Aku, Dormant Yang Masih Bingung

in Steem SEA3 years ago

25% Payout to @steem.amal

2r8F9rTBenJQfQgENfxADE6EVYabczqmSF5KeWefV5WL9WFUjZKMzb9yMS1GMKZX2J7AJLjM6RDV7aJhmDNbCTt5beJb1NtgYdwSn5mufHdyUvVepEhunx9r8aCCzsccE.png
Source


Kembali ke kampung halaman setelah kurang lebih 3 tahun pergi meninggalkannya memang terasa begitu bahagia, namun perasaan menjadi orang asing pasti akan hinggap di benak kita, apalagi kepala desa dan perangkat nya sudah berganti, teman lama sudah pergi, belum lagi tentang aturan-aturan desa yang telah diperbaharui.

Paragraf diatas merupakan analogiku sebagai orang yang pernah datang dan pergi lalu kembali di steemit ini, untung saja aku tidak di usir hari ini, sebab kepergianku tempo hari tanpa pamit, sungguh baik-baik para penghuni rumah steemit ini.

Sebagai dormant, seharusnya aku hanya menyesuaikan diri saja dengan aturan-aturan baru, tentang komunitas-komunitas, tentang aturan hastag, dan lain sebagainya. Ternyata tidak cukup hanya sebatas itu, aku sebagai dormant yang bingung harus banyak membaca, bertanya dan menggali sedalam mungkin dari siapa saja yang aku anggap dapat membantu mengatasi kebingungan.

Maklum saja, sewaktu bersteemit dulu, aku hanya menulis, menulis, dan menulis saja tanpa pengetahuan tambahan yang cukup, mungkin faktor utama yang menyebabkan kurang nya pengetahuan karena aku tidak hidup secara langsung bersama para steemian hebat, hanya bertemu di platform ini saja melalui kolom komentar, dan kala itu kalau aku tidak salah, tugas kita hanya menulis dan memberi hastag yang tepat, salah satu nya hastag harus sesuai dengan narasi tulisan (beri aku tanggapan kalau ini salah), dan tidak ada komunitas-komunitas seperti hari ini.

Pergeseran yang sangat signifikan menurutku, wajar saja memang, segala sesuatu yang maju akan terus berkembang sesuai keinginan zaman dan pengembangnya, apalagi beralih nya kepemilikan perusahaan menjadi patron baru untuk melihat kemajuan aplikasi media sosial berbasis blogchain seperti steemit.

Aku, dormant yang masih bingung, masih terus mencari tau apa yang belum aku tau tentang apa yang kuanggap perlu. Untung saja dirumah ini, rumah steemit yang baru, banyak penghuni yang berhati baik dan tak ragu memberiku informasi yang mesti aku tau.

Disini aku menemukan banyak guru, sehingga melunturkan sedikit kebingunganku, minimal sedkit demi sedkit rasa bingungku luntur bersebab guru yang tak pandang bulu memberi ilmu, baru-baru ini aku menemukan beberapa guru baru, seperti @radjasalman, @klen.civil, @tucsond dan @cicisaja, harus ku akui mereka adalah guru terbaik sementara ini yang kumiliki dalam rumah ini. Mengapa aku harus sebut mereka disini, memang mereka lah tempat aku bertanya bila menemukan jalan buntu, mungkin mereka bosan atau kualahan menjawab pertanyaan-pertenyaanku, bukan berarti guru yang lain tak membantu, banyak, bahkan sangat banyak yang ku anggap guru dan telah membantu, namun yang selalu aku repotkan sementara ini adalah mereka.

Aku, dormmant yang masih bingung, yang awalanya belum mengerti bagaimana sebenarnya nilai kurasi dan bernilainya SP, cara mendelegasikan, mengkonversikan SBD ke Steem dan melakukan Power Up, bahkan malakukan exchenge atau mencairkan SBD sebagai Rupiah pun aku belum bisa, karena memang untuk 1 hal itu (mencairkan SBD ke Rupiah) belum pernah aku lakukan sedari dulu. Maklum saja, karena keterbatasan waktu, dan beberapa kesibukan pekerjaan, penyelesaian tugasku masih terhenti di Achievement1 sementara ini, tentunya aku akan melanjutkan sampai tuntas, akan aku coba secara berkala.

Baru-baru ini juga aku melakukan Power Up, dan mendelegasikan 100 SP ke @steemseacurator, terhadap hal itu tak lepas dari panduan guru steemit diatas, @klen.civil memandu dari jauh, sunggu aku telah menyita banyak waktunya. Bagaimana tidak, dia harus mengirimkan beberapa gambar tutorial melakukan pendelegasian SP, sehingga aku tak repot lagi melakukan hal baru itu.

