" 30 HARI BELAJAR MENULIS BUKU "

in STEEM FOR BETTERLIFE7 months ago

20240218_104530_0000.png

Assalamu'alaikum sobat steemians

"Pue Haba Rakan " Steem for better life, semoga steemians selalu sehat dan semangat dalam menjalani rutinitas kita yang terkadang "unpredictable", situasi yang diluar prediksi kita, bisa saja terjadi dalam kehidupan. Itu semua bagian dari romantika hidup, ibarat sayur tanpa garam maka hidup tanpa masalah bukanlah hidup namanya.

Begitu juga dengan kematian yang sesungguhnya adalah kehidupan lanjutan dalam dimensi yang berbeda. Sehingga kita tidak bisa lepas dengan problematika sampai kapanpun. So point pentingnya adalah bagaimana cara kita menghadapi dan menyelesaikan hal tersebut.

Di awal Januari 2024 kita semua tentu masih ingat tentang berbagai KONTES yang dilaksanakan di beberapa komunitas. Salah satunya terkait dengan VISI dan MISI yang kemudian diganti dengan narasi yang berbeda antar komunitas. Yang pada intinya tema besar kontes awal tahun berhubungan dengan rencana dan target para steemians di tahun 2024 ini.

Begitu juga dengan saya yang sudah mengikuti kontes tersebut di beberapa komunitas. Salah satu target besar saya di tahun ini ialah menghasilkan buku yang isinya tentang "daily activities" saya dalam menjalani kehidupan.

IMG-20240207-WA0036.jpg

Di awal Februari ada postingan di WhatsApp grup sekolah tentang dibuka kelas menulis buku dalam waktu 30 hari secara gratis. Tanpa menunggu lama saya pun mendaftar untuk ikut di kelas tersebut.

Kemudian saya menjumpai miss asraf untuk menanyakan beberapa hal terkait kelas menulis. Ternyata beliau sudah pernah ikut bergabung namun karena kesibukan yang padat sebagai peserta guru penggerak maka beliau di drop out dari kelas karena tidak menyetor tugas harian.

Nah sekarang miss asraf sudah selesai dengan guru penggerak, sekarang saatnya "revans" atas kegagalan terdahulu. Ada beberapa guru sekolah saya yang bergabung dalam kelas menulis buku.

IMG_20240218_104916.jpg

Tanggal 7 Februari 2024 saya bergabung dalam grup whatsapp kelas menulis. Sebelum memulai aktivitas menulis, kami yang sudah bergabung di wajibkan mempromosikan kelas menulis ini ke 3 grup pendidikan dan ke sosial media lainnya. Hal ini bertujuan agar siapa saja yang punya niat kuat untuk menulis buku supaya bergabung ke dalam kelas menulis yang tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

IMG_20240218_120944.jpg

IMG_20240218_120646.jpg

PERATURAN KELAS MENULIS

Kelas menulis 30 hari ini memang gratis tapi tidak sembarangan. Peraturan yang dibuat cukup ketat dengan tujuan supaya peserta serius dan konsisten untuk menyetor tugas dan menghasilkan sebuah buku.

Sehingga para peserta diharapkan keseriusannya dalam menulis. Jika ada halangan dalam menyetor tugas maka wajib menghubungi admin dan berjanji menyetor tugas secara double.

IMG_20240218_120542.jpg

TUGAS PERTAMA

Tanggal 16 Februari merupakan hari pertama bagi peserta untuk mulai menulis. Sebelum menulis maka langkah awal adalah membuat kerangka penulisan sesuai dengan format diatas. Untuk itu diharapkan bagi peserta yang belum paham dipersilahkan bertanya.

Saya pun menanyakan, apa boleh tulisan yang berhubungan dengan aktivitas keseharian. Jawaban admin membolehkan sambil menaruh emoji 😁. Kalo begitu saya langsung "Gas Keun" tanpa butuh waktu lama, kerangka penulisan selesai.

IMG_20240218_083641.jpg

KERANGKA PENULISAN

Buku yang sedang saya tulis sekarang merupakan postingan harian yang ada di steemit, makanya tidak susah untuk membuat kerangka. Hanya saja butuh pemikiran sedikit ektra untuk menyelesaikan per bagian, karena tidak cukup 1.000 kata sepertinya. Harus ada 3.000 kata per bab untuk mencapai target 60 halaman untuk satu buku.

