SEC | S11W3 - "Discipline"steemCreated with Sketch.

20230810_212958_0000.pngcreated on canva

Halo Sahabat..

Senang menyapa kalian semua di minggu ke-3 Steemit Engagement Challenge. Saya akan mencoba berpartisipasi pada tema kali ini dengan menuliskan beberapa pandangan saya mengenai disiplin. Sebelumnya saya mengajak @fantvwiki @teukuipul87 dan @paholags untuk menuliskan beberapa pandangan juga.

👨‍👩‍👧‍👦 What is Discipline?


Sekilas jika kita membayangkan kata disiplin, kebanyakan dari kita terbayang akan sebuah aturan yang menuntut kita untuk melakukan sesuatu demi tercapainya sebuah tujuan.

Namun saya berpikiran makna disiplin kurang tepat jika diartikan seperti itu. Disiplin itu menurut saya bukanlah mengekang (strict). Disiplin adalah kesadaran kita untuk mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Dapat dikatakan disiplin itu bagaikan membuat tantangan kepada diri kita sendiri untuk mengikuti pola dan aturan yang ada. Tentunya ada tujuan yang ingin kita capai dari disiplin tersebut.

20230810_222704_0000.pngCreated on canva

Saya akan memberikan contoh kecil. Misalnya kita berkeinginan untuk memiliki pola hidup yang bagus. Kita akan menantang diri kita sendiri untuk tidur tepat waktu, makan tepat waktu, olahraga teratur dan sebagainya. Harapannya jika kita membiasakan hal-hal tersebut, kita akan mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Oleh karena itu saya pikir disiplin itu merupakan kebebasan bagi kita untuk mengikuti pola dan aturan yang ada. Yang dimaksud mengekang adalah pengertian dari aturan. Sedangkan disiplin tergantung pada sikap kita untuk menanggapinya. Jika ingin disiplin maka lakukan, jika tidak maka abaikan.

👨‍👩‍👧‍👦 Have you been disciplined before or have you ever disciplined someone?

Setiap keluarga tentu memiliki aturannya sendiri. Dan sudah menjadi hal yang wajar jika kepala dalam sebuah keluarga menginginkan untuk setiap anggota keluarga mematuhi aturan tersebut.

IMG20190605095654.jpg
my family

Saya memandang aturan tersebut sebagai bentuk didikan dari orang tua saya, bukan sebagai mendisiplinkan. Para orang tua memang sudah harus mendidik anak-anak mereka agar tetap berada di jalan yang bagus dan lurus. Karena itu merupakan salah satu indikator keberhasilan mereka sebagai orang tua.

Tentang mendisiplinkan orang lain, saya belum pernah memiliki pengalaman tersebut. Namun saya pernah membuat aturan yang harus diikuti oleh orang lain. Itu terjadi sekitar 2 tahun yang lalu saat saya dipercaya untuk mengelola sebuah cafe. Saya membuat aturan yang mengikat bagi para pekerja lainnya. Saya pikir itu bukan bagian dari mendisiplinkan.

👨‍👩‍👧‍👦 Do you consider discipline as love or hatred despite how it is given?

Mungkin maksud dari judul di atas lebih merujuk pada mendidik. Dan saya berasumsi bahwa disiplin yang dimaksud adalah dalam konteks keluarga.

Dalam beberapa keluarga memang kerap kita jumpai strict parents, yaitu pola asuh keluarga yang mengekang. Tapi saya selalu yakin jika itu dalam ranah keluarga, itu merupakan bentuk kasih sayang. Terlepas bagaimanapun cara mereka mengekspresikannya. Karena saya percaya setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya.

👨‍👩‍👧‍👦 Do you think discipline is beneficial to kids?

Saya asumsikan disiplin = mendidik.

Mendidik anak tentu memberikan manfaat kepada mereka. Dan saya pikir sudah pasti setiap orang yang mempunyai anak pasti akan mendidik mereka dengan baik, mengarahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang benar, yang nantinya mereka akan mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang bagus dan positif. Tentunya itu berguna bagi masa depan anak-anak mereka.

👨‍👩‍👧‍👦 Your personal advice to those who give discipline and to those who receive it.

  • Bagi yang mendidik / mendisiplinkan
    Mendidik ataupun mendisiplinkan alangkah baiknya dengan menjauhkan kekerasan dalam prosesnya. Terkadang kekerasan memang memberikan kepatuhan yang ampuh namun akan lebih bijak jika kita menggunakan pendekatan yang lembut.

  • Bagi yang didisiplinkan
    Selalu percaya bahwa dibalik proses pendisiplinan ada tujuan yang bagus. Itu membuat kita memiliki integritas dan menjadi orang yang bertanggung jawab. Meskipun dalam prosesnya terasa berat, abaikan saja dan cukup anggap saja itu hanyalah bagian dari proses.

Terimakasih kepada @steemkidss yang telah menyelenggarakan SEC | S11W3 - "Discipline". Saya tidak sabar menunggu kontes menarik lainnya yang tidak kalah menarik.

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA POSTINGAN INI

Best Regards

@lil.albab

About me

20230607_044335_0000.png

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

¡Saludos amigo!😊

Ser disciplinados es un don extraordinario que adquirimos a temprana edad por lo que, es indispensable que hagamos parte de nuestra vida este hábito y al mismo tiempo, enseñas a todos los que están en nuestro entorno que, una vida disciplinada nos lleva al éxito.

Te deseo mucho éxito en la dinámica, un fuerte abrazo💚

Gracias amigo por tu respuesta. Creo que la disciplina formará un buen carácter en un niño. Como usted ha dicho, es algo bueno si lo aplicamos a los niños desde una edad temprana.

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65663.89
ETH 2670.06
USDT 1.00
SBD 2.91