SEC | S19W1: Designing lesson plans

in #burnsteem253 days ago

SEC | S19W1: Designing lesson plans

lesson.png

Desain canva


Halo teman-teman. Hari ini aku berpartisipasi SEC | S19W1: Designing lesson plans yang diselenggarakan oleh The Brilliant Teacher. Aku mengajak @assidiq @teukuraju @furqanarr @walictd @cymolan untuk berpartisipasi pada kontes ini.

1. What material do you want to teach to students or to your child?

Pertama, saya ingin memperkenalkan diri kepada Anda semua. Saya seorang guru komputer di sekolah. Saya sudah lama mengajar siswa di sekolah dari tahun 2015 sampai sekarang. Saya juga memiliki banyak pengalaman dalam mengajar siswa. Berbagai macam tingkah laku siswa dimulai di kelas ini. Terkadang saya harus bersabar dengan kelakuan mereka namun tidak semua siswa seperti itu.

Materi yang akan saya ajarkan kepada siswa di sekolah adalah materi tentang ilmu komputer seperti servis komputer, desain banner, dan beberapa materi lainnya yang saya ajarkan kepada siswa tergantung materi sesuai mata pelajaran di jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ).


20240708_145420_552.jpg

Aku sedang mengajar siswa di sekolah


Saya mempunyai dua orang anak, satu laki-laki dan satu perempuan. Anak pertama saya berumur lebih dari 2 tahun. Sedangkan putri kami masih berusia 2 bulan. Aku sering menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, apalagi menemani Azka yang sedang bermain mobil di rumah. Saya mengajarinya banyak hal tentang kehidupan sehari-hari, terutama sopan santun, cara bermain yang baik, dan sebagainya. Mengapa itu yang saya lakukan? Agar ia terbiasa dengan hal-hal yang baik ketika besar nanti.


20240708_160506_835.jpg

Azka sedang bermain sepeda


2. Explain how you would design the opening activities, core activities and closing activities in a learning material?

Untuk kegiatan pembuka pada saat mengajar, saya menyapa siswa terlebih dahulu, mencatat kehadiran siswa dan sedikit mengulang materi sebelumnya. Hal ini sering saya lakukan sebelum memulai kegiatan belajar di sekolah. Tujuan dari absen kehadiran siswa adalah untuk mengetahui siapa saja siswa yang hadir dan tidak hadir di sekolah. Lanjutkan dengan mengulang beberapa materi sebelumnya agar siswa dapat lebih fokus mempelajari materi berikutnya.


20240708_162207_521.jpg

Siswa sedang praktek di laboratorium TKJ


Untuk kegiatan ini saya lebih memilih memberikan materi kepada siswa terlebih dahulu baru kemudian praktek. Kami sering melakukan servis komputer, desain di laboratorium teknik komputer dan jaringan. Disana saya menjelaskan materi dan mengajak siswa untuk praktek langsung. Jika ada yang belum dipahami siswa, tanyakan kembali kepada saya. Saya bahkan memberikan tugas kepada siswa tentang materi yang saya ajarkan di kelas.

Untuk kegiatan penutup biasanya saya menjelaskan kembali apa yang telah kami pelajari dan berdoa bersama sebelum pulang sekolah.

3. What method will you use, explain why it is the most appropriate?

Untuk metode yang saya gunakan saat mengajar terdapat beberapa metode seperti memberikan materi, menonton video pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa, melakukan praktek langsung. Karena pada saat menjelaskan siswa juga tidak langsung paham bahkan kita harus menjelaskan beberapa kali materi tersebut. Tetapi ada juga siswa yang mudah memahaminya juga. Semua metode yang saya gunakan untuk mempermudah siswa memahami materi.

4. What tools and media do you need so that learners can understand it well?

Saya memberikan modul tentang materi apa yang akan saya jelaskan kepada siswa. Saya juga memberikan beberapa video tutorial kepada mereka agar mudah dipahami oleh siswa. Jika ada yang belum paham maka aku mengulangi kembali materi tersebut. Saat ini banyak hal yang bisa kita lakukan untuk media pembelajaran.


steem.png

Regards @sisol

Sort:  

Hello @sisol, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club5050
Burnsteem25
Post Quality9/10

Feedback:

  • Wow, being a teacher since 2015 I think that's really great. I'm sure you are also very familiar with learning design. And with the addition of learning media as a tool I think it is also really effective to convey learning material to students.

  • Thank you for participating in the Steemit Engagement Challenge- SEC Season 19 - Week 1 which has been held by The Briliant Teacher team. May you become a successful teacher in the future.

The Brilliant Teacher.jpg

@miftahulrizky, @simonnwigwe, @lil.albab

You might want to make your moderation comment more focused on how well the author has met the requirements of your Teaching Team's weekly assignment.

The other points about AI, bots, clubs etc should be secondary information.

The score out of 10 should be related to the quality, accuracy and relevance of the homework task.

Well sir, I will remind our friends to improve the quality of their comments according to the quality, accuracy and relevance of the homework assignments. We will make some changes as soon as possible.

We as a new team continue to make various efforts for progress and goodness, we are ready to accept constructive input and suggestions. Thank you.

Thank you for your attention and observations sir. In the future we will certainly implement it

Thank you for the observation and corrections we will apply that with immediate effect.

Terimakasih atas verifikasi postingan saya tim The Brilliant Teacher, aku suka dengan tema kontes ini. Semoga beruntung pada kontes Minggu ini

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

You've got a free upvote from witness fuli.
Peace & Love!

TEAM 3
: Congratulations! This post has been voted through steemcurator05. We support quality posts and good comments.

C3TZR1g81UNaPs7vzNXHueW5ZM76DSHWEY7onmfLxcK2iQS7DDhuAKf29F7vpHfehVs7pHFahUnqLcwM2PB3MNEg4EjKX9tWcXbGwULVvcqMsuW3g1SbYPy.png

Curated by : @ngoenyi

Terimakasih Team 3 sc05 yang telah meluangkan waktu untuk mendukung postingan saya.

Mata pelajaran komputer Disekolah pastinya mata pelajaran favorit siswa ya pak. Banyak siswa akan sangat antusias mengikuti pelajaran apalagi banyak melakukan praktik dan melakukan berbagai tugas dan projek. Hal demikian akan membantu siswa semakin berkembang.

Semoga sukses selalu

Iya Bu terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca postingan saya. Salam kenal juga, saya sebagai guru komputer di sekolah tentunya harus update ilmu juga tentang dunia komputer.

Sama-sama pak.

Semoga kita menjadi guru yang disukai oleh siswa dan bermanfaat untuk mereka. Setiap waktu saya juga selalu mencoba untuk mengupgrade diri dan pengetahuan saya. Apalagi mengingat zaman sekarang sudah sangat mudah mendapat pengetahuan. Dengan kemudahan ini saya dan Bapak tentunya selalu berupaya untuk itu.

Kita sebagai guru harus sabar menghadapi tingkah laku anak didik yang kadang-kadang membuat pusing kepala, berikan pemahaman bahwa saya guru anda maka jika anda menghargai saya kamu akan mendapatkan ilmu yang banyak dari saya caranya hargai saya. Dan lama-kelamaan mereka paham sendirinya akan berubah.

Iya benar seperti yang anda katakan. Tapi tidak semua siswa seperti itu hanya beberapa siswa saja buk . Banyak anak sekarang yang terlalu banyak menghabiskan waktu bermain game dan tidak mau belajar

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58006.10
ETH 3098.72
USDT 1.00
SBD 2.43