Steemit Engagement Challenge S3-W1|All About My Job : Landreform Data Manager at the North Aceh Land Office | #Burnsteem25

in Hot News Community2 years ago

GridArt_20220718_230548914.jpg

Assalamualaikum sobat steemian dimanapun anda berada.

Jadikanlah anda bukan orang yang hanya suka melihat dan berbicara, namun juga suka berpemikir dan bekerja. Jika sebahagian menganggap dirinya terlalu Mahal maka ia pun mulai berada pada titik terendah. Perjalanan setiap manusia selalu berhadapan dengan bermacam peristiwa, tantangan dan rintangan untuk mencapai sebuah kesempatan. Kesempatan adalah pengalaman, dan pengalaman adalah pembelajaran yang sangat mahal.

Mengulang Catatan Kelam
Dulu ! Saya tidaklah seperti hari ini. Dulu aku tidak berpikir menjadi sosok seorang suami apalagi seorang ayah. bahkan aku tidak berani menjadi pria dewasa karena tidak ada pekerjaan tetap dan penghasilan. Namun setelah seseorang datang dalam kehidupanku, kepribadian dewasa perlahan mulai mengisi dan memperbaiki kehidupanku yang lebih dari separuh telah hilang dan berantakan.

Setelah menikah aku mulai mencari pekerjaan agar bisa menafkahi orang lain yang telah datang dalam hidupku. Seiring perjalanan waktu akhirnya rezeki itu datang. Alhamdulillah! Saya mulai bekerja sebagai seorang clening officer (clening service) selama lebih kurang 4 tahun.

IMG20220718160800.jpg
Mengenang pekerjaanku 12 tahun yang lalu sebagai clening officer

IMG20220718161719.jpg

Saya tidak memasang harga diri yang tinggi atau memakai baju kerajaan untuk memilih dan memilah sebuah pekerjaan yang layak, karena prinsipku semua pekerjaan halal adalah layak untuk menafkahi keluargaku.

Tahun 2009, dengan mengandalkan ijazah Diploma III keahlian Manajemen Informatika, saya lulus sebagai seorang pegawai ASN dan ditempatkan di Sekretariat Daerah Setdakab Aceh Utara. Setelah mengabdi selama lebih kurang 10 tahun, selanjutnya saya pindah tugas ke Dinas Pertanahan sekitar tahun 2018 hingga sekarang.

IMG_20220718_182231.jpg

Dengan menjadi seorang pegawai ASN telah menyadarkarku "betapa ruginya waktu yang teebuang sia- sia tanpa melanjutkan pendidikan". Untuk menutupi penyesalan, aku kembalikan sejarah kelam kehidupanku kepada takdir. Iya! Takdir yang telah memberiku sebuah kehidupan yang layak dan sepantasnya aku syukuri.

Dinas Pertanahan Aceh Utara saat ini masih berkedudukan dalam wilayah Kota Lhokseumawe atau tepatnya digedung kantor eks BKPSDM, peta lokasi. Situasi ini sangat menguntungkan bagi saya saya dan keluarga karena kami juga berdomisili di Kota Lhokseumawe. Dinas pertanahan memiliki dua bidang dan beberapa Bagian dan sub bagian lainnya sebagai struktur organisasi yang konplit dibawah kepemimpinan seorang kepala dinas dan seorang sekretaris guna berjalannya visi dan misi pemerintah Kabupaten Aceh Utara pada umumnya.

Tugas Harian Saya ditempat Kerja
Saya dengan jabatan sebagai pengelola data landreform dibawah Bidang Pengadaan dan Pengurusan hak-hak atas tanah memiliki beberapa tugas pokok (TUPOKSI) yang saya kerjakan setiap hari aktif kerja, yaitu berupa:

  • Membantu mengadministrasikan data pengadaan tanah.
  • Membantu menyiapkan undangan rapat
  • Membantu mempersiapkan agenda rapat, notulensi dan photo dokumentasi rapat.
  • Mendapingi Kepala Seksi melakukan koordinasi dengan instasi yang memerlukan/melaksanakan pengadaan tanah
  • Mendampingi kepala seksi melakukan peninjauan lokasi pengadaan tanah.
  • Membuat laporan kegiatan peninjauan lapangan, serta,
  • Membantu membuat buku laporan kegiatan pengadaan tanah.

IMG20220718161330.jpg

Kendala dalam Melaksanakan Pekerjaan
Sebagaimana tugas pokok saya, ada beberapa kendala yang sering kali saya hadapi dalam menjalankan pekerjaan saya bersama tim, khususnya saat melakukan koordinaai serta peninjauan lokasi pengadaan tanah. Diantaranya adalah:

  • Timbulnya perselisihan pendapat atau penafsiran tentang harga tanah dari pihak masyarakat.
  • Intimnya masalah sengketa lahan khususnya dilokasi yang direncanakan dilaksanakan pembebasan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.
  • lintasan yang ditempuh untuk melakukan peninjauan ke lokasi tertentu berada di daerah pedalaman dan terjal.

Harapan
Rasa lelah sudah tentu! Namun perasaan bosan selalu hadir disaat kita berhadapan dengan pekerjaan yang sama setiap hari menjadi kendala kurang efektifnya untuk melakukan sebuah pekerjaan. Harapan saya satu-satunya adalah bergeser dari jabatan selaku pengelola data landreform ke jabatan pengadministrasian. Artinya, titik jenuh sebagai petugas peninjauan lapangan sudah berada dipuncak karena pekerjaan tersebut sudah saya geluti hampir genap lima tahun sejak 2018.

