Steemit Engagement Challenge Season8 Week1: My learning during the pandemic

Steemit Engagement Challenge Season8 Week1: My learning during the pandemic

jpg_20230301_115755_0000.jpg

Hello steemians apakabar nya hari ini tentu baik - baik saja bukan ? Semoga saja hari - hari kalian selalu heppy fun and sehat selalu yach....

Covid - 19 yang melanda seluruh dunia sejak tahun 2019 sampai dengan sekarang masih saja menghantui masyarakat dunia, semua orang merasakan dampak yang di akibatkan oleh pandemi virus covid -19 ini. Dampak yang ditimbulkan bukan hanya persoalan kesehatan saja namun merambah sampai ke berbagai bidang termasuk bidang sosial, budaya dan ekonomi secara keseluruhan.

Akibat dari pandemi ini juga dapat memciptakan inflasi yang luar biasa di setiap negara sehingga terjadi kepanikan diberbagai sendi kehidupan, banyak terjadi PHK dimana - mana sehingga konstruksi ekonomi hampir semua negara porak - poranda. Dalam menghadapi pendemi ini banyak orang mencari jalan keluar agar pandemi ini bisa di atasi dan segera bisa hilang di muka bumi ini.

Apa yang Anda anggap sebagai pelajaran utama yang Anda pelajari dari pandemi?

Dari pandemi yang saya alami banyak hal yang menjadi pembelajaran yang dapat di ambil dalam menjalani kehidupan ini. Banyak orang tidak siap dengan pandemi yang melanda khusus nya daerah saya yakni sebuah provinsi di Indonesia yang paling ujung pulau sumatra yaitu provinsi aceh. Aceh merupakan daerah yang tidak terlalu parah terjangkit virus corona namun walaupun demikian tetap saja mempunyai dampak yang luar biasa diluar kendali.

Dari apa yang telah terjadi di masa pendemi dapat kita ambil hikmahnya diantara nya adalah

  • Penting nya menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit

  • selalu bersyukur dan tidak lupa akan sang khaliq, pandemi ini juga bagian dari cobaan yang diberikan kepada manusia sebagai teguran karena banyak manusia sudah melupakan ilahi nya.

  • selalu siaga dalam menghadapi bencana sehingga jika terjadi sesuatu ada kesiapan dalam menghadapinya

  • membuat management keuangan sebagai antisipasi keterpurukan ekonomi.

Apakah Anda kehilangan keluarga atau teman karena pandemi? Bisa Anda ceritakan tentang hal itu?

Seperti yang saya uraikan di atas bahwa pandemi yang melanda di daerah saya tidak parah secara penyakitnya bahkan bisa di bilang di kecamatan saya kasus nya hanya beberapa orang saja dan itu pun tidak sampai meninggal dunia dan jika di persentasikan kasusnya hanya 1 sampai 2 persen saja.

Alhamdulillah keluarga dan kerabat saya tidak ada yang tertular penyakit pandemi corona ini sehingga kami aman - aman saja. Sedangkan teman saya baik yang di daerah saya maupun di luar daerah semuanya alhamdulillah tidak ada yang terjangkit dan bisa dibilang untuk teman - teman saya kasus nya nihil.

20221231_114341.jpgAnak - anak bisa berlibur kepantai pasca pandemi
Apa momen tersulit selama pandemi?

Pandemi ini telah merusak tatanan ekonomi secara keseluruhan, jadi hal yang saya alami adalah keterpurukan ekonomi saya dimana dalam beberapa tahun selama pandemi banyak pekerjaan yang hilang sehingga sudah pasti berdampak pada pendapatan saya untuk menghidupi keluarga.

Hal lain yang membuat saya dan mungkin bagi orang lain juga adalah ketika pandemi terjadi saat diberlakukan PPKM atau pembatasan dalam berinteraksi sosial dimana langkah kita di batasi mau pergi kemana - mana sudah pasti tidak akan bisa kita lakukan. Hal ini membuat kita seperti di penjara di rumah sementara saya tipe orang yang paling tidak tahan berlama - lama di rumah.

