The Diary Game : 10/01/2024 || Menyambut Tradisi Tahunan "KENDURI ADAM" Perayaan Adat Sebelum Panen Padi Bagi Petani

in STEEM INDONESIA8 months ago

Hi Everyone..?

Pelaksanaan dan Merayakan Tradisi Adat ialah suatu peristiwa yang harus di lakukan oleh sekelompok masyarakat didalam desa, cara ini salah satu pertanda bahwa kami mensyukuri atas pemberian nikmat dan kelimpahan harta dari maha kuasa, ALLAH SWT. sebagai hambanya kami mempercayai ini dengan merayakan tradisi adat turun-menurun berupa doa dan shalawat ke pada nabi secara berjamaah dan kelompok masyarakat menyelesaikannya dengan cara beribadah.

Seperti salah satu proses tradisi tahunan yang sering dirayakan oleh masyarakat petani desa, Tempat saya tinggal. Hal ini dilakukan untuk memberkati rezeki dari hasil sawah hingga tradisi ini di manfaatkan oleh masyarakat sebelum panen padi di hasilkan. Jika di desa saya di sebut itu sebagai tradisi "KHENDURI ADAM" acara ini di lewati dengan beberapa tahapan doa hingga menikmati sedekah masyarakat tani berupa kenduri "Nasi Bungkus" sebagai hadiah untuk para samadiah dilangsungkan dari segi tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh imam besar balai desa.

Setelah beberapa hari mereka mengatur rencana ini, hingga akhirnya saya bisa hadir di rencana tradisi ini pada hari Rabu (10/01/2024) sebagai anggota samadiah yang di laksanakan di dalam desa Teungoh, tempat saya tinggal, tepatnya di meunasah sebagai tempat ibadah.

IMG_20240110_105809_592.jpgIMG_20240110_112055_527.jpg
Menyambut Adat Tahunan "KHENDURI ADAM" Di Meunasah, Tradisi Petani Sebelum Panen

Pagi ini aku awali dengan rutinitas kesibukanku setiap hari untuk membuka kios, berjualan seperti biasa. Tepatnya jam 10:30 setelah mendengar pengumunan di meunasah, saya bersiap-siap dan merapikan diri lalu berangkat ke meunasah yang ada di ujung jalan gang desa saya tinggal dengan mengendarai sepeda motor meskipun tidak jauh dari rumah untuk menghadiri salah satu penyambutan tradisi atau adat yang akan berlanjut di tahun baru ini yaitu tradisi berkelanjutan masyarakat petani sebelum panen padi, Kenduri ADAM.

Saya datang lebih cepat, sebelum para tamu lainnya datang. Maklum, saya terbiasa menjaga prinsip kedisplinan saya tentang waktu dan agar tidak ketinggalan menyambut tradisi ini dengan baik. Sambil menikmati suasana ademnya meunasah, para tamu dari tetangga dan masyarakat desa tiba dan duduk dengan rapi hingga kami melangsungkan penyambutan ini dengan upaya doa samadiah dan tahlil yang di pimpin oleh iman besar desa Blang hingga aparatur lainn juga. Kami selaku jamaah samadiah turut memeriahkan tradisi masyarakat petani hingga selesai.

IMG_20240110_115737_983.jpgIMG_20240110_120406_519.jpg
Menunggu Pembagian Nasi Dan Menikmati Nasi Bungkusan Daun Pisang, Milikku Ikan Tuna

Beberapa menit berselang, setelah lantunan doa dan shalawat kepada nabi terlewati dengan baik. Kini saatnya pembagian sedekah dari masyarakat tani berupa nasi yang di kemas dengan daun pisang, cara lama membuat aroma nasi begitu menggoda. Di dalam bungkusan nasi sudah tertera ikan sebagai lauk yang bercampur dengan nasi, cara ini lebih mudah para jamaah samadiah untuk menikmati sedekah agar semua kebagian. Pembagian terus berurutan hingga tiba di urutan saya.

Tanpa menunggu lama aku secepatnya membuka bungkusan nasi milikku ini, ternyata punyaku berisi ikan tuna sedikit berbeda dari pilihan jamaah samadiah di samping aku, meskipun itu aku sangat suka dengan pilihan sendiri. Ini waktu yang tepat untuk aku nikmati sekaligus melengkapi makan siangku mengisi lambung tetap kenyang. Selepas itu aku kembali pulang kerumah dan berjualan lagi. Tidak lama suara azanpun terdengar lalu aku melaksanakan shalat dhuhur empat rakaat.

IMG_20240110_150348_474.jpg
IMG_20240110_150725_179.jpgIMG_20240110_150843_849.jpg
Mengganti Oli Sepeda Motor Di Bengkel Aldi, Bengkel Langganan Geudong

Jam 14:30wib, aku pergi ke bengkel langganan yang ada di geudong untuk menganti oli, setelah mengingat ini hari ke berapa aku gunakan, kemungkinan saya juga telah melebihi pemakaian oli dari hari pertama aku tera. secepatnya aku pergi mengganti oli agar perawatan mesin terjaga dengan baik.

