The Diary Game Selasa 18 Juni 2024: Berziarah Ke Makam Nenek.

in Steem SEA21 days ago

Assalamualaikum Wr Wb
Salam sahabat steemit

IMG_20240618_090702.jpg

Haii... Sahabat steemean sekalian, bagaimana aktivitas sehari-hari kalian, semoga aman dan lancar saja ya sobat. Hari ini bertepatan dengan lebaran idul adha yang kedua, aku juga membagikan aktivitas sehari-hari aku di hari yang istimewa ini. Pagi ini aku terbangun pukul 06.00 waktu Indonesia Barat, kemudian aku wudhu dan shalat subuh, selanjutnya aku rebahan lagi sejenak. Pukul 07.30 waktu Indonesia Barat, aku mandi dan akan bersiap-siap mau berziarah ke makam nenek aku di desa cot euntung Nisam.

IMG_20240618_090700.jpg

IMG_20240618_085708.jpg
baca yasin di makam nenek

Sahabat steemit sekalian, sudah menjadi adat di tempat kami, yang mana pada hari kedua lebaran biasanya di tempat kami dan sekitarnya berziarah ke makam keluarga dan kerabat, oleh karena itu, pada kesempatan ini aku mengusahakan diri untuk bisa berziarah ke makam nenek aku yang sudah setahun tidak aku kunjungi.

Pukul 08.30 waktu Indonesia Barat, aku dan ponakan aku pergi bersama ke makam nenek di desa cot euntung, sekitar 5 menit di perjalanan, kami sampai di pemakaman umum desa tersebut. Sebelum memasuki perkarangan pemakaman aku terlebih dahulu mengucapkan salam untuk para pengguni qubur Yang ada di pemakaman ini, kemudian aku lansung menuju makam nenek aku untuk membaca surah yasin dan berdoa. Berbekalan sarung goni berlapik tempat duduk, aku dan ponakan aku khairullah duduk di atasnya dan melantunkan ayat suci alquran pada surah yasin dengan niat khusus untuk almarhumah nenek aku, dengan penghayatan yang mendalam dan mengingat saat masa-masa beliau masih bersama kami, membuat aku bergelimang air mata saat membaca yasin dan berdo'a di pemakaman nenek.

Setelah selesai baca yasinan dan berdoa, aku melihat kondisi maqam nenek aku yang sudah rata dan hanya di tandain dengan batu nisan dan pohon cemara, membuat aku ingin sekali membuat sedikit bedengan di atas maqam nenek aku biar nampak seperti maqam pada umumnya, kemudian kebetulan sekali aku meminjam cangkul dari salah satu pengunjung maqam untuk aku buat bedengan di atas maqam nenek aku, sehingga maqam nenek aku terlihat seperti pada maqam pada umumnya.

IMG_20240618_151152.jpg
rehat ngopi siang

Pulang dari berziarah di maqam nenek, aku sempat rehat dan bersantai sejenak di warkop bang medmed, disini aku ngopi dan menenangkan hati pikiran dan jiwa aku sebentar ditengah gempuran masalah hidup yang aku alami saat ini, aku ngopi disini sambil menunggu waktu shalat zhuhur tiba.

IMG_20240618_172147.jpg
doa bersama dirumah duka

Sore harinya setelah shalat ashar, aku dapat undangan untuk berdoa bersama di rumah duka warga kampung aku, yang mana pada hari ini merupakan hari ketujuh atau seuneujoh di rumah duka, aku dan beberapa orang alim yang lain di undang untuk membaca samadiah dan tahlilan yang di tutup dengan doa amin oleh tgk imam kampung kami, sesuai permintaan pihak keluarga almarhumah.

Sahabat sekalian, itulah cuplikan pemaparan diary aku pada kesempatan hari ini. Saran dan komentar terbaik sangat saya harapkan dari sahabat semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam aku menulis postingan ini, Wassalam.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 18 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25
Status ClubClub100
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here
 18 days ago 

Terimakasih verifikasinya

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58679.35
ETH 3155.04
USDT 1.00
SBD 2.44