SECS 8 Week 6: How do I want to grow old?

in STEEMIT HEALTHlast year

IMG_20230405_011908.jpg

Photo by Canva

Assalamualaikum sobat steemians dimanapun anda berada

Terima kasih banyak Tim Steemit dan teman-teman komunitas STEEMIT HEALTH sebagai penyelenggara kontes bertema How do I want to grow old? di minggu terakhir.

Perjalanan Umur adalah perjalanan waktu yang tidak bisa dihentikan! Semua orang menyadari bahwa umur adalah waktu yang terus berjalan dengan sejumlah perubahan dan perkembangan yang terjadi, baik fisik maupun mental. Dalam ilmu biologi pertumbuhan adalah perubahan pada fisik yang meliputi ukuran, berat, tinggi dan waktu.

Begitu juga halnya dengan perkembangan setiap manusia. Perkembangan dalam ilmu biologi merupakan sebuah proses pembentukan karakter atau kedewasaan yang tidak bisa dilihat oleh mata, tidak bisa ditimbang ataupun di ukur. Hari ini kita telah menemukan jawabannya masing-masing tentang diri kita yang sebenarnya.

Bagaimana saya ingin menua? Sehat dan energik atau terbatas dan tergantung pada pengobatan.

Tidak ada manusia semakin berumur akan semakin membaik fisik dan mentalnya, kecuali hanya upaya memperlambat datangnya masa keroposan tulang (Osteoporosis). Umur senja sangat rentan dengan berbagi penyakit karena semakin menurunnya hormon estrogen, dan ini adalah hal "lumrah" terjadi pada setiap manusia.

Namun, Ketergantungan dengan obat-obatan hanya untuk mempertahankan atau meredam sesaat pada bahagian tubuh yang sakit. Dan menurut hemat saya, kesehatan dan kondisi tubuh energik dapat dipertahankan dengan selalu berpikir positif, mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olah raga rutin dan teratur sejak dini. Hal ini jauh lebih efektif dari pada harus ketergantungan pada obat-obatan, kecuali untuk suatu kondisi tertentu.

Apa yang saya lakukan untuk mencapai masa tua yang saya dambakan

Harapan untuk sehat fisik dan mental dimasa tua adalah harapan semua orang. Tapi tidak menanggalkan yang lebih penting dari keduanya, yakni kebahagiaan. Jika harus memilih, maka kesehatan fisik, mental dan kebahagiaan dimasa tua akan menjadi pilihan utama saya dan semua orang. Namun Ketiga keinginan ini adalah harapan besar bagi semua orang.

Saya ingin menjadi sosok orang tua yang mandiri dengan mengadopsi dua tips penting menuju kearifan masa tua, yakni:

  • Memiliki rasa "kepuasan" dalam hidup. Rasa kepuasan adalah rasa syukur meskipun umur telah membatasi semua gerak dan keinginan.
  • Keterbukaan diri, tidak egois dan mau belajar dari orang lain. Belajar adalah media untuk membuka ruang bagi kesehatan fisik dan mental.
Apakah saya takut menjadi tua?

Satu sisi, saya merasa cemas dan takut datangnya masa tua! apakah karena faktor lingkungan atau genetik? saya tidak tahu. Namun setiap kali saya melihat kulit yang mulai keriput dan rambut beruban, rasa cemas saya selalu datang. Padahal saya sadar bahwa umur adalah perjalanan waktu yang tidak dapat dihentikan atau diperlambat.

IMG_20200730_105635.jpg

InsyaAllah jika umur panjang, Edited by Photo App

Alasan cemas terhadap Geroscophobia adalah pertimbangan kesiapan diri saya pada saat saya tidak lagi bisa beribadah dengan sempurna, mandiri dan berbuat adil kepada keluarga saya. Disisi lain, saya takut masa tua akan memberi pekerjaan besar dan membebani keluarga saya.

Tapi saya selalu berusaha menghibur diri dengan selalu bersyukur, berbuat baik dan menamkan contoh baik bagi anak-anak saya dan keluarga saya lainnya sejak sekarang

Pengalaman tentang Orang lebihtua yang menjadi teladan bagi saya

Kedua orang tua saya adalah teladan yang baik bagi saya dan untuk saya ikuti hingga saat ini. Mereka sering kali mengingatkan saya dan keluarga saya lainya bahwa hidup adalah anugrah dan kebebasan. Kebebasan yang dibatasi oleh aturan agama dan sosialndan menjungjung tinggi martabat sosok makhluk yang sempurna sebagai manusia.

