Kontes Menulis Steem SEA - Steemit Dalam 3 Kata

in Steem SEA18 days ago (edited)

picsart.jpg
Dibuat dengan picsart online.

Salam kepada teman-teman semua di Steem SEA dan seluruh jagad Steemit. Sudah lama saya vakum dari Steemit. Sudah lebih tiga tahun dan baru kembali menulis lagi tiga hari lalu, dengan mengirim sebuah tulisan untuk kontes di komunitas Hindwhale, setelah dibujuk terus oleh @aneukpineung78 untuk mengikuti kontes menulis tentang film komedi yang saya sukai, akhirnya saya menulis dan tulisan saya tersebut bisa dibaca di sini.

Sebelumnya, sekali lagi saya sampaikan terimakasih kepada @el-nailul atas bantuannya telah mengambil kembali akun saya dari perampok online, walaupun setelah 2 minggu dan setengah dari seluruh STEEM saya sudah dicuri, itu karena saya terlambat menyadarinya.

Terimakasih juga kepada @aneukpineung78 yang sama dengan @ el-nailul terus menyemangati saya untuk kembali menulis. Kadang ide untuk menulis itu ada, kadang tidak ada, dan kontes saya rasa menjadi jawaban bagi kita untuk mendapatkan topik.

Selanjutnya salam kepada pengurus komunitas Steem SEA dan seluruh anggota. Semoga semua dalam keadaan sehat wal-afiat di manapun berada.

Saya juga memanggil teman-teman untuk ikut dalam kontes menulis ini, @shabbir86, @munaa dan @deltasteem. Seingat saya dulu @ munaa pernah menulis di komunitas pehtem yang didirikan oelh @ cicisaja.

Baiklah sekarang saya masuk ke topik.

Jadi, tiga kata, ya? Dari apa yang saya alami selama menjalani kegiatan per-Steemit-an saya, 3 kata sebenarnya tidak cukup, seperti kata @ayijufridar dalam komentarnya di sini, “Tantangan paling menarik. hanya tiga kata tidak mudah mengungkapkan tentang Steemit.”

image.png
komentar @ ayijufridar

Saya pikir 3 kata yang paling perlu untuk saya angkat adalah Komunitas, Engagement, dan Cuan.

Komunitas

Steemit adalah blockchain sosial yang datang untuk memberikan penghargaan kepada para pengguna. Sekilas ini mirip seperti media sosial lain, di mana orang-orang mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun lalu mengekspresikan diri dengan membuat postingan, baik itu tulisan maupun gambar dan kombinasi keduanya. Ini mirip media sosial Facebook atau Twitter, tapi dengan kesempatan untuk mendapatkan uang kripto dari membuat postingan.

ai-generated-8273256_1280.jpg
Gambar dari pixabay

Komunitas menjadi penting di dalam media sosial. Untuk itulah sebenarnya setiap orang mengirimkan tulisan ke internet. Terlebih di Steemit. Pengguna akan mendapatkan reputasinya dengan menjalin hubungan baik dengan anggota komunitas. Berbagi hal-hal yang menyenangkan, positif, berguna, membuka cakrawala berpikir baru. Komunitas memberi kesempatan bagi setiap orang untuk semakin dipahami dan dikenali.

Yang saya maksud di sini bukanlah komunitas dalam artian semacam “grup” saja seperti komunitas Steem SEA atau komunistas Arteem atau lainnya. Tetapi seluruh komunitas Steemit, yaitu para Steemian di seluruh dunia yang mungkin kita temukan dalam petualangan kita di Steemit. Karena sebenarnya tidak ada batasan di dalam Steemit bahkan kendala perbedaan bahasa juga bisa sedikit banyak dipecahkan dengan fitur terjemahkan layar dan translasi dari internet seperti Google terjemaahan. Tetapi walau demikian, keanggotaan ke dalam komunitas dalam artian fitur itu, juga bukan hal remeh. Karena tanpa keanggotaan itu, kita akhirnya hanya bisa mengirim tulisan sebagai blog pribadi, dan kesempatan untuk dikenali juga semakin kecil.

Engagement atau Keterlibatan

pexels-photo-6913339.jpeg
Gambar dari pexels.com

Tulisan-tulisan yang kita kirim ke Steemit itu mungkin saja hanya catatan pribadi, tetapi sebagian lainnya adalah sesuatu yang mengharapkan “sentuhan” dari orang lain. Penulis berita mengunggah berita untuk mendapat sentuhan tadi, tak hanya sekedar dibaca tapi juga ditanggapi. Begitu juga penulis puisi, ingin menjangkau mereka yang juga menikmati cara sastrawi dalam menikmati kata-kata. Begitupun para penulis catatan harian, atau orang-orang yang membagikan foto-foto serangga atau bunga-bunga, dan seterusnya. Semua menginginkan eksposur.