Setelah semua proses itu, apakah Anda lebih menghargai kesehatan Anda?

Bagi saya pribadi masalah kesehatan merupakan hal utama jadi setelah dan sebelum pandemi bagi saya kesehatan itu tetap harus dihargai dan dijaga dengan baik. Karena ada pepatah yang mengatakan "Jaga lah sehat mu sebelum datang sakit mu" karena penyakit itu lebih baik mencegah dari pada mengobati kalau sudah sakit maka butuh ptoses yang lama untuk sembuh maka hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan agar jangan sampai sakit.

Apakah pandemi memengaruhi keuangan Anda secara positif atau negatif? Bagaimana Anda mengatasinya?

Semua orang tetap berpengaruh terhadap keuangan namun ada juga yang arah nya ke positif dan ada pula negatif, saya sendiri mengalami hal yang negatif dimana dengan pembatasan dan daya beli rendah secara otomatis pendapatan saya berkurang. Apalagi saya kadang - kadang ada pekerjaan konstruksi yang sayabdapat kan dari pemerintah melalui perusahaan saya nah ketika pandemi ini datang maka anggaran pemerintah banyak yang rekofusing ke anggaran penanganan dan pencegahan covid - 19 itu sendiri sehingga anggaran untuk kegiatan infrastruktur banyak di alihkan.

Dalam keadaan pandemi ini juga banyak orang yang di untungkan secara keuangan bahkan ada oknum tertentu yang memanfaatkan keadaan ini untuk meraih keuntungan pribadi nya tapi ya semua itu kembali lagi kepada masing - masing kita.

Dalam beberapa tahun ini selama pandemi saya mengatasi nya dengan memperbanyak kegiatan saya di dunia pertanian dimana kegiatan nya dilakukan sendiri tanpa ada saling ketelibatan dengan orang banyak. Misalkan saya fokus di pertanian padi saya dan saya mendapatkan penghasilan dari itu untuk menghidupi keuarga saya.

Kesimpulan

Dengan kejadian ini banyak hal yang menjadi pengalaman dan pembelajaran yang dapat kita ambil maka dari itu kita meski kita menjadi kan pengalaman dan pembelajaran ini sebagai landasan dalam menghadapi setiap pandemi yang akan datang. Namun dalam hal ini banyak pula orang yang tidak percaya dengan pandemi apalagi orang - orang tersebut tidak mengalaminya.

Terima kasih buat semuanya mungkin inilah ringkasan yang dapat saya uraikan dalam kontes ini semoga ada manfaat bagi kita semua nya. Dan terima kasih juga buat semua steemians yang sudah singgah dan membaca postingan saya pada platform steemit ini.

Terima kasih buat para pengelola komunitas STEEMIT HEALTH
@nadiaturrina (Administrator)
@josevas217 (moderator/organizer)
@franyeligonzalez (Moderator)
@steemdoctor1 (Moderator)
@dexsyluz (Moderator)

Salam hormat dari saya @ishakaceh
Achievment1

Sort:  

TEAM 5 CURATORS

This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts anywhere and with any tags.
Curated by: @waterjoe

Thank you very much mr @waterjoe for support my post

 last year 

Hello friend, thank you very much for your entry, certainly the pandemic left us many lessons, among them to value more our life and that of our loved ones, on the other hand, that everything can change in a matter of days so we must learn to better manage our personal finances. I am glad you did not lose any family members.

I remind you to always put the source of your images, that is very important. Don't forget to support other users with your vote and comment. Regards.

Description❌ ó ✅Score
steemexclusive1/1
Plagiarism Free1/1
BOT Free1/1
Status Club1/1
Voting CSI1/1
Post quality2/3
Markdowns2/2
Total:9/10
Date of verification:01/03/23

Image.png

image.png

welcome back my friend
thank you for verifying my post

 last year 

pandemi tentunya memberikan musibah yang sangat luar biasa bagi kita tetapi kita harus tabah dan juga tetap kuat untuk menjalani kondisi seperti itu

Iya tepat sekali buk
Terima kasih ya atas kunjungannya

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57383.94
ETH 2450.29
USDT 1.00
SBD 2.40