Demikian partisipasi saya dalam kontes minggu penutup Steemit Engagemen Challange Season 8 bertema How do I want to grow old? yang diselenggarakan oleh komunitas Steemil Health.

Terima kasih atas kesempatan besar ini serta atas singgahan rekan steemian! Saya juga mengundang rekan saya lainnya yang akan memberikan kontribusi terbaik! Yaitu Bapak @kouba01 @afrizalbinalka @muzack1 dan @fantvwiki


Referensi:

Regards
@ridwant

IMG_20230225_155902.jpg
support @pennsif.witness
Klik disini

Sort:  
 last year 

Hello friend, thank you very much for your entry, old age is something that could scare many people, but I have always thought that it is part of life, of our cycle, it is one more stage and we must prepare ourselves in the best way to reach it healthy and energetic.

Greetings, have a great day. Don't forget to support other users with your vote and quality comment.

This publication was scanned with this tool (https://openai-openai-detector.hf.space/) to detect the use of AI in the content and the results obtained were:94.60% Real.

Description❌ ó ✅Score
steemexclusive1/1
Plagiarism Free1/1
BOT Free1/1
Status Club1/1
Voting CSI1/1
Post quality3/3
Markdowns2/2
Total:10/10
Date of verification:05/04/23

Image.png

image.png

 last year 

Terima kasih banyak @franyeligonzalez , atas sambutan menarik dan verifikasi anda, semoga masa tua menjadi masa akan yang indah dan menyenangkan bagi kita semua.

Hello @ridwant! I really enjoyed reading your post on how you want to grow old. It's great to see that you want to live a healthy and active lifestyle and take care of your physical and mental health. Your focus On Continuing To learn and develop New skills is Also admirable & i agree that staying curious and engaged With the world is important For maintaining a youthful mindset. Your post is a reminder that we can Approach aging with grace and positivity & that it is never too late to pursue our passions and dreams.

 last year 

Benar seperti perkataan anda kawanku! Pola pikir untuk awet muda penting, disanalah akan melahirkan motivasi untuk kreatifitas di usia tua. Terima kasih atas singgahan anda dan komentar menarik ini.

Terima kasih undangan ini saya akan segera menyelesaikan topik tersebut!

Anda sudah menjelaskan masa tua yang begitu indah dan saya sangat menikmati dari poin di atas. Dalam perjalanan umur kita tidak dapat menghentikan bola takdir yang terus berjalan hingga tampa menyadari bahwa umur terus bertambah seiring berjalannya waktu dan tidak dapat menolak tentang ini.

Semua perubahan akan terjadi disaat usia sudah kelanjutan akan tetapi di masa inilah kita untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi proses perubahan yang terjadi.

Semua penjelasan Anda sangat detail, semoga Anda akan menikmati masa-masa tua ini 😊

 last year 

Terima kasih kanda feedback serta komentar positif ini. Kami akan menanti partisipasi menarik kanda di tantangan ini.

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

You mentioned that you strive to maintain a sense of satisfaction in life and continue learning from others as you age. I think those are excellent goals to have, as they can contribute to a fulfilling and meaningful life. You have written very well my friend. I especially liked your thumbnail image. I wish you good luck in the contest! Plus, I've also participated.😊

 last year 

Untuk saat ini hanya itu yang terpikirkan sebelum kita terparkir di suatu tempat. Dengan berpikir positif dan tetus berusaha berbuat baik adalah hal yang sangat adil. Sungguh senang anda telah datang dan memberi komentar positif ini untuk postingan saya. Terima kasih kawanku.

Dear @ridwant sir,
You mention two important tips for your old age which are physical and mental health. These things play a very important role in the aging process. And it's really admirable that you have expressed your desire to be an independent parent by taking these tips. I like your perspective. Thank you very much sir for your publication.

 last year 

Saya akan berusaha memenuhi benerapa tips untuk mendapatkan mas tua saya yang aktif dan produktif baik secara fisik maupun mental, InsyaAllah saya selalu berdo'a kepada yang maha kuasa untuk mendapatkan hal ini jika saya diberi umur panjang oleh Allah SWT.

Terima kasih atas komentar positif anda Ibu @shiftitamanna

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 61968.29
ETH 2501.95
USDT 1.00
SBD 2.66