahkan siswa dalam praktik.


ai-generated-8663328_1280.png

Seorang Pria Guru di kelas


Saya meluangkan waktu untuk menjelaskan materi terlebih dahulu kemudian meminta siswa untuk praktek langsung pada materi tersebut. Jika ada siswa yang belum paham, saya jelaskan kembali dan minta siswa mengajari temannya. Saya sudah sering menggunakan metode pengajaran ini di kelas, bahkan ketika mengajar jam terakhir di sekolah. Biasanya pada jam pelajaran terakhir, siswa mulai bosan belajar dan mengantuk di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, saya memilih metode menonton video tutorial agar lebih mudah dipahami.

Untuk mengetahui apakah siswa sudah paham tentang materi yang kita berikan. Aku memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa dan jika waktu singkat pada saat mengajar aku biasanya memberikan tugas sekolah kepada siswa. Terkadang aku juga meminta kepada siswa untuk melakukan presentasi dan mengambil beberapa kesimpulan hasil dari pembelajaran di sekolah. Tidak hanya dengan itu saja bahkan aku melakukan sesuatu hal yang mudah dipahami oleh siswa seperti menghafal/mengingat langkah-langkah yang dilakukan pada saat praktek.


education-3189934_1280.jpg

Seorang anak sedang belajar


Seorang guru juga harus mempunyai ilmu menguasai kelas agar pada saat mengajar di kelas tidak terjadinya keributan sehingga apa yang kita sampaikan mudah dipahami oleh siswa.


steem.png

Regards @sisol

Sort:  

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...

Hello friend @sisol.
It was an interesting time going through your entry and reading it was fun as well as educating.

Writing a quality and good lesson plan is essential to be able to carry out a productive class/teaching session in a class. Although to write a quality lesson plan it can be very challenging sometime and thanks to this new community who has given us the opportunity and steps on how to write a good lesson plan....

You have written well and you have showed a good example of what a lesson plan should look like an a very educating as well.

But some things that I have observed in this post of yours is that you didn't give account to the place where we were asked to explain how we are going to manage the time allocated for the class which is 20 minutes and how you are going to be able to handle challenges that may come on while teaching such as questions, contributions and distractions.

But though you have written well and thanks for sharing and good luck

 last month 

Terimakasih @emmy01 kamu telah membaca postingan saya dengan baik. Aku lupa menyebutkan dimana tempatnya dan aku akan memperbaikinya pada kontes selanjutnya. Semoga beruntung teman

Thank you very for acknowledging my feedback..

 23 days ago 

Greetings,

Your entry is awesome! I especially liked how you keep the students engaged with videos to simplify learning. Keep it up!

 23 days ago 

Terimakasih terkadang kita menyesuaikan diri dengan suasana kelas. Jika pada jam mengajar biasanya siswa bosan dan aku mengajak mereka untuk menonton video tutorial agar mereka bisa belajar lebih semangat

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59529.60
ETH 2657.58
USDT 1.00
SBD 2.41