Mengapa harus ke @steemseacurator? Mengapa tidak mendelagasikan ke komunitas lain saja? Yaaa, pertanyaan itu pernah ditanyakan oleh temanku juga, aku akan jawab sekarang.

Sebagai dormant yang masih bingung, tentunya aku punya patron sendiri dalam melihat peluang, kesempatan, dan arah tujuan, bahkan aku punya panutan sendiri akan hal itu, siapa-siapa saja panutan tentunya tidak terlepas dari jawaban mengapa harus ke @steemseacurator.

Zskj9C56UonWToSX8tGXNY8jeXKSedJ2aRhGRj6HDecqrdt1FCe8zULW9hTM1hUKkLEPMZT5Zq8S7DxsR8aEqSmY1QHfkXBFc9ULup1T7yjXuTVnWQkN.png
Source


Sementara ini, boleh dilihat dari postinganku 1 bulan terakhir sejak menjadi dormant, aku selalu bermain di Steem SEA, bukan berarti komunitas lain tidak, ada beberapa walau tak banyak, dan sebagian guru steemit aku pun lebih banyak bermain di sana. Jadi, sebagai dormant yang ingin serius, aku ingin memberi manfaat kepada kominitas dengan kontribusi SP walau belum mampu banyak, Mengapa harus Steem SEA? Pertanyaan ini juga kerap di tanyakan, jawabanku sangat sederhana, aku suka dengan hal-hal sederhana disana dengan Program Better life The Diary Game. Karena postingan diary lah yang paling mudah aku lakukan sementara ini disela-sela kesibukanku dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Menurut @radjasalman, konsisten saja selama 2 bulan kita akan mendapatkan hasil yang nyata, aku sudah membuktikan itu, dan benar adanya.

Pertanyaan kedua, mengapa tidak ke komunitas lain saja? Jawaban nya, "akan", Mungkin kedepan bila SP mencukupi, selain menambah delegasi ke @steemseacurator, aku akan berkontribusi dengan mendelagsi SP ke @promosteem.com yang di gagas oleh @arie.steem Cs, memang masih butuh waktu akan hal itu. Mengapa ke @promosteem.com? Tentunya ini berkaitan dengan keberlangsungan dan kemajuan steemit, dengan dilakukan nya promo-steem secara masiv otomatis pengguna steemit akan banyak, dan hal itu berpengaruh besar terhadap kemajuan steem dan steemit, apa lagi mereka yang mendapatkan kurasi besar, melakukan Power Up secara berkala, pastinya akan membatu nilai crypto steem semakin tinggi. Ini menurut informasi bacaan ku selama ini.

C3TZR1g81UNaPs7vzNXHueW5ZM76DSHWEY7onmfLxcK2iQbkhNUch8uDzAohrpHuguL5AmZM9nPHpQJMMPRZhbsQc4mJXPx4ue9nuGHrL5xD1731TSvAWLn.png
Source


Aku, dormant yang masih bingung. Belum mengerti betul seluk beluk dunia persteemitan ini, hal ini yang membuat aku setiap malamnya menghabiskan waktu berjam-jam membaca postingan-postingan para guru dirumah steemit, baik yang terbaru maupun yang lawas, tak perduli siapa yang membuat postingan, asal baik menurutku akan kubaca sampai tuntas, bila tak ku mengerti akan aku tinggalkan komentar untuk bertanya, tak jarang memang komentarku Nol respon dari empunya postingan, namun lebih banyak yang merespon dengan bijaksana.

Sekali lagi, karena aku adalah dormant yang masih bingung, hingga tulisan ini kubuat pun aku belum tau memposting tulisan ini kemana, setelah berfikir sejenak, aku menutuskan tulisan ini aku posting di komunitas Steem SEA, kalau memang salah, ini memang karena kebingungan ku belum luntur adanya.

Terimakasih kepada penghuni rumah yang baik-baik hatinya, @radjasalman, @klen.civil, @cicisaja, @tucsond, @anroja, @heriadi, @el-nailul, @arie.steem, @pojan, @ponpase dan banyak lain yang tak mungkin aku sebut satu persatu.

Salam Hangat
@mc-jack

Sort:  

Kalau ko aja masih bingung selaku guruku, apalagi aku jek..
Haha

 3 years ago 

Wak, tenang.

Banyak juga guru yang menunda jawaban murid nya pada pertemuan selanjut nya, yang penting pertanyaan murid terjawabkan, walau tidak dengan segera.

