Contest Environment : Planting Activities - Menanam Jambu

in MIGRATE TO3 years ago

Assalamu'alaikum wr wb

Pada kesempatan ini saya mencoba mengikuti sebuah kintes yang di gelar oleh @klen.civil. Kontes ini menurut saya sangat bagus untuk investasi terhadap lingkungan sekitar kita. Secara tidak langsung kita sudah terlibat dalam menjaga lingkungan dari pemanasan global.

InShot_20210908_191042968.jpg

Pada hari ini sebagai investasi ke lingkungan saya menanam sebatang pohon jam jambu di depan rumah saya. Menurut saya pohon jambu sangat cocok ditanamkan di depan rumah selain pohon mangga.

Lansung saja kita ke proses menanamnya:

  • Bibit pohon jambu sudah dipersiapkan sebelumnya, saya mendapatkan bibit bibit jambu ini dari saudara saya. Bibit jambu ini merupakan hasil cangkok dari induk jambu rumah saudara saya. Karena sudah lama tak ditanam makanya saya minta untuk saya tanam di depan rumah.

IMG_20210908_161221.jpg
bibit jambu


  • Sesudah saya siapkan biji jambu kemudian saya siapkan juga sedikit kontoran sapi yang sudah jadi pupuk organik. Kemudian baru saya gali lubang untuk ditanam:

IMG_20210908_170018.jpg
menggali lubang


  • Setelah saya gali lubang sekira 30 cm, kemudian baru saya tanam bibit jambu.
    IMG_20210908_161912-picsay.jpg

IMG_20210908_184156.jpg
menanam


  • Setelah pohon dimasukkan, kemudian saya tutup tabur dengan pupuk kandangm supaya jambu tumbuh subur. Sementara dibagian paling atas saya tutup lagi dengan tanah galian.

IMG_20210908_161927_1.jpg
memasuki pupuk kandang


  • Proses penaman sudah siap, tingal kita siram.
    IMG_20210908_162546_1.jpg
  • pohon jambu sudah siap ditanam*

Apa manfaat dari pohon jambu:

Pohon jambu memiliki manfaat buahnya bisa dimakan, pohonnya yang rindang sehingga membuat udara dilingkungan menjadi segar. Karena pohon jambu sama seperti poho pada umumnya, dia menghisap Karbon dioksida (CO2) Di udara kemudian mengubahnya menjadi Oksigen (O2) .

Selain menanam jambu ini, sekitar 1 bulan yang lalu saya juga menanam pohon mangga. Letaknya sama depan halaman rumah juga. Berikut ini fotonya:
IMG_20210908_162859_1.jpg


Sekitar 3 tahun lalu saya juga telah menanam pohon mangga. Dimana pohon mohon tersebut saya beli dari hasil koin Gbyte, koin tersebut saya dapatkan dari hadiah reputasi akun Steemit pada saat itu.
Pohon mangga tersebut berada di belakang saya pada berikut :
InShot_20210908_165310143.jpg


Selain itu, saat saya juga menyemai mangga lain di dalam polybag. Saya semai ini dari bijinya langsung :
IMG_20210908_161805.jpg
benih mangga


Tidak lain dan tidak bukan saya lakukan semua ini untuk mendapatkan manfaat di kemudian hari, baik dari buahnya maupun oksigen yang dihasilkan dan kemampuan menyerap karbon dioksida pohon tersebut.

Penanaman pohon sangat perlu dilakukan untuk menjaga lingkungan dari pemanasan global. Pemanasan Global mengakibatkan perubahan suhu di bumi menjadi sangat panas, cuaca menjadi ekstrem dan tidak menentu. Pemanasan global terjadi polusi seperti karbon dioksida yang setiap hari setiap tahun terus meningkat.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah global warming atau pemanasan global?

Langkah adalah dengan menambahkan pohon atau istilah keren (Go Green), menggunakan produk Ramah lingkungan dan hindari membuang plastik ke lingkungan. Semoga dengan ini bumi kita tetap terjaga sampai ke anak cucu kita.


Jujur, kontes kali ini sangat menarik sangat sangat mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara.

The world In your Hand

Best Regard

@longhendra

ABOUT ME

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66437.31
ETH 3491.76
USDT 1.00
SBD 2.69