The Diary Game (Senin, 08 April 2024) Kewajiban Membayar Zakat Fitrah

in Steem Entrepreneurs2 months ago

سَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai sobat steemian semuanya dimanapun anda berada, bagaimana kabar anda hari ini? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Hari ini saya kembali membagikan aktivitas saya sehari-hari dalam The Diary Game.

IMG_8843.jpeg

Membawa sepeda motor ke doorsmeer untuk dicuci

Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, saya membawa sepeda motor yang sudah kelihatan kotor untuk dicuci. Saya membawanya lebih awal sedikit karena pengalaman tahun lalu, saya membawa sepeda motor tepat satu hari sebelum hari raya tetapi tukang doorsmeer tidak menampung lagi karena banyaknya orang yang mengantri ingin mencuci sepeda motornya. Belum lagi tukang doorsmeer menyelesaikan cucian ambal atau karpet milik orang yang dibawa beberapa hari yang lalu.

Saya menitip seoeda motor pada tukang doorsmeer dan akan saya ambil nanti setelah dicuci. Saya berinisiatif tidak menunggu sebab sedang dilakukan pencucian sepeda motor milik orang lain. Saya kembali ke toko usaha layanan jasa fotocopy dan penjualan alat-alat tulis untuk melayani beberapa pelanggan yang sudah menunggu dari tadi. Setelah beberapa saat beraktivitas di toko lalu saya pergi ke pasar daging untuk membeli sedikit daging sebagai topping membuat mie Aceh nantii sore untuk menu berbuka puasa.

Sebagaimana di ketahui bersama bahwa hari ini merupakan “Meugang” pertama menyambut lebaran. “Meugang” adalah istilah dalam bahasa Aceh yang berarti hari pemotongan hewan berupa lembu atau kerbau untuk dijual dagingnya menyambut puasa, hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Hari ini saya hanya membeli sedikit untuk dimasak dengan mie Aceh, sedangkan untuk besok yang merupakan puncak “meugang” saya telah memesan beberapa kilogram pada seorang penjual daging langganan saya. Kebetulan pada saat membeli daging dipasar, saya juga membelinya pada daging langganan.

Saya meminta daging seukuran harga 100.000 IDR saja, tetapi penjual daging tersebut malah memberikan lebih tanpa menimbang lagi. Untuk harga daging pada hari ini dibuka pada kisaran harga 170.000 hingga 180.000 IDR. Pada saat hendak pulang, pedagang daging ini memastikan pesanan saya yang telah saya kirim melalui pesan whatsapp akan dibawa nanti malam setelah sholat Tarawih di mesjid. Saya tersenyum dan menggangguk sebagai tanda setuju.

IMG_8842.jpeg

IMG_8844.jpeg

IMG_8848.jpeg

IMG_8849.jpeg

Membawa sepeda motor ke doorsmeer untuk dicuci dan membeli daging di pasar “meugang”

Pukul 17:00, saya menutup toko untuk mandi sore dan menunaikan sholat Ashar. Setelah itu saya memerintahkan kepada putra sulung saya untuk membawa daging yang telah dicincang oleh istri ke warung mie aceh terdekat untuk dimasak yang akan dijadikan sebagai menu berbuka puasa yang akan tiba beberapa saat lagi. Sesudah berbuka puasa, saya dan putra sulung saya pergi ke mesjid untuk mengerjakan sholat Isya, Tarawih dan sholat Witir secara berjamaah.

Pulang dari mesjid pada pukul 21:30, saya mengantarkan Zakat Fitrah ke balai Desa Meunasah Meucat untuk diserahkan kepada amil zakat yang seterusnya akan disalurkan kepada yang berhak menerima. Disini saya saya menunggu beberapa saat untuk dilayani penerimaan zakat fitrah dengan mengucapkan akad. Setelah menyerahkan zakat fitrah, saya berbincang-bincang dengan imam desa yang merasa kagum akan pertumbuhan putra saya yang tinggi besar.

Dia menanyakan pendidikan yang sedang ditempuh oleh anak saya saat ini. Saya mengatakan bahwa anak saya tidak mengenyam pendidikan di sekolah umum, melainkan menuntut ilmu pendidikan agama di Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh Bireun atau yang lebih dikenal dengan Dayah Abu Tumin. Pulang dari mengantar zakat fitrah, saya beranjak ke tempat tidur untuk istirahat.

IMG_8881.jpeg

IMG_8882.jpeg

IMG_8883.jpeg

IMG_8885.jpeg

IMG_8884.jpeg

IMG_8886.jpeg

Mengantarkan zakat fitrah ke balai desa dan menyerahkan kepada badan amil zakat dan berbincang-bincang dengan imam desa

Demikian The Diary Game singkat saya pada hari ini, sekian dan terima kasih atas waktunya berkenan membaca tulisan saya ini dan memberi dukungan sebagai penyemangat bagi saya untuk selalu menghadirkan karya-karya yang lebih baik lagi.

Salam Hormat,
@yuswadinisam

Saya mengundang Anda untuk mendukung @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan menargetkan pengembangan hasil tinggi dengan sumber daya yang tersedia.


Click here

Steem.png

About Me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 2 months ago 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.

Status Club#Club100
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25YES
Beneficiaries of #steemkindnessNO
Voting CSI13.1 ( 0.00 % self, 91 upvotes, 55 accounts, last 7d )
Verification date
10 April, 2024

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 2 months ago 

Thank you very much for moderating my post

 2 months ago 

You are welcome

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts, good comments anywhere, and any tags.
Curated by : @sohanurrahman



 2 months ago 

Thank you very much for supporting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.11
JST 0.027
BTC 65423.69
ETH 3429.98
USDT 1.00
SBD 2.31