REFLEKSI MINGGUAN #14 : Jurnal Syukur || METAMORFOSA KEHIDUPAN ||

in STEEM FOR BETTERLIFE6 months ago (edited)

IMG_20231219_065726.jpg

METAMORFOSA KEHIDUPAN

Halloo sobat steem...

Semoga hari ini kita masih diberi kenikmatan hidup yang kita peroleh tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Semua itu anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Kuasa bagi semua makhluk ciptaan Nya

Tadi malam saya mendapatkan undangan dari @musaddikpase untuk berpartisipasi dalam kontes yang di sponsori oleh @damithudaya. Kontes ini sangat menarik bagi saya karena tema besarnya tentang REFLKESI MINGGUAN yang di elaborasi menjadi sebuah Jurnal Syukur. Sebelum masuk pada bahasan tentang jurnal syukur yang saya beri judul METAMORFOSA KEHIDUPAN, terlebih dahulu saya akan memaparkan REFLEKSI MINGGUAN saya sebagai pengantar awal.

Jika para steemian memperhatikan gambar di tampilan awal, tentunya semua paham bahwa itu adalah nelayan yang sedang memulai aktivitas mencari ikan di laut dengan penggunakan perahu dan membawa pukat sebagai alat untuk menjaring ikan secara tradisional.

Gambar itu saya angkat sebagai ilustrasi terkait perjalanan kehidupan saya di awal tahun 2024. Ibarat nelayan dengan perahu kecil menuju ke lautan mencari rezeki yang dia sendiri tidak mengetahui nantinya memperoleh ikan atau tidak. Yang ada dalam pikiran nelayan itu mencari rezeki wajib hukumnya, apakah menghasilkan atau tidak itu semua urusan Allah Yang Maha Pemberi Rezeki.

Begitupun dengan saya, yang baru satu bulan bergabung dengan steemit. Yang ada dalam pikiran saya terkait dengan steemit adalah berupaya untuk menghasilkan tulisan setiap hari. Tanpa berpikir bahwa tulisan saya nantinya akan mendapatkan vote yang besar.

Memasuki awal tahun saya mulai menyusun rencana terkait pengembangan potensi diri saya,keluarga dan anak didik di sekolah. Semua pengalaman dan perasaan yang terjadi hari demi hari, saya tuangkan dalam my diary. Alhamdulillah, saya mendapatkan hasil yang luar biasa berupa nominasi top post dari dua postingan saya dan satu postingan lagi untuk penulisan kreatif dalam kurun waktu satu minggu, berikut link nominasinya.

https://steemit.com/hive-166405/@o1eh/curation-report-week-01-by-team-1-january-2024

https://steemit.com/hive-166405/@heriadi/curation-report-by-team-newcomer-first-week-or-january-2024

https://steemit.com/hive-180106/@suboohi/result-announcement-of-1-picture-1-story-week-16

Sejenak saya merenung akan hasil yang di luar perkiraan saya. Padahal target awal saya saat bergabung dengan steemit, akan mendapatkan vote senilai 2$ setiap postingan. Timbul pertanyaan dalam diri sendiri, mengapa sesuatu yang di luar kita rencanakan mendatangkan hasil yang lebih besar?.

Jawabannya hanya satu, jangan pernah membuat kalkulasi rezeki dengan Allah Taala. Berbaik sangka dengan Tuhan seru sekalian alam niscaya kita pasti mendapatkan rezeki tak terduga di luar perkiraan. Manusia hanya berencana, hasil akhir di tangan Allah.

Kemudian saya melihat lebih dalam lagi, saya merasa gaya hidup saya berubah drastis. Dari yang belum pernah membuat konten, menjadi hobi ngonten. Saya seperti kepompong yang mengalami metamorfosa kehidupan menjadi kupu-kupu.

IMG_20231225_122530.jpg

ARTI SYUKUR BAGI SAYA DAN SEBERAPA PENTING

Berdasarkan pemaparan awal di atas bahwa saya mendapatkan rezeki yang diluar ekspektasi saya maka tentu saja saya bersyukur. Dalam artian saya mengucapkan terima kasih dan mengakui bahwa rezeki yang saya terima itu atas kehendak Allah. Bagaimanapun saya bagus menulis tanpa IradahNya maka tidak akan saya mendapatkan nilai vote yang tinggi.

Cara saya berterima kasih kepada Allah Taala dengan berdoa dalam setiap shalat yang saya kerjakan. Serta memberi sedekah untuk berbagi dengan kaum dhuafa berapapun jumlahnya.

Syukur merupakan sikap yang sangat penting karena syukur ini yang membedakan antara manusia dan iblis. Syukur merupakan lawan dari kesombongan yang akan membawa pada kehancuran seperti iblis laknatullah. Maka sangat penting memelihara sikap bersyukur dalam denyut nadi kehidupan.

