My Diary, Rabu 10 Januari 2024 || Refleksi selama Praktek Kerja Lapangan ||

in STEEM FOR BETTERLIFE7 months ago (edited)

IMG_20240110_090049.jpg

Assalamu'alaikum sobat steemians

Rabu pagi pukul 9.30 saya mulai aktivitas mengajar. Hari itu saya masuk di kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran. Topik yang saya bahas terkait "ancaman global" khususnya persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Di tambah lagi dengan adanya kemungkinan di buka kran penerimaan tenaga kerja asing secara terbuka.

Tentu saja hal tersebut menjadi ancaman bagi tenaga kerja lokal yang harus bersaing dengan mereka. Saat ini pekerja migran sudah banyak di Indonesia cuma masih sebatas buruh kasar di pabrik. Itu saja sudah beberapa kali menimbulkan gesekan dengan tenaga kerja lokal.

Sementara itu pekerja lokal masih perlu dilakukan peningkatan kompetensi khususnya di bidang keterampilan agar mampu bersaing dengan pekerja asing.

Sebagai jawaban atas permasalahan diatas maka SMK menambah durasi praktek kerja lapangan yang sebelumnya berlangsung 3 bulan sekarang menjadi 6 bulan

Nah, untuk tugas kali ini saya mengarahkan siswa menulis pengalaman praktek mereka selama 6 bulan di dunia usaha dan industri. Refleksi selama praktek kerja lapangan penting dilakukan agar para siswa bisa menganalisa bagian mana dari kompetensi yang dimiliki perlu untuk ditingkatkan lagi agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

IMG_20240110_083530.jpg

IMG_20240110_083556.jpg

PROSES PEMBELAJARAN

Selama proses penulisan refleksi, para siswa banyak yang tidak tau harus menulis dari mana. Saya katakan kalian bebas mau mulai dari mana, karena masa praktek yang sangat lama, maka boleh diambil bagian yang kalian merasa kesulitan dalam menjalaninya. Itu yang menjadi bahan refleksi kalian. Tak lama berselang bel istirahat berbunyi. Saya pun keluar kelas menuju warkop pak wen.

IMG_20240110_090924.jpg

COFFEE BREAK

Di sana sudah hadir pasien tetap, saya langsung gabung di meja mereka. Sambil menunggu kopi datang, saya tanya topik apa yang di bahas kok seru banget. Liat di grup "beutoi agam" pak...., ada rencana travelling ke air terjun rayap, sahut fauzun.

Wahhh, mantap tuh buat healing, ada acara potong kambing gak. Pasti donk pak, iuran idr 100 k per orang. Rencana pergi hari minggu tanggal 21 ini pak, lanjut fauzun. Oke deh nanti saya setor, ngutang boleh gak, heheheh canda saya. Selesai ngopi saya lanjut masuk kelas.

Tiba di kelas, saya mulai menerima setoran tulisan refleksi para siswa, setelah membaca semuanya mulai terlihat beberapa permasalahan yang paling umum yaitu, public speaking dan keterampilan editing surat.

Di akhir sesi pembelajaran saya menarik kesimpulan, perlu adanya peningkatan basic skill dari penggunaan office. Dan juga gaya komunikasi dengan para karyawan dan pimpinan. Jangan sampai kita menjadi minder bergaul. Yang tidak kalah penting adalah menjaga etika.

IMG_20240110_133551.jpg

IMG_20240110_163724.jpg

MENU SIANG

Selesai mengajar saya langsung pulang sambil membeli jus jeruk dan piscok buat cemilan. Tiba di rumah sudah menunggu makan siang dengan menu ikan "bileh phep".

IMG_20240110_211135.jpg

IMG_20240110_214224.jpg

IMG_20240110_213755.jpg

MENU MALAM

Malam hari saya beli nasi sate dan roti bakar bandung untuk adek fadlan. Setelah makan malam, saya hanya beristirahat di rumah saja.

Sekian my diary kali ini, terima kasih bagi yang sudah membaca dan memberikan suaranya. Salam sehat selalu dari saya @fadthalib.

NOTE: 10% UNTUK STEEM BETTERLIFE

Sort:  
 7 months ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem For Betterlife Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community.

DescriptionInformation
Verified User
Club Status#club5050
Plagiarism Free
AI Article Free
#steemexclusive
Bot Free
Beneficiaries
* #burnsteem25
* Community
* Charity

null 25%❌
steembetterlife ✅
worldsmile❌


I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

 7 months ago 

Terima Kasih atas verifikasi 🙏

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56588.25
ETH 2399.94
USDT 1.00
SBD 2.32