Guru sejarah bukan pelaku sejarah, ia hanya membaca literatur sejarah.

Jadi bek panik, that jai guru hinoe.. hahahha

Mudah-mudahan para senior lain mau dianggap guru wak, walau belum sempat belajar bareng.. wkwk

 3 years ago 

Mudah2an wak, jadi ngemeng2 mana postingan hari ini? Hehe

Gk sempat posting semalam, udh setengah perjalanan masuk ke alam lain.. wkwk

Ya paling ngga tulisan ini jujur, membingungkan.

Aku, dormant yang masih bingung.

kak nong, lelek, wak dolah, semua juga ikutan bingung.

 3 years ago 

Berarti aku berhasil wak, berhasil membingungkan mu.... hahahha

Sedih kali baca tulisan ni lah.😭

 3 years ago 

Engkau baca saja sedih, bagaimana pula aku yang menulisnya, ahhh bayangkan saja sendiri, hiks..

Sang walau judulnya masih bingung, tapi isinya jauh lebih mengerti daripada saya, he he he.... Sukses terus jack.

 3 years ago 

Hehehe....
Makasi bang dah mampir disini.
Memang dalam posisi bingung itu kadang-kadang seru juga bang.
Sama2 sukses pak dosen... hehe

 3 years ago (edited)

Aku bingung mau komen apa

 3 years ago 

Aku juga bingung menjawab komentar kebingungan uwak... haha

Aku juga....

 3 years ago 

Tapi aku gak yakin kalau abg bingung juga. Haha

Ya juga ya...😂😂😂

 3 years ago (edited)

Gak usah bingung, karena pada dasarnya semua kita hidup dalam dunia yang penuh kebingungan. Sebelum memutuskan sesuatu kita pasti bingung. Mau pilih ini atau itu, pasti bingung. Bingung itu sesaat sebelum kita memilih atau memutuskan sesuatu. .....

 3 years ago 

Betul pak, panduan dari sang suhu mampu melunturkan kebingungan.

 3 years ago 

kee batat!
kubilang biar nggak bingung kee bikin tugas Achievement, sikit pun nggak dengar, kek mana cara bantunya? hahahahaha

 3 years ago 

Hahhahaha.... buat kak, kan harus jadi sarjana kita di newcomers, masa kelas 1 terus.

Cuma, kayak masa kuliah juga, jangan lah baru semester 6 udah bikin skripsi, padahal bikin makalah aja belum pande. Hahahha

 3 years ago 

apaaa... baru achievement 1 kutengok, kee bikin terus.. abes bikin panggil greeter, kalo nggak salah lihat kapan kawan greeter indonesia bertugas, biar tinggi sikit Ratenya

 3 years ago 

Siaaap kak....
Malas nya gak abis2 ni.. hehhe

 3 years ago 

aku mau lanjut bikin juga, ini urusan aneuk seurideng tunda sampai minggu depan, tunggu SP balik ke akun delegator dan ada kesempatan lanjut tugas2... cuma yaa kek gitu, kee tengok ada kontes keren di SIZ tuuu kan? selera pulak aku mau ikut

 3 years ago 

Yook kak, ikut kita.. kayak nya aku mau ikut ni, mana tau beruntung kan. Ehhehe

 3 years ago 

aku sedang merayu suami dulu, kata dia.. nggak ada tempat asyik buat dipamerin di Pamulang, cuma Community Center dan Situ 7 Muara, situ gintung, situ kedaung, situ ciater yang semuanya adalah tandon pengendali banjir.. mana enak.
jadi dia browsing-browsing lokasi di Bogor yang dekat ke Pamulang, jadi.. aku masih nunggu konfirmasi kapan dia bersedia ngantar aku ambil foto dan mengenali wilayah untuk dipamerkan pada pemirsa seluruh dunia.

kee udah banyak bahan di Langsa dan Tamiang tu, mulai dari kuala langsa, lapangan merdeka, mesjid sampai gedung tua di jalan utama itu, belum lagi kerang rebus, tempat pembuatan terasi... alaaahhh banyak kali lokasi bagus untuk dipamerkan di situ, sehari selesai kee kumpulin bahan.

 3 years ago 

Haduuuhhh kakak ni kenapa harus repot2 ke situ-sini... kakak liat disekeliling lokasi tempat tinggal kakak, poto aja yang menarik2 dikit, krn aku yakin kalau kakak menang di narasi, jadi gak perlu ragu dengan poto.

Kira2, poto yang udah pernah kita posting, apa bisa kita post lagi di kontes tu gak ya kak.?

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57673.98
ETH 2343.83
USDT 1.00
SBD 2.37