Cara Belajar istimewa untuk siswa/siswi, udah pada tau ?

in steempress •  25 days ago


Tulisan ini ditujukan untuk siswa/pelajar dimana pun berada, khususnya untuk saya juga sih kita tau saat ini sekolah banyak yang menerapkan belajar, belajar, dan belajar. Saya punya keponakan yang masih sekolah, kalau pulang langsung dia tidur dengan baju yang belum diganti, saya pikir tampak dia lelah sekali. Dari situ saya mempunyai ide sebenarnya apa sih penyebabnya dan kira-kira apa ide yang bisa ditulis, supaya anak-anak bisa bermain, enggak kecapean, tapi prestasi nya top. poinnya ternyata harus konsisten supaya ide ini bisa benar-benar maksimal. Berikut beberap idenya :

image source

  1. Jangan Monoton dong ayo coba teknik terbaru
    Manfaatkan dunia internet untuk menggali banyak informasi, kalau ada pertanyaan yang tidak bisa ditemukan dibuku. Bahasa buku mungkin agak susah untuk dipahami namun internet memberikan info yang lebih luas dengan bahasa yang santai. Dalam satu hal misalnya kita bisa menonton tutorial programing lewat youtube, kalau saya pribadi baca teori di bukunya sedikit terus langsung buka youtube untuk melihat prakteknya. cara ini menekankan sedikit membaca, dan langsung praktek. Efeknya saya rasa akan lebih tahan lama, karena latiha-latihan dan latihan akan lebih menancap dari pada hanya membaca teori tapi tidak melakukan praktek. Siapa yang setuju dengan ide yang satu ini ? komen dibawah ya kawan.

  2. Paksa otak untuk berkembang
    Belajar gitu-gitu aja setiap hari pasti membosankan, iya kan ? masuk, duduk, pulang, enggak cocok dipakai. Kita perlu mengeluarkan gaya belajar baru bila perlu ciptakan sendiri ide belajar yang cocok. Taukah kalian kalau bagian otak yang kita pakai saat ini hanya beberapa persen saja, dan kalau mau lebih kuat, harus ditingkatkan levelnya. Otak salah satu ciptaan Tuhan yang benar-benar istimewa, sayang sekali kalau potensinya hanya sampai disitu. Semakin sering dipakai belajar dengan berbagai macam metode bukannya makin konslet tapi otak semakin terbuka potensi yang tersembunyi, jadi otak kita unik enggak seperti mesin, kalau mesin bisa panas kurang-kurang bisa konslet, tapi tidak begitu dengan otak manusia, bagi kalian yang mencoba tips kedua ini kalau dirasa otak terasa pening-pening sedikit itu pertanda bagus artinya otak kalian merespon, lakukan secara konsisten maka prestasi itu akan datang. Terima kasih Tuhan untuk nikmat mu


    image source

  3. Kamu harus fokus
    1 hari 1 pelajaran, lebih baik dari pada banyak mempelajari. tapi kalau disekolah kan banyak ya tiap hari bisa 2-3 PR yang harus dikerjakan. Terus gimana ? Saran saya kerjakan saja kan itu memang kewajiban, tapi dari 3 PR itu ambil 1 yang kita pilih untuk di fokuskan pelajari pada hari itu, 2 pelajaran sisanya untuk hari besok. Ingat jangan sampai lupa hasil akan maksimal 1 pelajaran fokus untuk 1 hari akan membantu pelajar lebih cepat memahami.

  4. Enggak baik belajar kebut semalam, yang cocok itu dicicil

Untuk menguasai skill baru misalnya cara memasak, hari pertama kumpulkan informasi yang cukup, hari kedua mulai praktek, tapi jangan terlalu dipaksakan kalau sudah lelah istirahat saja, minggu ketiga ulangi lagi kira-kira mana ada yang kurang, minggu ke 4 kita mulai menguasai. Otak setidaknya butuh waktu pemindahan yang tepat dari jangka pendek ke jangka menegah. Cara ini saya rasa cocok untuk memperoleh daya ingat dalam waktu yang lama, jangan seperti kawan saya ya, besok mau ujian, malamnya baru belajar kebut salam, hasilnya memang sih dia lulus tapi nilai nya ya standar aja. Bagi siswa yang pingin nilai istimewa lakukan secara bertahap, latihan diulang-ulang, tidak perlu khawatir gagal, itu biasa, yang terpenting ketika jatuh kita catat mana yang perlu diperbaiki, mudahnya hanya perlu bangkit dan terus mencoba sampai mahir

  1. Kedepan yuk duduknya
    Waktu kami masih sekolah, setiap tahun jaran baru baru kursi bagian depan selalu menjadi incaran. Pernah kami berangkat jam 6 sedangkan sekolah mulai setengah 8 menuju sekolah demi mendapatkan bangku paling depan. Pernah merhatiin gak ? kebanyakan yang duduk didepan akan masuk 10 besar didalam kelas, dan bagian kursi belakang akan menjadi tempat siswa dengan nilai yang terendah. Itulah mengapa ketika masih sekolah disarankan ambil posisi yang paling depan, rasanya pasti beda karena yang duduk didepan suara guru akan lebih jelas, kita juga nih yang didepan enggak berani, lengah sedikit langsung aja ituh mata guru menuju nya kekita. Kalau duduk dibelakang saya taulah sembari main game, iya kan ? Poinnya jangan sampai lupa ya ( posisi duduk mempengaruhi masa depan)

  2. Fokus kakak
    Untuk yang engga biasa multitasking ikuti tips ini , kalau belajar jauhi televisi, jauhi ponsel, jauhi akses internet. Fokuslah dengan buku bacaan yang kita pegang. Nantinya konsentrasi akan terbagi karenanya perlu fokus, percayalah terkadang karena keasikan nonton bukannya belajar malah ngantuk duluan. Poinnya fokus yap

  3. Yuk tulisannya di buat ringkas
    Gunakan teknik meringkas dengan simbol-simbol, gambar, sebab otak lebih suka mengingat dalam bentuk visual. Kapanpun perlu mencatat kita bisa mengambil intinya kemudian ditulis dalam bentuk visual, supaya informasi yang diperoleh jadi lebih ringkas. Engga mau kan sewaktu-waktu butuh info yang kita tulis tapi tulisannya kepanjangan sampai-sampai ngantuk duluan. Menulis diringkas dengan menggunakan visual banyak manfaatnya juga loh selain membuat otak lebih cepat mengingat juga menghemat waktu, jadi jangan sampai lupa untuk diringkas ya


    image source

  4. Paksa diri sendiri untuk mencapai batas maksimal
    Yang terakhir pacu diri sendiri untuk mengerjakan soal latihan, banyak- banyak, semakin pintar seharusnya semakin merasa bodoh sebab masih banyak, ternyata pengetahuan didunia yang belumn dijelajahi. Membeli buku soal-soal, belajar dari video, download-donwload soal dari internet bisa jadi pilihan yang cocok dicoba dirumah. selamat mencoba

Semoga tulisan ini bermanfaat

Image source: 1, 2, 3


Posted from my blog with SteemPress : https://penreza.com/edukasi/cara-belajar-istimewa-untuk-siswa-siswi-udah-pada-tau/

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Just splendid!

·

hallo @svoyaleks thank you for coming

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by nureza from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Congratulations @nureza! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 700 upvotes. Your next target is to reach 800 upvotes.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemitBoard notifications improved

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!