Sehari di Simalem

in #travel4 years ago

Horas manjuah juah

Hallo sahabat lasak, kemana weekend kamu menjelang akhir tahun 2019 ini? Tentu masing-masing punya acara ya. Ada yang jalan-jalan ke luar kota, ada yang di dalam kota saja, ada juga yang di rumah berquality time dengan keluarga. Apapun agendanya yang penting kita bahagia. Ukuran bahagia itu ga harus jalan jauh atau pergi ke resto mewah kan, tetapi gimana kita mensyukuri hidup dengan berbagi dengan orang-orang tersayang.

Sahabat lasak, cerita lasak saya kali ini masih di seputaran wisata Sumatra Utara. Pasti dah ketebak nih arahnya kemana hehe. Bener juga sih, wisata Sumatra Utara memang identik dengan danau vulkanik terbesar di dunia yaitu Danau Toba.

Danau Toba

Sahabat lasak, saya mau cerita sedikit nih tentang danau Toba. Tau ga sahabat lasak kalau danau Toba yang panjangnya mencapai +-100 km dan lebar +- 30 km ini berada di 7 kabupaten di Sumatra Utara. Ketujuh kabupaten tersebut adalah kabupaten Simalungun, kabupaten Toba Samosir, kabupaten Tapanuli Utara, kabupaten Humbang Hasundutan, kabupaten Dairi, kabupaten Karo dan kabupaten Samosir. Tentunya masing-masing kabupaten mempunyai destinasi andalan terkait dengan danau Toba, baik itu wisata danau, wisata perbukitan, wisata air terjun, wisata budaya dan masih banyak lagi wisata lainnya. Saya sendiri yang bisa di bilang "rajin" menjelajah setiap sisi danau Toba, masih saja ketinggalan karena selalu bermunculan destinasi baru di kawasan danau Toba ini.

Lanjut ke ceritanya saya ya. Jadi saya sedang berada di rumah mertua di Siantar. Ga di sangka kami kedatangan tamu dekat. Mereka adalah dua sahabat saya dari Aceh, yaitu Yasir dan Asra. Lalu di rumah mertua juga sedang ada kakak ipar dan dua orang anaknya. Mumpung sedang rame, jadi rugi rasanya kalau kami duduk di rumah saja. Akhirnya saya dan istri sepakat mengajak mereka melihat salah satu sisi keindahan danau Toba, yaitu ke puncak pass Taman Simalem Resort.

Taman Simalem Resort

Taman Simalem Resort ini adalah sebuah perbukitan di tepi danau Toba yang di "sulap" menjadi sebuah resort. Resort seluas 206 hektar ini berada di Jalan Raya Merek - Sidikalang, Km 9, Tongging, Kabupaten Karo. Konon Taman Simalem Resort di bangun oleh Investor dari Singapura. Selain penginapan, disini ada berbagai fasilitas yang bertaraf internasional loh, ada lapangan golf, taman bunga, labirin, kawasan outbond, perkebunan dan bahkan ada air terjunnya juga. Untuk menikmati beberapa fasilitas di resort ini kita ga mesti menginap. Dengan membayar 300.000 rupiah per mobil, kita bisa berwisata di resort ini.

Lets Go

Pagi-pagi kami sudah siap. Full team 8 orang mengisi 1 buah mobil Avanza sewaan. Perbekalan pun sudah kami siapkan. Dari kota Pematangsiantar menuju Taman Simalem Resort jaraknya kurang lebih 85 Km viaSaribu Dolok. Selama perjalanan kami beberapa kali singgah sekedar melepas penat dan menikmati pandangan alam yang kami lewati. Salah satunya adalah kebun teh Sidamanik.

Kebun teh Sidamanik Bah Butong, berada di kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun.

Cuaca cukup cerah dan lalu lintas tidak begitu ramai. Setelah berkendara selama kurang lebih 2 jam, melewati beberapa jalan yang kurang bagus, tibalah kami di gerbang Taman Simalem Resort. Di gerbang ini kami membayar tiket dan diberi map sebagai panduan supaya tidak nyasar. Kami langsung masuk lokasi dan penjelajahan pun di mulai. Hutan yang kami lewati di sisi kiri dan kanan masih sangat asri.

Inilah pemandangan kiri dan kanan jalan begitu kita memasuki Taman Simalem Resort.

Menjelajahi resort ini ini tidak memungkinkan jika kita berjalan kaki. Antara satu kawasan ke kawasan lainnya saling berjauhan. Ada 5 kawasaan di resort ini, yaitu Pangambatan Valey, Karo Agrotourism Farm, Kodon-kodon, Tongging Point dan yang terakhir dan paling puncak adalah One Tree Hill. Rasanya perlu satu hari juga menjelajahi lokasi ini.

Tujuan utama kami adalah puncak pass Simalem di kawasan One Tree Hill. Jalan yang kami lalui lumayan berkelok. Dan Finally kami sampai. "Welcome to pearl of lake Toba". Jujur meski sering ke danau Toba dan kemari pun bukan yang pertama, tapi saya selalu terpesona melihat keindahan danau Toba. Kami semua takjub dan langsung mengambil kesempatan untuk berfoto-foto.

Inilah pemandangan danau Toba dari puncak pass Simalem, di kawasan One Tree Hill.

Rasanya malas beranjak. Kami berlarian kesana kemari dan berpose dengan aneka gaya pun sepertinya tak ada puasnya. Tapi kami harus berbagi waktu dengan kawasan lain. Sebagian ada yang ingin melihat taman bunga, sebagian ingin main di taman Labirin dan sebagian kami ingin main di permainan outbond. Puas bermain, kami istirahat sambil lunch di Kodon-kodon kafe yang ada di resort.

Hari menjelang sore. Kami harus pulang menuju Siantar. Tapi, kurang afdol rasanya jika kami tidak membasuh wajah dengan segarnya air danau Toba. Kami memutuskan singgah di desa Tongging. Desa yang berada di tepi danau Toba ini tak kalah mempesona. Banyak sekali kedai makan minum yang berada di tepi danau. Secangkir kopi khas Sidikalang menemani peristirahatan kami di tepi danau Toba sekaligus mengakhiri perjalanan kami sehari di Simalem.

Buat sahabat lasak yang masih penasaran dan mau tau lebih banyak tentang Taman Simalem Resort, silahkan buka website dan Instagram Taman Simalem Resort di tautan di bawah ini :
👇👇👇👇👇👇

Website : Taman Simalem Resort

IG : Taman Simalem Resort

"Selamat berlibur di akhir tahun, semoga tahun 2020 menjadi tahun yang lebih baik buat kita semua".

Senin, 30 Desember 2019

Lasaklah ... sebanyak, sebisa dan sejauh mungkin, karena hidup bukan diam di satu tempat"

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger

Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Whatsapp +6282166076131

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work!
Dear reader, Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.me/esteem

mantap bang. saya liburan ke danau laut tawar di takengon. marsipature hutanabe do, bang :)

Danau Laut Tawar tu mirip sama danau Toba. Miniaturnya danau Toba hehe

A day in Simalem is not short of entertainment. Here you check this plasterers christchurch and get more new tips for for roof cleaning. There are several things to do on such a rainy day like visiting the lighthouse watching a fashion show; going to the market and sit under palm trees in order to watch people coming from far distances and buying fish, fruits and vegetables.