Steemit & Community

in #steemit7 years ago (edited)
Saya mengucapkan ribuan trimakasih pada sahabat saya @bahagia-arbi yang sudah mengajak saya untuk bergabung di dunia steemit ini. Banyak hal baru yang saya dapatkan, mulai dari pertemanan sampai dengan pengetahuan-pengetahuan baru di sana.

image
Image Google

Saya melihat Steemit ini bakal terus booming. Perlahan dan pasti warga dunia maya pengguna sosmed mulai milirik keberadaan steemit. Mereka yang selama ini begitu sibuk hilir mudik di fb, twitter, path dll mulai bermigrasi ke steemit. Mungkin salah satunya dipengaruhi oleh faktor penghargaan berupa uang (SBD) dalam steemit.

Untuk menghasilkan sesuatu yang berharga tentunya setiap orang harus bekerja keras. Setiap orang di steemit selalu berpacu dan berjuang untuk itu. Yang menarik adalah di tengah kompetisi mendulang si mata uang ini, steemit sendiri seperti memberikan aturan tersirat agar setiap penggunanya tetap selalu memiliki hubungan baik antar sesama, memiliki hubungan networking yang kokoh. Hal ini seperti sudah menjadi salah satu syarat agar pundi pundi SBD itu cepat terisi penuh.
Perjuangan demi perjuangan mengais dollar mulai dilakukan, segala cara mulai di praktekkan. Ada yang melakunnya dengan cara-cara yang elegan, ada juga yang sebaliknya. Mulai dari system upeti, investasi sampai membentuk komunitas untuk saling bekerja sama satu dan lainnya.

image
Image Google

Menurut saya, membangun komunitas sangatlah penting dalam dunia stemit. Karena akan banyak proses disana. Saling bantu upvote, berbagi ilmu (tips & trick) dan diskusi-diskusi tentang perkembangan steemit akan di dapati dalam komunitas tersebut. Jika ingin melihat lebih jauh, idealnya dalam sebuah komunitas harus ada semacam proses mentoring bagi para newbie. Mereka ini sangat patut untuk diarahkan, diajarkan, dan di didik untuk dapat menjadi stemian hebat.

Namun jika komunitas itu hanya digunakan sebagai ajang show of force, atau lebih ekstremnya hanya sebagai azas manfaat untuk menjadikan diri sendiri hebat. Saya kira ini kurang tepat dan sia-sia. Membangun komunitas yang seperti ini sama dengan membangun istana pasir, nilai manfaatnya nol atau lebih kecil daripada nol.

image
Image Google

Sudah seharusnya jika sebuah komunitas steemit itu dikelola dengan baik dan benar jika ingin hasil yang maksimal. Ada proses belajar dan mentoring didalamnya. Bagi yang sudah senior membimbing yang junior, tidak perlu pelit ilmu. Sudah tidak zamannya lagi untuk memenjarakan pengetahuan. Seberapa lama kita mampu memenjarakan sebuah pengetahuan? cepat atau lambat pengetahuan tersebut pasti akan terbebas dan siap membantu yang membutuhkannya. Saya ingat nasehat salah seorang sahabat dan juga senior saya saat pendidikan "di zaman informasi tanpa batas, keengganan berbagi pengetahuan adalah suatu bentuk kedunguan yang tidak bisa di tolerir"
Untuk masalah berbagi ilmu ini, saya melihat akun @abunagaya sangat konsisten melakukannya (mohon maaf, saya tidak bermaksud menafikan akun-akun lain). Semua pengetahuan yang bermanfaat tentang steemit diblow up secara vulgar pada blognya, tidak ada yang ditutup-tutupi. Mungkin beliau bukan tipikal "ku'eh" (baca picik), sehingga mampu berbagi pengetahuan sebaik ini. Saya bisa rasakan ketulusan berbagi dalam setiap tulisan beliau. Saya Haqqul yakin dalam waktu tidak lama lagi @abunagaya akan menjadi legend di negeri steemit (Saluutt buat @abunagaya).

! image
Image Google

Steemit ini akan terus bertahan dan berkembang jika penggunanya semakin bertambah. Tentunya para juragan-juragan steemit akan bersepakat untuk setuju dengan pernyataan diatas. Karena mereka sadar kehadiran para newbie inilah yang membuat mereka tetap eksis mengisi pundi-pundi SBD & SP miliknya, Karena mereka sadar newbie bukan sebuah ancaman persaingan bagi mereka.

Sudah selayaknya kehadiran para newbie dalam komunitas harus di support sampai dia menemukan jalurnya untuk mapan. Mereka itu aset, bukan penghancur steemit. Jadikan komunitas itu sebagai core sebuah jaringan dalam strategi bersteemit. Semoga bermanfaat.....

"Salam Steemit" dari sudut negeri yang masih setengah merdeka.

Upvote, Resteem & Follow me @dodybireuen

Terimakasih untuk :

Special Thanks for:

Sort:  

Luar biasa penjabarannya bang @dodybireuen.. saya ada mendengar desas desus di dalam sebuah komunitas, mungkin tidak terkoordinir dengan baik, saya harap sebuah komunitas dapat membuatnya secara terstruktur dan anggota team bisa saling memotivasi dalam berinteraksi sesama steemians.. masalah ilmu terima kasih atas penyebutan nama saya dalam artikel bang @dodybireun.. saya mau berbagi karena memang kondisi steemit masih sangat muda dan baru, banyak hal yang harus mereka pahami didalam steemit, agar kehadirannya cepat beradaptasi dengan steemit, dan tentunya mereka tidak cepat menyerah.. semua bituh proses.. dengan adanya pemahaman tips.. mereka akan termotivasi untuk terus bisa berinteraksi di dalam komunitas steemit yang besar ini. Terima kasih sekali buat bang @dodybireun.. saleum dari

Saya berharap semua desas desus hanya proses untuk menjadikan semuanya lebih baik.

Teruslah berbagi ilmu @abunagaya..... "tebar kebaikan, dan raihlah kemenangan"

Banyak teman sambil berkarya, berbagi, dan berpenghasilan... ya steemit deh! Salaam hangat...

Salam kembali hangat2 kuku kaka @mariskalubis, btw gak weekend? Atau weekend nya bersama steemit? Hehehe

Puanas buanget di luar sana, lebih baik sam steemit saja di dalam rumah... hehehe

di Bireuen juga lagi luar biasa panasnya

Terimakasih abu udah mampir

This post recieved an upvote from minnowpond. If you would like to recieve upvotes from minnowpond on all your posts, simply FOLLOW @minnowpond

saya sahabat mereka juga Bang @dodybireuen, sebelumnya izinkan saya follow. karena @abunagaya @safwaninisam @syehlah dan banyak kawan lain yang tidak saya sebutkan disini merupakan senior dan pemberi suppot bagi kami pemula di komunitas @steemit. terima kasih atas tulisan ini patinya bermanfaat bagi kami pemula.

Terimakasih bang @ridwant untuk commentarnya, sudah saya follback ya.... semoga silaturahmi kita semakin kuat. Salam saya untuk @abunagaya, @safwaninisam, @syehlah serta rekan-rekan yang lain.

Saya juga masih newbie juga, msh harus banyak belajar pada @abunagaya dkk

Tulisan yang sangat PENTING dibaca dituliskan dengan sangat baik oleh sahabat saya @dodybireuen. Salam sukses selalu dari Rumoh Kupi.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56500.57
ETH 2341.32
USDT 1.00
SBD 2.33