The Diary Game, 15 Februari 2024: Seharian Memantau Hasil Pemilu

in STEEM INDONESIA6 months ago

Pencoblosan suara di Pemilihan Umum (Pemilu ) 2024 Indonesia baru saja usai pada 14 Februari 2024. Proses setelahnya adalah penghitungan dan rekapitulasi suara, sampai penetapan calon presiden/wakil presiden dan calon anggota legislatif terpilih.

IMG_20240214_182725.jpg Penghitungan suara di TPS gampong saya, Rabu sore (14/2). Foto-foto: dok. pribadi

Kamis pagi 15 Februari, sebagian TPS Banda Aceh dan Aceh Besar masih terpantau melakukan penghitungan suara. Panitia pemungutan suara, para saksi dan pengawas masih melakukan kerjanya sampai kelar.

Usai mengantar anak-anak ke sekolah, saya singgah sejenak di warung untuk ngopi. Usai memesan minuman kesukaan itu, hal pertama yang saya lakukan adalah membuka laptop dan mengakses sejumlah situs untuk memantau hasil sementara penghitungan suara.

Beberapa website yang saya pantau adalah kawalpemilu.org, infopemilu.kpu.go.id dan sejumlah situs lainnya yang menayangkan info hitung cepat hasil Pemilu 2024. Perhatian utama saya tertuju kepada hasil suara untuk calon presiden/wakil presiden.

ss Hasil rekap sementara 15022024_2100.jpg Memantau rekap suara di website KPU RI. sumber

Ada tiga pasangan calon presiden/wakil presiden yang telah dipilih warga Indonesia pada Pemilu 2024, mereka adalah; Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar (urut 1), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (urut 2), dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD (urut 3).

Selain mencoblos presiden/wakil presiden, warga Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih juga harus mencoblos anggota DPR RI, anggota DPD alias senator, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/kota. Tentunya sesuai daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Dari warung kopi, saya kembali ke rumah untuk melanjutkan pemantauan. Alasanya lebih tenang dari hiruk pikuk warung. Butuh fokus, karena pemantauan ini penting bagi saya untuk bahan analisis dalam menulis terkait isu-isu pemilu.

IMG_20240214_174952.jpg Penghitungan suara di TPS gampong saya, Rabu sore (14/2).

Saya kembali di depan laptop. Selain melihat perolehan hasil suara calon presiden/wakil presiden, juga melihat perolehan suara partai dan calon anggota legislatif, khususnya di Aceh. Di luar itu, saya juga memantau media sosial yang bersilewaran informasi terkait serba-serbi Pemilu 2024, dari ucapan selamat atas kemenangan hingga dugaan pelanggaran dan kecurangan.

Proses penghitungan suara masih panjang, belum dapat dipastikan siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Sesuai tahapan, pemungutan suara berlangsung pada Rabu 14 Februari 2024, selanjutnya penghitungan suara berlangsung sejak Rabu 14 Februari 2024 sampai Kamis 15 Februari 2024.

ss kawal pemilu.jpg Memantau rekap suara di website kawal pemilu. sumber

Kemudian proses rekapitulasi hasil penghitungan suara sejak Kamis 15 Februari 2024 sampai Rabu 20 Maret 2024. Proses panjang ini dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat pusat pemerintahan. Selanjutnya baru proses penetapan hasil pemilu.

Saya terus melakukan pemantauan dengan jeda-jeda, istirahat, salat dan makan. Praktis, hari ini saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Usai salat Magrib di masjid tadi, saya menyempatkan diri ngopi sejenak bersama anak, Arkan.

IMG_20240215_192959.jpg Ngopi malam sejenak bersama anak sebelum kembali ke laptop

Sampai menyelesaikan diary ini, saya masih di depan laptop untuk memantau penghitungan suara Pemilu 2024.

Salam literasi
@abuarkan

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 6 months ago 

Selamat datang di halaman komunitas Steem Indonesia:@abuarkan

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
steem.indonesia 10% (Opsional)
Support #burnsteem25
Club Status#club100
Voting CSI14.9
Discord Dereksi Steem Indonesia
afrizalbinalka#8136

Kind regards,
TIM STEEM INDONESIA

png_20230225_075727_0000.png

support @pennsif.witness
Klik disini

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.034
BTC 64116.01
ETH 2758.41
USDT 1.00
SBD 2.65