Street Culinary –Sate Matang di Jalan Nyak Makam

in STEEM FOR BETTERLIFE7 months ago

Sate Matang adalah kesukaan saya sejak lama. Kuliner ini terkenal di Provinsi Aceh, terutama di wilayah pantai timur. Di Kota Banda Aceh, selain ada warung khusus yang menjual Sate Matang, juga ada gerai yang menjajakannya di pinggir jalan atau di depan warung kopi.

IMG_20240201_185544.jpg Rak jualan Sate Matang di Lampineung. Foto-foto: dok. pribadi. Location

Kamis jelang malam 1 Februari 2024, saya singgah sejenak di warung kopi Arol setelah latihan bola di Lapangan Lambhuk, Banda Aceh. Saya minum kopi dengan es kosong untuk membuang dahaga. Keringat masih bercucuran membasahi baju.

Saat hendak pulang, saya melihat ke seberang jalan tertuju pada rak Sate Matang yang mengepulkan asap. Penjualnya Roni, saya mengenalnya sejak lama. Dia berjualan Sate Matang di depan warung kopi Montes (dulu Rumoh Aceh Coffee), berhadapan dengan warung kopi Arol dipisahkan jalan T Nyak Makam, Lampineung. Location

Saya memutar motor ke sana, memesan sate dan Roni mulai membakarnya di atas tungku arang.

Saya mengambil beberapa foto untuk dokumentasi, hanya terlupa untuk foto selfie dengan menu itu. Mohon maaf jika belum memenuhi syarat untuk mengikuti Street Culinary Contest - Season 18

IMG_20240201_185557.jpg

IMG_20240201_185627.jpg Location

Saya dan Roni ngobrol bebas soal bisnis yang telah dijalaninya selama setahun lebih, tentang penjualan yang naik turun hingga semangatnya untuk terus berusaha. Kurang lebih sama seperti lakon kita di steemit.com, mengisi ragam postingan dengan riang gembira.

Saya memesan Sate Mateng sebanyak Rp 50.000 atau sekitar 12.5 STEEM. Saya mendapatkan 15 tusuk. Setelah dibungkus bercampur bumbu kacang, plus kuah sop, saya izin bergegas pulang. Sayup-sayup azan Magrib mulai terdengar dari Masjid BPKP.

IMG_20240201_185602.jpg

Sesampai di rumah, selepas mandi dan salat Magrib, kami sekeluarga menyantapnya dengan nasi. Sate Matang disukai istri dan kedua anak saya. Senang melihat mereka makan lahap.

Sate Matang berbahan utama daging kambing atau sapi. Dimakan dengan bumbu kacang dengan racikan khusus yang rasanya manis pedas. Saat membelinya, dilengkapi dengan kuah sop hangat yang berbahan lemak dan tulang sapi direbus dengan aneka bumbu rempah.

Sate Matang telah dikenal sejak lama. Konon, kuliner ini berasal dari Matang Glumpang Dua, sebuah kota kecamatn di Kabupaten Bireuen. Dulunya hingga kini, di wilayah tersebut berjejer warung-warung dengan menu andalan Sate Matang.

IMG_20240201_194605.jpg

Nama Matang, merujuk kepada tempat itu, mungkin sama dengan nama yang melakat pada Sate Padang dan Sate Jawa. Pada 2013 silam, Sate Matang telah terdaftar di UNESCO sebagai kuliner warisan dunia yang berasal dari Aceh.

Salam literasi
@abuarkan

Sort:  
 7 months ago 

DescriptionInformation
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Benefeciaryburnsteem25 ✅
@worldsmile or @steembetterlife
Status ClubClub5050
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 61882.63
ETH 2581.51
USDT 1.00
SBD 2.56