Enam Kelebihan Bekerja (Dinas) di Malam Hari Versi @sittishabir

in #steempress6 years ago (edited)


Apa kabar sobat semua...

Setelah sebelumnya saya menulis postingan yang berjudul Tips Dinas Malam agar Lancar dan Sukses yang bisa dibaca di sini. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas mengenai beberapa keuntungan dan kelebihan bila bekerja di malam hari menurut versi saya sendiri. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa bekerja atau dinas di malam hari bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

Berkumpul dengan keluarga di malam hari, tidur di kasur yang empuk dan nyaman, serta bisa tidur suka hati di rumah adalah keinginan setiap orang. Namun ada di antara kita yang mau tak mau harus tetap menjalani dinas di malam hari dikarenakan panggilan tugas. Seperti saya misalnya. Saya seorang perawat yang jadwal dinas memakai sistem shift. Setiap bulannya saya mendapat giliran dinas malam, antara enam sampai sepuluh malam perbulan.

Jadwal dinas yang tidak tetap yang setiap bulannya bisa berubah membuat saya harus beradaptasi dengan keadaan ini. Dinas yang paling berat dan menjadi tantangan tentu saja dinas malam. Dan ini sudah menjadi resiko terhadap pilihan yang saya ambil ketika memutuskan untuk bekerja di rumah sakit. Namun alangkah lebih indahnya bila melihat hal ini dari sisi positif sebagai wujud dari rasa syukur bahwa di luar sana masih banyak pengangguran yang belum memperoleh pekerjaan. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah beberapa kelebihan dan keuntungan dari dinas malam versi saya:

Mendapat tambahan uang lembur

Walaupun uang bukan segalanya namun tidak bisa dipungkiri bahwa kita bekerja untuk mendapatkan uang. Nah, keuntungan dari dinas malam adalah mendapatkan tambahan uang lembur yang sering kami sebut uang jamal (jaga malam). Setiap instansi yang memberlakukan dinas malam memiliki kebijakan yang berbeda dalam memberikan uang lembur, namun di rumah sakit tempat saya bekerja, jasa lembur yang diberikan jumlahnya lumayan.

Siang hari bebas kemana aja

Nah, ini yang paling saya sukai bila saya mendapat tugas jaga malam yaitu siang harinya saya bisa bebas melenggang kemana aja yang saya suka. Karena sebagian besar aktifitas saya lakukan di siang hari terutama aktifitas sebagai makhluk sosial. Saya bisa menghadiri undangan pesta, membuat janji dengan teman-teman dan jalan-jalan dengan keluarga.

Lepas jaga sebagai pengganti libur

Setelah dinas dua malam berturut-turut, kami mendapatkan bonus lepas jaga. Yaitu bebas dari bekerja selama seharian penuh dimulai setelah pulang dinas malam kedua. Saya menganggap bahwa lepas jaga adalah pengganti hari libur. Jadi saya bisa berkumpul bersama keluarga, melakukan berbagai aktifitas di rumah dan lain-lain.

Kesempatan berlama-lama di kampung

Untuk pulang kampung kami sering request libur atau minta tukar dinas dengan teman agar jadwal libur bersambung dengan dinas malam sehingga kami bisa berlama-lama di kampung. Kami tidak perlu buru-buru untuk balik karena kami bisa kembali pada hari dinas malam tersebut. Hal ini berlaku bagi orang yang kampungnya jauh seperti saya.

Menambah ikatan persaudaraan dengan teman sejawat

Dinas malam yang menghabiskan waktu lebih lama sekitar dua belas jam bersama teman kerja, akan membuat sesama teman semakin akrab dan kompak baik suka maupun duka. Sehingga ikatan batin semakin kuat layaknya saudara. Dan saya merasa bahwa rumah sakit tempat saya bekerja sebagai rumah kedua bagi saya.

Melatih kesabaran

Bekerja di malam hari juga bisa menjadi latihan untuk melatih kesabaran. Dan ini merupakan tantangan tersendiri di mana antara bekerja dan melawan kantuk. Belum lagi bila ada kondisi darurat atau emergency terhadap pasien yang kondisinya kritis. Tentu butuh tenaga lebih untuk melakukan aktifitas maupun berpikir, supaya penanganan terhadap pasien menjadi maksimal. Pengalaman hidup ini akan membuat diri ditempa menjadi lebih kuat dalam mengarungi samudra kehidupan

Demikian sedikit ulasan saya berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. Dan saya meyakini bahwa Allah sudah menentukan sesuatu ketetapan terhadap diri manusia sesuai porsi dan kemampuan masing-masing. Dan sepatutnya kita bersyukur terhadap jalan hidup yang telah digariskan oleh-Nya[]


source­

Wassalam,

@sittishabir


Posted from my blog with SteemPress : http://sittishabir.com/2018/07/14/enam-kelebihan-bekerja-dinas-di-malam-hari-versi-sittishabir/

Sort:  

Hello sittishabir!

Congratulations! This post has been randomly Resteemed! For a chance to get more of your content resteemed join the Steem Engine Team

Postingan yang sangat bermanfaat,..
Semoga saua bisa memakai Yips ini..sukses selalu.

Alhamdulillah... Senang bisa berbagi

Wah pasti bahagia sekali ya lepas jaga itu. 😍

Iya kak...sangat2 bahagia...dan hari ini siti lepas jaga. Hehe

Saya juga percaya itu, Mbak.
Allah Maha Baik

Yups...kita wajib mempercayainya. Makasih sudah berkunjung

Begitulah jalan hidup kita perawat
:)

Iya... Bersyukur dan bersyukur

Selamat lepas jaga kak.. Hehe

Makasih ya dek 🌷🌷🌷

Tetap semangat walaupun bekerja di malam hari @sittishabir

Yups... Harus semangat

Sangat bermanfaat untuk dibaca

Alhamdulillah... Makasih ya...

Hello, as a member of @steemdunk you have received a free courtesy boost! Steemdunk is an automated curation platform that is easy to use and built for the community. Join us at https://steemdunk.xyz

Upvote this comment to support the bot and increase your future rewards!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63135.01
ETH 2546.56
USDT 1.00
SBD 2.64