The Diary Game Sabtu 21 Jan 2023: Konsistensi Menulis Sebuah NovelsteemCreated with Sketch.

in Steem SEAlast year

"Konsistensi adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. Tanpa konsistensi, usaha apapun akan sia-sia" - Tony Robbins

IMG_20230121_230248.jpg

Dokumen pribadi

Halo teman-teman steemian, selamat pagi! Selamat siang! Selamat sore, dan selamat malam! Tergantung kapan kamu mengunjungi artikel ini. Kali ini saya ingin berbagi catatan harian The Diary Game seperti biasanya, mari kita lihat apa yang terjadi hari ini?

Secara umum, hari ini saya melakukan aktivitas menulis novel, selain melakukan kegiatan lain tentunya. Kegiatan ini sedang saya usahakan untuk dilakukan setiap hari. Karena saya ingin membuat cerita fiksi yang menarik, dan membahagiakan pembacanya, dan juga membahagiakan penulis tentunya.

Kegiatan menulis novel ini sudah saya lakukan sejak bulan Desember kemarin, lalu mengusahakannya setiap hari. Bahkan saya mencatat perkembangan menulis yang telah saya alami bersama teman saya.

Apalagi setiap Minggu, kami melakukan evaluasi agar kegiatan menulis ini tidak hanya mengulangi kesalahan yang sama. Melainkan berevolusi menjadi semakin lebih baik dan lebih baik lagi daripada sebelumnya. Sehingga keahlian kami bertambah, dan memiliki "klik" setiap hari di otak untuk bisa menulis dengan mudah.

Hanya saja sialnya, seringkali saya menerima banyak gangguan saat menulis. Terlalu banyak distraksi dari luar, baik itu suara-suara orang lain, aktivitas yang tiba-tiba harus saya lakukan karena disuruh ibu dan juga sesuatu tiba-tiba lainnya.

Padahal menulis adalah kegiatan yang harus dilakukan secara sadar dan penuh konsentrasi. Sayang sekali, saya yang seharusnya cukup mengatasi distraksi dari diri sendiri harus mendapatkan gangguan-gangguan lain dari luar. Apalagi hal ini seringkali membuat saya semakin frustasi.

Saya harus mencari cara agar tetap bisa konsisten menulis. Karena, percuma saja memiliki energi yang cukup besar tapi tidak mampu konsisten. Apalagi, ya ..., seperti yang kita tahu. Menulis novel adalah kegiatan yang memerlukan waktu lama dan bisa berbulan-bulan.

Kehilangan konsistensi berarti kehilangan ide cerita yang tetap tersambung di antara imajinasi saya untuk menciptakan cerita yang utuh dan menarik. Terlebih hal itu akan menyia-nyiakan kerja keras yang telah dilewati. Menyambung ingatan nyata saja butuh waktu yang sangat lama apabila terlupa. Apalagi ingatan yang dibuat-buat?

Lalu pada akhirnya saya memutuskan untuk mencari tempat menulis yang cukup santai. Cukup bebas dari distraksi sehingga saya bisa lebih konsentrasi untuk menulis. Yaitu di lokasi Telkom Sambi. Sebuah wifi center milik Badan Usaha Milik Negara Indonesia di desa Sambi.

Saya memulai aktivitas dengan menyalakan timer di aplikasi ponsel. Lalu memutar lagu untuk menenangkan pikiran dan segera menulis setelahnya. Tapi tentu saja. Aktivitas menulis selalu diimbangi dengan berpikir dan merangkai peristiwa. Saya bisa melakukannya dengan cukup baik!

Lalu pada akhirnya, hari ini saya mampu melakukan proses menulis novel dalam waktu yang telah saya tetapkan: dua jam menulis! Sebuah capaian yang sangat membanggakan bagi saya sendiri. Saya bisa mengeksekusi kegiatan yang telah saya rancang dengan baik.

Saya bersyukur bisa melakukan aktivitas menulis. Saya bersyukur bisa mengasah keahlian yang selama ini saya geluti. Saya bersyukur bisa memanfaatkan karunia otak yang telah diberikan kepada saya. Dan saya menutup kegiatan ini dengan melakukan selebrasi: foto selfie setiap setelah selesai menulis sebagai apresiasi pada diri sendiri.

IMG_20230121_230217.jpg

Dokumen pribadi

Bagaimana dengan kalian Steemians? Aktivitas konsisten apa yang kamu lakukan dan bisa memberikan manfaat? Jangan ragu untuk bercerita tentang hal-hal positif.

Semoga catatan harian ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk kita semua untuk tetap konsisten dalam mencapai tujuan. Terima kasih telah membaca sampai akhir, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

 last year 
Club75
DescriptionAction
Plagiarism-Free✅️
Bot-Free✅️
Verified User✅️
Beneficiary Rewards❌️
Support burnsteem25✅️
Voting CSI5.2

Terimakasih telah berbagi bersama disini.

 last year 

Terima kasih juga telah bersusah payah mengecek artikel ini pak @waterjoe. Sehat selalu ❤️🍀

 last year 

Thank you for sharing this to us. Private document is very important and it needs to stored it a safe place.

 last year 

Thank for stopping.
If you mean "private document" is my photo. I think its ok to share on steemit. I can download again as far i don't delete my post.

nice to see you here. Have a nice day ❤️🍀

 last year 

Ah yes.. it is very okay. Have a nice day too.

 last year 

Thank you