Kelihatannya berat tapi saya akan mencobanya dulu, apalagi secara materi tulisan sudah ada, hanya perlu menambah kata menjadi lebih banyak dan bervariasi disesuaikan dengan tujuan per bagian yang berbeda antara satu dan lainnya.

Peserta kelas diberi penguatan materi penulisan yang intinya bagi pemula bisa dimulai dari apa yang kamu sukai. Jadi sesuatu yang kita sukai akan lebih mudah kita tulis dibandingkan dengan yang sama sekali masih baru atau belum kita alami.

IMG-20240218-WA0014.jpg

DISKUSI STEEMIT

Setelah menyelesaikan tugas pertama yang malam itu juga saya kirim. Besok paginya di hari Sabtu tanggal 17 Februari saya ke sekolah seperti biasanya.

Tapi sabtu kemarin itu bukanlah hari biasa karena ada program sekolah sehat yang mewajibkan semua guru dan siswa untuk olahraga, gotong royong, bermain dan sarapan bersama.

Selesai senam pagi, saya ke warung kopi pak wen yang berada di depan sekolah. Gak taunya sudah ada @radjasalman dan @heriadi yang sudah terlebih dahulu ada. Saya pun gabung bersama mereka sambil bertanya, @el-nailul kenapa gak ikutan, apa beliau masih ada project di Bireuen?.

Sambil ngopi saya mulai menceritakan tentang kelas menulis buku sama mereka. Saya katakan pada @radjasalman bahwa apa yang saya tulis di steemit bukan sekedar mengharap vote dari para kurator. Tapi sudah menjadi kebutuhan sehingga jika tidak menulis, ada sesuatu yang masih belum lengkap.

Diskusipun berkembang sampai pada bagaimana menilai postingan seseorang itu menggunakan AI dan PLAGIAT. Saya juga baru tau bahwa penggunaan kata pada WhatsApp yang muncul diatas keyboard itu ada batasan. Dalam satu kalimat tidak boleh lebih dari 5 kali. Jika tidak maka kita masuk kategori menggunakan AI. Hal ini jarang diketahui para steemians.

Begitu juga dengan PLAGIAT, dalam hal ini @heriadi sangat keras memberikan sanksi kepada steemians yang dengan sengaja dan berulang kali melakukan hal yang sama. Artinya sebelum diberikan sanksi oleh @heriadi sudah terlebih dahulu melewati peringatan. Jadi bukan ujug-ujug kena blokir tanpa pemberitahuan.

Saat diskusi sedang berlangsung, datang pula sobat saya @fadlizone menghampiri meja kami. Obrolan pun bertambah seru, giliran saya mengajari sobat saya itu bagaimana cara POWER UP dan beberapa hal lain yang terkait steemit.

Kepada @radjasalman dan @heriadi saya minta waktu untuk mereka mempresentasikan steemit di depan para anggota "my diary" yang terdiri dari siswa dan guru. Mengenai waktu nanti kita sepakati lagi, yang terpenting mereka mensupport my diary club saya.

Sekitar jam 11.30 saya pamit duluan karena mau mengantar anak ke sekolah. Diakhir perbincangan saya berharap kepada para steemians yang sudah memiliki reputasi 70+ ataupun yang newcomer mau berpartisipasi membuat buku dari kelas menulis gratis ini.

Demikian artikel singkat ini yang saya buat diantara tugas ke 2 yang belum saya setor. Semoga kita semua bisa menghasilkan karya berupa kumpulan cerita aktivitas sehari-hari menjadi sebuah buku. Saya mohon doa dan dukungan para steemians agar target menulis 30 hari berhasil saya tuntaskan 🙏.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 7 months ago 

DescriptionInformation
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Benefeciaryburnsteem25 ✅
@worldsmile or @steembetterlife
Status ClubClub100
AI Article✅ Original (Human text!)
 7 months ago 

Terima kasih atas verifikasinya

 7 months ago 

Keren dan semangat. Sukses selalu untuk menjadi penulis handal

 7 months ago 

Terima kasih atas dukungannya bang 🙏

¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts anywhere and with any tags.

Post Upvote.png

Curated by :@eliany

 7 months ago 

Terima kasih atas dukungannya 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60025.27
ETH 2417.33
USDT 1.00
SBD 2.42