Bagi saya, mendapat tanggapan pada tulisan saya itu sama menyenangkannya dengan mendapat vote. Bukan berarti vote tidak penting, tapi tanggapan itu lebih memberikan arti penghargaan dari dimensi yang lain kepada apa yang kita tulis. Apalagi jika tanggapan itu menambah nilai kepada postingan itu sendiri. Saya rasa orang lain juga memiliki pendapat demikian.

Tetapi memberikan tanggapan juga tidak mudah, sebenarnya. Ada postingan-postingan yang memang membuka diri untuk dikomentari, pembaca bisa dengan mudah mengomentari sesuatu darinya. Ada postingan-postingan yang justru saya tidak tahu harus mengomentari apa. Walaupun saya setuju dengan kata @ aneukpineung78, bahwa sebuah pertanyaan tentang apa inti dari postingan tersebut, juga merupakan tanggapan yang positif, tetapi saya lebih memilih untuk menyingkir dari diskusi yang saya tidak pahami pokok permasalahannya. Lebih baik diam dan dianggap bodoh daripada berbicara dan terbukti bodoh. 😆😆

Cuan

Sifat ekonomi dari Steemit yang mampu mendatangkan pendapatan kepada para pembuat konten pastinya telah menjadi fitur yang mengangkat media sosial berbasis blockchain ini ke kedudukannya saat ini. Tidak saya bantah bahwa saya merasa betah di Steemit karena hal itu, salah satunya.

image.png
Gambar punya aneukpineung78 saya ambil di sini. Sudah ijin dulu.

Sebenarnya bukan hanya para pengguna yang datang dan mendapatkan akun lalu membuat konten-konten yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan cuan. Selain menulis konten, orang juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain yang mendatangkan STEEM di Steemit, misal:

  • Penyewaan Steem Power. Ini telah memiliki riwayat yang cukup lama, saya tidak tahu seberapa lama, tapi setidaknya pada tahun 2017, kami sudah memanfaatkan jasa seperti ini dari beberapa penyedia jasa ini.
  • Peminjaman Steem Power. Bagi orang-orang yang memiliki Steem Power tetapi memutuskan untuk tidak aktif di Steemit, mereka bisa meminjamkan Steem Power (mendelegasi) dan pasti akan mendapat keuntungan, karena Steem Power akan mendapat bagian dari reward curation, selain bunga karena STEEM di-power-up-kan. Ada akun-akun yang menerima delegasi dan akan memberi reward ke pemilik Steem Power dalam bentuk STEEM dan / atau SBD setiap hari.
  • Mengajukan diri sebagai Witness. Tapi ini modalnya besar dan syaratnya juga berat.
  • Membuka jasa jual beli vote. Sejauh saya tahu, praktek membeli vote adalah terlarang, tapi bisa dilakukan.

Demikianlah tulisan saya untuk kontes menulis Stewmit Dalam 3 Kata.

Verified Level 1 di Newcomers’ Community

Terimakasih.

Sort:  
 17 days ago (edited)

Terimakasih partisipasinya, @rayfa. Ternyata kemari larinya gambar itu.

Saya akan fokus pada bagian akhir tulisan. Itu menarik. Rupanya diskusi kita beberapa hari lalu itu untuk ini.

Penyewaan SP. Iya dulu kita melakukannya di arTeem. Menggalang dana sesama anggota, beberapa kali sewa 500 SP dari @minnowbooster. Tetapi tidak jarang juga ditolak karena mereka kelebihan pesanan dan kita harus menunggu. Waktu itu kita susah mendapat vote dari akun-akun besar, secara kita tidak dalam lingkaran itu. Kenangan yang indah.

Mengajukan diri sebagai witness. Saya punya usul gimana kalau Ketua @anroja kita seret aja ke sana. Masalah teknis seperti pengelolaan komputer node dan pengoperasian aplikasi Steem biar saya urus bersama Bro @el-nailul. Urusan ngumpulin vote dan promosi kita kasih ke Bang @walictd. Urusan obrak-abrik Steemit ada Bang @lord-geraldi.

Peminjaman SP. Saat ini saya dipinjamkan SP oleh Bang el-nailul dan Bang Ketua anroja, tapi tanpa biaya sama sekali. Terimakasih banyak, untuk kedua mereka.

Jual beli vote. Lebih baik jangan.

Terimakasih.

 17 days ago 

Kalau sekedar wacana saya diem aja bang.
Tapi kalo mau ayo kita jadi witness..😀

 17 days ago 

Lon ikot kanda manteng, asai jeut keuraseuki hana masalah...

 17 days ago 

😀😀😀👍

 16 days ago 

Asik ini. Menantang juga kalau terrealisasikan. Saya bagian apa, @aneukpineung78?

