Sort:  

Tidak menggunakan hak pilih adalah hak warga negara, tetapi sangat tidak dianjurkan @samymubarraq. Saya pernah menulis tentang Robert Rizzo, manager City Bell di Los Angeles, AS, yang mengondisikan gajinya sebesar 786.637 USD atau dua kali gaji Presiden Obama, waktu itu. Dua wartawan LA Times, Ruben Vives dan Jeff Gottlieb, mendapatkan Pulitzer Prize pada 2012 ketika membongkar kasus korupsi itu. Ketika saya bertanya kepada mereka di kantor LA Time, Desember 2012, mengapa kasus korupsi yang begitu vulgar modusnya bisa terjadi di AS, dan mengapa Robert Rizzo yang ternyata tak tamat SD bisa menjadi manajer City Bell, mereka bilang warga kotanya tak terlalu peduli siapa yang menjadi manajer kota, yang penting mereka tidak diganggu dalam mencari uang. Dan warga tidak mau membuang-buang waktu, pikiran, dan tenaga untuk menggunakan hak pilih. Akhirnya, bandit korup itulah yang menjadi pemimpin.

Samalah seperti dikatakan Prof Machfud MD. Ketika orang baik-baik tidak menggunakan hak pilih, akhirnya orang gila dan korup yang menjadi imam kita (tapi ini bahasa saya, hehehehe...).

Saran saya, salat istoqarah dulu, baru memutuskan untuk menggunakan hak pilih atau tidak, dan untuk memilih siapa.

Yasalaamm.. Besar betul beban kita sebagai rakyat menghadapi pemilu ini ya, Bang. Pilih gak pilih tetap memberi dampak. Kalau mudharat lebih besar jika golput, maka saya akan menggunakan hak suara pada pemilu kedepan. Atau seperti kata Bang @ayijufridar, saya harus salat istikharah... 😐

Jangan dijadikan beban, dinikmati saja. Hehehehe....

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60202.34
ETH 2423.33
USDT 1.00
SBD 2.43