Makna syukur bukan hanya pada saat memperoleh keberhasilan saja tetapi ketika mendapatkan bencana, musibah dan kegagalan maka kita tetap bersyukur untuk mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut.

Seperti yang saya alami saat banjir besar melanda kota tempat saya tinggal. Kami sekeluarga masih bisa tidur di dalam rumah walaupun di luar penuh dengan banjir. Nikmat mana lagi yang kami dustakan.

Dengan menjiwai rasa syukur maka akan terbentuk pribadi yang rendah hati, suka menolong dan penuh cinta kasih. Semakin kita bersyukur atas nikmat yang sudah di berikan Allah kepada kita maka Allah akan menambah lagi nikmat tersebut


HAL APA YANG PALING SAYA SYUKURI DALAM KEHIDUPAN SAAT INI

Pertama saya masih memiliki keluarga kecil yang lengkap sampai saat ini. Hal ini merupakan anugerah terindah yang sangat saya syukuri. Terlalu banyak hal indah dalam keluarga. Intinya kemanapun anda pergi keluarga tetaplah tempat yang paling indah dalam hidupku.

Kedua, saya bersyukur memiliki profesi sebagai guru. Banyak hal indah yang saya jumpai bersama anak didik, terutama saat berhasil membimbing siswa mengikuti kegiatan lomba sampai memperoleh juara. Hal itu memiliki makna yang sangat dalam bagi saya sendiri.

Yang ketiga, ketika saya bergabung dengan steemit, tak terbayang begitu besar perubahan dalam hidup saya, karena kebiasaan menulis selama satu bulan membuat mindset dan kesabaran saya menjadi jauh lebih baik. Saya sangat bersyukur bisa bergabung dengan platform hebat ini.

HAL YANG PALING BERKONTRIBUSI TERHADAP KEBAHAGIAAN DAN KESEJAHTERAAN SAYA SECARA KESELURUHAN

Steemit yang paling berkontribusi terhadap kebahagiaan saya. Memang terkesan gombal tapi gara-gara steemit, saya mengenal sosok lain dari diri saya yaitu bakat menulis. Sebelumnya saya punya bakat public speaking yang bagus, banyak gagasan yang saya sampaikan bisa di terima dengan logis. Tetapi minus dalam kemampuan menulis.

Selama 18 tahun saya mengajar, belum pernah saya menghasilkan buku atau menulis buku. Sekarang setelah saya bertemu dengan kembaran saya yang jago menulis, rasanya dalam tahun ini Insya Allah saya akan merilis buku perdana saya yang bersumber dari kumpulan my diary.

Bersama steemit juga menambah keharmonisan keluarga karena mempunyai satu tujuan agar saya bisa sukses di platform ini. Semua saya libatkan dalam pembuatan konten yang sesuai dengan kegiatan saat itu. Jadi tidak berlebihan jika saya katakan steemit menjadi guru bagi saya dalam hal menulis. Di platform ini banyak penulis hebat yang bisa menjadi referensi saya.

IMG_20231222_130027.jpg

UCAPAN TERIMA KASIH SAYA

Hanya kepada Allah saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga. Hanya karena kehendakNya maka saya bisa mengalami METAMORFOSA KEHIDUPAN .

Mengingat betapa pentingnya kontes ini sebagai bentuk ekspresi diri kita dalam mensyukuri apapun yang sudah kita capai maka saya mengundang @bayuofficial @teukuipul87 @rumaisha untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Terima kasih kepada semua yang telah membaca postingan ini, semoga kita semua bisa menjadi manusia yang mampu menjadikan syukur sebagai urat nadi kehidupan kita. Salam sehat selalu dari saya @fadthalib

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Luar biasa, sukses selalu, semoga apa yang di cita citakan ,cepat terlaksana dan terkabul kan. Amin 🙏🤝

 6 months ago 

Terima kasih semoga kita semua mendapatkan apa yang telah dicita-citakan 🙏

Loading...
 6 months ago 

Seperti yang kita dengar di lirik lagu Bang. Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah. Terkadang kenyataan yang terjadi di lapangan memang tidak selalu sesuai dengan keinginan. Semoga selalu beruntung di sini. Salam satu profesi.

 6 months ago 

Iya benar ada up and down

TEAM BURN

Your post has been successfully curated by @ripon0630 at 35%.

Thanks for setting your post to 25% for @null.
We invite you to continue publishing quality content. In this way you could have the option of being selected in the weekly Top of our curation team.

Team Burn (1).png

Burning STEEM by sending it to the @null account helps reduce the supply of STEEM and so increase its price.

 6 months ago 

Terima kasih atas dukungannya 🙏

 6 months ago 

The gratitude you express for your small family, the fulfillment recieved from your profession as a teacher, and the unexpected positive changes received from Steemit have contributed to your overall happiness and well-being.

Sorry for the late reply and thank you for the particpation and good Luck!!

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58728.31
ETH 3185.59
USDT 1.00
SBD 2.43