Dulu yang paling banyak sp di antara kita semua adalah @anroja. Padahal dia belakangan main steeemitnya. Sepertinya dulu anroja masuk steemit langsung beli steem dan powerup yang banyak ya?

 16 days ago 

Gak koq kak, kebetulan di rekrut oleh tim Steemit dulu saat semua sudah byk yg vakum. Mgkin sudah rezeki saya ya kak..😀

 15 days ago 

Bu Rayfa kita jadikan Brand Ambassador atau Representatif Witness Anroja kawasan Lhoksukon dan Matangkuli. Hahaha.

 15 days ago 

Setelah saya baca komentar bang El, saya pikir sebaiknya kita tidak berpikir terlalu jauh, sebab kalau terlalu jauh jatohnya ya kejauhan seperti pikiran bang El, malah bingung mau pulangnya gimana. Hahaha.

 15 days ago 

😂😂😂😂

 17 days ago 

Waduh menarik kayaknya...

 17 days ago (edited)

@aneukpineung78 Diantara semua gambar, saya justru terniat dan mengambil gambar ini 😄

 16 days ago 

Ya tidak mengapa. Kaidah terpenuhi. Good luck.

 17 days ago 

Hmmmm 😌 obrak-abrik sbuah kta yg multitafsir.....

Witness: setuju B G T 😁👍 gassss!!!

 16 days ago 

saya sedang berfikir bagaimana jika kita mengontak Justin Sun dan memberli platform aja sekalian bang, Jika beberapa orang yang ada di Indo saat ini bergabung mungkin kita bisa membeli platformnya, tapi...apakah mau di jual? itu yang saya tidak tahu itu tidak mesti tempe

 15 days ago 

Saya sebenarnya menunggu bang el berkomentar sebelum membalas komentar bang Ketua @anroja di atas. Ternyata harus saya akui, Bang el jauh melampaui perkiraan saya. Haha. Terimakasih.

 17 days ago 

Senang bangets melihat Bunda @rayfa aktif kembali menulis di Steemit. Saya selalu mengajak para senior untuk kembali ke Steemit, termasuk orang yang pernah kali memperkenalkan Steemit kepada saya. Tapi banyak yang enggan dengan berbagai alasan dan kondisi.

Saya ingin menulis tentang tantangan mengajak suhu di Steemit kembali aktif. Tapi sebagian besar berisi kritik pedas, hehehehe....

 17 days ago 

Terima kasih bg @ayijufridar.. Menulis kembali setelah lama vakum memang lebih berat dibanding menulis kali pertama, saya sendiri selalu mencari berbagai alasan ketika teman-teman mengajak untuk kembali di sini 😄😄😄

 16 days ago 

Seperti kata pepatah; Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Di mana tidak ada kemauan, di situ banyak alasan.

Ayo kita membangun iklim kreatif....

 15 days ago 

Iya bg @ayijufridar.. Ada kalanya butuh dikompor-kompori sama teman-teman untuk tergerak dan meluangkan waktu 😄

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 18 days ago 

Walaupun tidak mudah mengungkapkan dalam 3 kata, tapi 3 kata di atas dapat mewakili secara keseluruhan. Terima kasih kak @rayfa sudah aktif kembali di Steemit.

 18 days ago 

Terima kasih juga, masih menyambut saya di sini

 18 days ago 

Sama2 kak.

 18 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Beneficiary
burnsteem25
Status ClubClub5050
AI Article✅ Original (Human text!)

Cc ; bang @aneukpineung78

I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here
 17 days ago 

Great job bang @ walictd... I highly appreciate it.

 15 days ago 

Terima kasih @walictd

 16 days ago 

Bagi saya ini yang menarik:

Sebelumnya, sekali lagi saya sampaikan terimakasih kepada @el-nailul atas bantuannya telah mengambil kembali akun saya dari perampok online, walaupun setelah 2 minggu dan setengah dari seluruh STEEM saya sudah dicuri, itu karena saya terlambat menyadarinya.

Ini menjadi warning bagi kita untuk tetap berhati-hati dalam bertransaksi dan berinteraksi.

Btw, untuk pehtem memang pernah mengisi hari-hari kita dalam menulis di platform ini. Semoga saja pehtem bisa eksis lagi dan @cicisaja segera keluar dari semedi panjangnya. Semoga.

Terima kasih juga sudah mengundang saya ke kontes menarik ini. Semoga saja bisa meramaikannya...

Salam

 15 days ago 

Betul-betul jadi pengalaman berharga @munaa.
Iya. semoga @cicisaja akan aktif lagi.

 15 days ago 

Semoga mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Salam kenal dari saya pendatang baru di Aceh Utara.

 14 days ago 

Iya Buk @sumarni123. Salam kenal.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 59705.02
ETH 2619.44
USDT 1.00
SBD 2.39