Tidak jauh dari rumah, 10 menit jarak tempuh saya durasikan hingga tiba di bengkel langganan dan bertemu dengan karywan, ganti oli. Saat tiba di bengkel ini, masih mengingat kesalahan lama tentang pemakaian oli tidak terjaga dengan teratur membuat sepeda motor aku mengalami kerusakan parah beberapa bulan lalu. Untuk antisipasi ke kejanggalan ini agar tidak terulang lagi saya harus menjaga oli tetap terisi.

Oli salah satu pelumas yang di butuhkan oleh setiap mesin agar kinekerja berjalan dengan mulus,. Disini mempunyai berbagai produk oli untuk pengguna sepeda motor, tentunya saya memilih menggunakan oli bermerek federal, seperti oli sebelumnya saya gunakan cukup efisien kepada mesin suprax125R pemakaian jangka panjang. Setelah mengisi oli dan membayar upah itu lalu saya kembali ke kios, melayani Palangan.

IMG_20240110_175129_381.jpgIMG_20240110_175229_478.jpg
Bersantai Dan Mengobrol Dengan Pak Syafi'i, Tukang Siomay Keliling

Setelah mandi dan menyelesaikan shalat asar. tubuh jadi segar, menjaga badan tetap wangi agar tidak membuat para pelanggan pada lari. Biasanya saya setiap sore banyak pelanggan yang datang ingin membeli jajan dan pengguna jalan mengisi bahan bakar.

Lagi enakan santai di gubuk bambu sambil menikmati suasana di sore hari, bapak syafii datang untuk mengisi bahan bakar dan berjualan di pinggir jalan. Bapak syafii salah satu pelanggan setia saya yang suka nongkrong di gubuk bambu saya sambil berjualan menghabiskan dagangannya seperti yang saya ceritan sebelumnya.

Kami menyelesaikan kesibukan kami masing-masing. Pak Syafi'i sibuk melayani pelanggannya yang sedang memesan eskrim dan siomay bakar. Kedatangan pak Syafi'i membuat saya senang karena bisa saya jadikan teman untuk mengobrol. Semakin hari semakin larut gelap, pak Syafi'i pamit untuk pulang karena kendaraan pak Syafi'i tidak mempunyai lampu depan tidak ingin pulang malam, dan saya sibuk memuat ulang barang-barang kedalam karena ingin menutup kios sebelum azan magrib di komandangkan.

IMG_20240110_210542_642.jpgIMG_20240110_204246_636.jpg
Melayani Pelanggan, Besty-Besty Cantik Anak Tetangga

Di malam hari tenaga semakin berenergi setelah shalat hingga menyertai makan malam bersama sang istri dengan lauk ikan tuna rendang, beberapa hari ini saya sering makan ikan tuna, apakah besok pagi ikan tuna lagi, rontok ini gigi😀 karena penyebab pedagang ikan keliling selalu membawa ikan itu dengan harga sangat murah dari harga dasarnya. Iya begitulah kira-kira.

Tetap percaya diri, usai itu saya kembali aktif berjualan melayani pelanggan seperti biasa. Seperti yang saya uraikan di hari sebelumnya. Berjualan berlangsung begitu lama hingga jam 20:30 anak-anak desa mulai pulang dari pengajiannya dan lansung menuju memilih jajan di kios saya, mereka suka dengan barang-barang yang saya tawarkan. Mereka sangat lucu saat memilih jajan bahkan tidak ingin uang receh menjadi kembaliannya. Why, apa salahnya.

Sekian banyak dari mereka, ada beberapa dari mereka suka eksis dan percaya diri saat memilih jajan, bahasa animasi juga di ucapkan. Aku sedang memegang ponsel lalu mereka menyuruhku untuk mengambil gaya posenya, sangat percaya diri. dan aku menunjukkan tampilannya hingga membuat mereka tertawa. Iya beginilah suasana malam menjadi tenang ketika mereka datang tidak membuat aku kesepian, banyak bahan candaan? besty-besty itu yang sering di sebutkan. Tingkah lucu Anak-anak jaman sekarang, ada-ada Aja😀

Sampai jumpa, salam @muksa-_-

TENTANG SAYA

Sort:  
Loading...
 8 months ago 

Semoga apa yang bapak doakan di terima oleh allah.
Dan semoga petani di tempat bapak di beri rezeki yang melimpah amiinnn.

 8 months ago 

Amin,

Dan semoga petani di tempat bapak di beri rezeki yang melimpah amiinnn.

Setelah ini tidak ada lagi burung Pipit. Dan terima kasih atas kunjungannya teman

 8 months ago 

Hahahaha iya sama sama temanku. Sukses selalu buatmu

 8 months ago 

Pelanggan nya, cantik-cantik dan imut, semoga usaha nya semakin sukses

 8 months ago 

Hehe. Nyindir keponakannya ya. Hahah


💯⚜2️⃣0️⃣2️⃣4️⃣ This is a manual curation from the @tipu Curation Project.
Also your post was promoted on 🧵"X"🧵 by the account josluds

@tipu curate

 8 months ago 

Thanks sir

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57527.13
ETH 2375.07
USDT 1.00
SBD 2.42