THE DIARY GAME : Mengisi akhir pekan dengan berbagai kesibukan di hari Minggu - 21 Mei 2023.

in STEEM INDONESIAlast year

Bride and Groom (9).gif

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Harapan saya, Hari ini hari yang terbaik dari hari-hari sebelumnya.
Mengawali pagi ini dengan rutinitas sebagai makhluk yang mengimani tentang keberadaan sang pencipta yang telah melimpahkah rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Saya memunajat dengan rasa syukur kepadanya atas apa yang saya telah dilimpahkan kepada saya hari ini dan hari-hari sebelumnya.

WhatsApp Image 2023-05-21 at 14.33.28.jpeg
Membantu pemilik rumah dalam mempersiapkan sajian untuk hari Seunujoh

Bangun pagi ketika suara Azan sayup-sayup terdengar dari pengeras suara yang ada di Mesjid di lingkungan saya. Bergegas membersihkan badan ini yang sedang bernoda dan melanjutkan dengan menunaikan ibadah shalat Subuh. Ada satu agenda yang harus saya lakukan di luar usaha toko saya pada pagi ini. Ini tentang hubungan sosial sebagai makhluk hidup yang saling membutuhkan. Tetangga saya yang beberapa hari lalu mengalami kemalangan dengan meninggalnya ayah tercintanya hari ini sampai di hari ke tujuh. Kami menyebut hari tersebut sebagai hari Seunujoh(1)

Ulasan
(1)

Tentang Budaya Seunujoh di Aceh Seunujoh adalah berdoa pada hari ketujuh meninggalnya seseorang. Itu ritual islami yang berlaku di Aceh, sejak Islam dibawa oleh kafilah dakwah utusan khalifah, dalam beberapa periode. Kafilah tersebut berpusat di Hadramaut, Yaman, melewati Baghdad, Persia, India, dan Aceh. #portalsatu.com

Untuk menunjang terlaksananya acara tersebut. Pemilik rumah sudah menyediakan dua ekor kambing untuk kami masak sebagai menu hidangan para tamu. Saya sebagai salah satu warga yang hidup bertetangga, Hari ini saya akan ikut membantu mempersiapkan segala sesuatunya.

IMG_20230509_122742.jpg

Dilain waktu, Saya akan terlibat dalam salah satu prosesi yang paling menyenangkan dalam kehidupan seorang pria di Aceh hari ini, Yaitu Intat Linto Baro(2)

Ulasan
(2)

Intat Linto Baro (Adat Perkawinan Aceh) Intat Linto Baro atau dalam bahasa indonesianya dapat berarti (intat ; antar, linto ; pengantin laki-laki, baro ; baru). Jadi Intat Linto Baro dapat bermakna mengantar pengantin laki-laki baru ke kediaman Dara Baro (pengantin wanita baru). Intat Linto Baro merupakan bagian dari rangkaian prosesi perkawinan yang dilakukan setelah akad nikah atau ijab kabul. Dalam pandangan masyarakat Aceh, belum sah rasanya pernikahan sebelum melakukan tradisi yang satu ini. #steemit.com

IMG_20230509_123235.jpgIMG_20230509_120653.jpg

Acara ini dimulai dengan berbagai persiapan semenjak pukul 10:30. Kami berangkat dengan rombongan menuju kediaman Dara Baro (pengantin wanita) yang berada di desa tetangga pada pukul 11:30.

Rombongan kami disambut secara meriah dengan iringan Tarian musik tradisional Serune Kalee(3). Dilanjutkan dengan penyerahan Idang dan Peuneuwoe(4) dan berbagai rangkaian acara lainnya yang sudah menjadi kebiasaan dalam kegiatan Intat Linto Baro. Tidak luput juga dengan menikmati Idang Meulapeh(5) yang merupakan rangkaian akhir dari kegiatan ini. Kami meninggalkan lokasi ini pada pukul 13:30.

Ulasan
(3), (4) dan (5)

(3)Serune Kalee merupakan isntrumen tradisional Aceh yang telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Musik ini populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tarian, penyambutan tamu kehormatan. Bahan dasar Serune Kalee ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk menyerupai seruling bambu. Warna dasarnya hitam yang fungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh. #acehprov.go.id
(4)Idang dan Peuneuwoe. Pada poin kedelapan ini upacara adat Aceh bernama Idang (hidang) dan Peunuwo yang mempunyai makna Pemulang adalah hidangan yang diberikan dari pihak pengantin kepada pihak yang satunya. Umumnya ketika Intat linto baro (mengantar pengantin pria), rombongan membawa Idang untuk pengantin wanita berupa pakaian, kebutuhan dan peralatan sehari-hari untuk calon istri. Dan pada saat Intat dara baro (mengantar pengantin wanita), #budaya-indonesia.org
(5)Sahabat steemian, apakah pernah mendengar Hidang meulapeh? Hidangan meulapeh merupakan hidangan khas adat aceh yang di hidangkan di depan pelaminan saat penerimaan tamu linto baro dan dara baro. #steemit.com

Tidak ada kegiatan lainnya disore hari ini, Terus berada di usaha toko saya hingga sore hari. Melayani dan terus melayani pelanggan yang datang silih berganti. Dan berkunjung ke platform dengan berbagai kegiatan didalmnya.

IMG_20230506_202710 (1).jpg

Putri kecil saya mengalami sedikit demam semenjak pagi tadi. Setelah menunaikan shalat Magrib, Malam ini saya membawanya ke klinik bidan prakter Mandiri untuk memeriksanya. Setelah pemeriksaan dan mendapatkan obat untuknya, Saya kembali ke rumah. Tidak ingin meninggalkannya dalam keadaan yang tidak baik, Saya berada dirumah hingga waktunya tidur malam ini.

Ini adalah kegiatan saya pada hari Minggu Tanggl 21 Mei 2023. Saya rangkum untuk anda semua dalam konten #thediarygame. Harapan saya, Anda semua membacanya dan mendukungnya.

Untuk Direksi dan Moderator komunitas STEEM INDONESIA,
@afrizalbinalka ADMIN Direksi Steem Indonesia
@ridwant ADMIN ♨️ Direksi Steem Indonesia
Selamat bekerja dan hari menyenangkan untuk anda.


Best regards

@f2i5

About me

Steemit profil.png

Sort:  

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.


Curated by : @ridwant

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58921.34
ETH 2593.61
USDT 1.00
SBD 2.43