SEC-S15W2 | Beware of Bullying

in STEEM INDONESIA4 months ago (edited)
Hello STEEMIANs

Steemit Engagement Challenge-S15W2

Bullying merupakan hal yang biasa terjadi dalam interaksi sosial di kehidupan yang kita jalani ini. Terkadang bullying yang dilakukan oleh seseorang terjadi tanpa disadari, bahkan bullying bisa dilakukan oleh orang terdekat seperti keluarga, namun ternyata dampak dari bullying sangat berpengaruh terhadap psikologi orang yang menerima bullying tersebut. Bahkan terkadang bullying dapat menggangu kesehatan mental seseorang.

Hari ini saya akan berpartisipasi lagi dalam kontes SEC yang sudah masuk season 15 minggu ke 2. Untuk itu saya juga akan mengajak teman-teman steemian untuk bergabung di sini @sduttaskitchen @lirvic @dasudi @marito74

During your life, have you ever received bullying? If so, in what form? physical, verbal or through cyber bullying. Provide your review?


Screenshot_20240128-205254_Pinterest.jpg

image source

Tentu saja selama ini saya pernah menerima perundungan, perundungan yang pernah saya alami adalah dalam bentuk verbal saya ingat saat itu ketika saya berada di sekokah dasar dan saya oernah beberapa kali pindah sekolah karena mengikuti orang tua saya yang pindah bekerja, ketika jadi siswa baru saya selalu mengalami perundungan dari teman-teman sekolah yang iseng dan usil kepada siswa baru seperti saya.

Awalnya perundungan yang saya terima membuat saya nerasa tidak nyaman bahkan membuat saya resah dan enggan pergi ke sekolah. Namun oangtua saya selau memberikan semangat dan motivasi agar saya berani menghadapi orang-orang yang usil dan sekain itu orang tua saya juga menanamkan rasa percaya diri kepada saya. Sehingga saya merasa tenang menghadapi persoalan tersebut.

Lama kelamaan karena sudah terbiasa pindah sekolah dan sering menjadi siswa baru saya sudah kebal dari perundungan verbal tersebut. Malah mereka yang melakukan perundungan ternyata ngaku naksir ke saya.. hahah..😁🤭

Demikianlah terkadang perundungan terjadi bukan untuk menyakiti seseorang, namun karena ingin cari perhatian dan ingin mendekati seseorang namun salah caranya.

How do you equip your children to avoid bullying either at school or in their social environment.

IMG-20230922-140007.jpg

Sebagai seorang ibu yang memiliki dua orang putri saya selalu berusaha memberikan motivasi pada kedua putri saya agar percaya diri dan berani menghadapi hal-hal yang menganggu kenyamanan mereka baik di sekolah maupun di lingkungan pergaulannya.

Saya juga membiasakan sikap terbuka pada anak-anak saya, agar mereka selalu mau bercerita tentang apa yang nereka alami dan rasakan. Jadi ketika ada hal-hal yang tidak menyenangkan yang menggangu mereka seperti perundungan saya bisa langsung tahu dan bisa membantu mencari solusinya.

Selain itu saya selalu mengarahkan agar kedua putri saya selalu berfikir positif dan tidak gampang menyerah dalam mengatasi masalah terutama jika mereka mengalami perundungan. Karakter diri yang kuat, dan selalu berfikir positif akan mudah menghalau aksi perundungan.

Give your opinion on how to overcome bullying in form physical, verbal or through cyber bullying

Sebagai seorang guru kami diminta untuk mengawasi masalah perundungan yang terjadi di sekolah. Bahkan masalah perundungan ini sudah ada program dari pemerintah yang bekerjasana dengan pihak UNICEF untuk mengatasi masalah perundungan.

Adapun nama program tersebut adalah "Roots" yaitu program pencegahan perundungan berbasis sekolah.Program ini dijalankan UNICEF sejak tahun2017 bersama pemerintah indonesia, lembaga perlindungan anak, akademisi dan lembaga pendidikan di indonesia termasuk sekolah.


IMG-20231128-160038.jpg

IMG-20231128-161053.jpg
merekrut siswa dan memberikan pelatihan sebagai agen perubahan pada program roots

Target dan fokus utama dari program tersebut adalah untuk mengatasi masalah perundungan yang terjadi di sekolah dengan cara melibatkan teman sebaya. Dimana siswa-siswa yang populer dan berpengaruh disekolah akan dirrekrut untuk menjadi agen perubahan bagi tindakan perundungan yang terjadi disekolah, dan melalui mereka diharapkan akan memberikan dampak positif bagi teman-temannya.


IMG-20231128-163037.jpg
bersama agen perubahan untuk penanggulangan perundungan di sekolahku

Agen perubahan diberikan pelatihan terlebih dahulu tentang mengatasi perundungan dan bahayanya, mereka juga juga harus memiliki kepedulian serta kepekaan yang tajam terhadap kasus perundungan yang terjadi di sekolah. Melalui agen perundungan tersebut dilakukan aksi kampanye anti perundungan terhadap teman-temannya di sekolah.

Upaya lain yang dapat dilakukan disekolah adalah dengan cara memajang poster anti perundungan, memberikan petuah dan tausiah terhadap pelajar tentang bahayanya melakukan perundungan.

Catatan: Semua gambar yang tidak menggunakan informasi sumber adalah milik saya sendiri dan diambil dengan menggunakan kamera smartphone Samsung Galaxy A31

Itulah bagian saya hari ini sesuai dengan tema kontes. Semoga setiap usaha yang kita lakukan menuai kesuksesan. Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan kontes saya hari ini. Salam sukses dan sampai jumpa lagi


Warm Regards,

@sailawana

About me


Sort:  
 4 months ago 

@ridwant

Another missing moderation comment after 6 days !

#boomingmonitoring

 4 months ago 

Thank you for this notification @steemcurator01. Hopefully in the future no posts will be missed for moderation.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.


💯⚜2️⃣0️⃣2️⃣4️⃣ This is a manual curation from the @tipu Curation Project.
Also your post was promoted on 🧵"X"🧵 by the account josluds

@tipu curate

 4 months ago 

Hello ma
I take my siblings as my children and I always advise my them to mind their business in school at all cost. If they get bullied verbally the way I was, I don't think they can ever withstand it the way I did.

Verbal bullying is the worst because we can't see it on the victim's face but when someone get's bullied physically, they received injuries that other people can see.

 4 months ago 

Thanks for stopping by..
Have a good day

TEAM 4

Congratulations! This post has been voted through steemcurator07. We support quality posts and comments!
Curated by : @radjasalman


Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 69034.81
ETH 3815.36
USDT 1.00
SBD 3.50