IMG20220701161306.jpg
Mengikuti pelatihan SIG dan Pengenalan GFW di Aula Dinas Pertanahan bagian dari Kesiapan penguasaan teknologi informasi untuk peninjauan lapangan (29/6/22)

Demikian partisipasi saya bersama ajang Steemit Engagement Challenge Musim 3 Minggu #1 |Semua Tentang Pekerjaan Saya yang diselenggarakan oleh Komunitas Hot News. Terima kasih banyak atas waktu, motivasi dan dukungan dari sobat steemian semua.

Terima kasih banyak @abialfatih telah mengundang saya ke Steemit Engagement Challenge Musim 3 ini, maka dengan ini saya juga ikut mengundang rekan steemian aktif lainnya untuk ikut berpartisipasi yaitu @sailawana @dederanggayoni @asiahaiss dan @akmal1 .

Regard to Hot News Community Team: @heriadi @alee75 @radjasalman @ubongudofot @fantvwiki

55.png

Regards @ridwant
About MeHERE

Sort:  
 2 years ago (edited)

MasyaaAllah...
Saya sungguh salut mendengar cerita Pak @ridwant melalui postingan yang sangat penuh makna guna mengajarkan arti kehidupan & memberikan segenap pelajaran meski perubahan dilakukan setelah menemukan tambatan hati kesayangan.

Terkait perihal tersebut, saya sangat suka dengan satu kata-kata bijak yang kerap kali saya lontarkan kepada orang sekitar saya, dimana kurang-lebih isinya seperti ini :

Lebih bagus bekas preman ! Daripada bekas us•ad !

Asiah personally betapa terlampau tertarik & satu frekuensi sekali dengan statements Bapak yang satu ini :

Saya tidak memasang harga diri yang tinggi atau memakai baju kerajaan untuk memilih dan memilah sebuah pekerjaan yang layak, karena prinsipku semua pekerjaan halal adalah layak untuk menafkahi keluargaku.


I highly appreciate your adorable post
Well done, Sir ☺️

 2 years ago 

Terima kasih banyak ibu @asiahaiss telah berkunjung, membaca sekaligus memberi motivasi dan komentar yang sungguh berharga untuk saya. Sekali lagi terima kasih banyak.

 2 years ago 

Alhamdulillah, sama-sama Pak ☺️
Let's keep writing, learning & growing, Sir 💪🏻🥳🎉 !

May Yaa Wahhab blessed your life & your family, Sir 😇

 2 years ago 

🙏

 2 years ago 

🙏🏻🙏🏻🙏🏻

 2 years ago 

Keren pak @ridwant saya terkesan dengan postingan anda, memang setiap manusia punya perjalanan hidupnya sendiri, namun semangat, impian, dan cinta keluargalah yang akan membuat kita bertahan, dan ingin terus maju kedepan.

 2 years ago 

Benar ibu @dederanggayoni , karena cinta adalah pribadi yang tulus dan memotivasi seseorang untuk bersemangat. Terima kasih telah singgah dan komentar menariknya.

 2 years ago 

Sama-sama

 2 years ago 
Description
Information
Score
Club100
🟢
2
Plagiarism Free
🟢
1
#steemexlusive
🟢
1
Bot Free
🟢
1
300 Words
🟢
1
Markdown Style
1
Quality Content
2
Total Score
9/10
Voting CSI[ 13.6 ] ( 0.00 % self, 125 upvotes, 80 accounts, last 7d )

Determination of Club Status refers to the https://steemworld.org/transfer-search Web-based Application

Verification Date
July 19, 2022
O'clock11.58 AM (Indonesian Time)
Get Upvote18
Valid Comments from Other Users3
Note
Every Profession is a noble. Keep upvote and comment on other people's posts so that you look more active on the platform by interacting with other users.
 2 years ago 

Terika kasih pak @alee75 telah memverifikasi postingan ini.

 2 years ago 

Sama-sama bg...semoga menjadi pemenang. Teruslah aktif berkomentar dan memberikan vote pada post kontestan lainnya...

 2 years ago 

Siap pak @alee75 inilah makna dari steemit engagement yang sesungguhnya. Saling mendukung dan berkomunikasi. Terima kasih masukannya.

 2 years ago 

Amigo se ve que hacer de una forma excelente tu labor, que lo haces con cariño sin buscar la grandeza vista por los demás si no el saber que estás haciendo bien tu trabajo y eso es lo verdaderamente importante, éxitos en el concurso!

 2 years ago 

We should work diligently and as best we can. I'm glad you took the time to visit my post. Thank you @kleymer for the motivation.

 2 years ago 

Sungguh luar biasa perjuangan bpk, sebagai generasi muda saya sungguh termotivasi dengan cerita anda, pantang menyerah, tetap semngat itu poin penting yang saya dapat, sukses selalu untuk bpk @ridwan🙏🙏

 2 years ago 

... Karena semua kita memiliki cerita hidup. Terima kasih banyak bang @chopper46 telah berkunjung.

 2 years ago 

Semoga makin sukses jadi tuan tanah... Hehe

 2 years ago 

Tapi terlalu banyak kendala Abi!

 2 years ago 

Dimanapun kita hidup pasti ada kendala, baru semua sesuai keinginan wate ka lam syurga

 2 years ago 

Benar Abi. Kendala seiring perjalanan kehidupan pasti ada. Mudahan Abi,
Aminnn

 2 years ago 

Postingan yang detail tentang deskripsi job nya ya pak. Semoga sukses selalu dan lancar di kantor semua pekerjaan nya.terimakasih sudah mengundang saya di kontes ini. Soon saya akan ikutan..

 2 years ago 

Terima kasih kembali ibu @sailawana atas motivasi dan komentar positifnya.. Kami menunggu entrynya bu.

 2 years ago 

Kerja yang bagus karena data sangat penting.. :)

 2 years ago 

Terima kasih kanda telah singgah

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62186.49
ETH 2417.64
USDT 1.00
SBD 2.56