Ulasan! Gawai Apa Yang Saya Gunakan?

in #review7 years ago (edited)

Untuk menunjang kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam komunikasi dan akses informasi, saya menggunakan gawai keluaran Xiaomi, yaitu Redmi Note 3G sebagai perangkat komunikasi dan akses informasi utama.

Redmi Note 3G adalah salah satu dari dua smartphone varian Redmi Note pertama yang dikeluarkan oleh Xiaomi, bersama dengan Redmi Note 4G. Perbedaan diantara keduanya adalah Redmi Note 4G hanya memiliki satu slot kartu SIM, namun mendukung konektivitas 4G, sedangkan Redmi Note 3G hanya mendukung konektivitas 3G, namun memiliki dua slot kartu SIM.

Di dalam segi koneksi, kekurangan Redmi Note yang saya gunakan ini adalah slot nomor 1 pada gawai ini hanya mendukung koneksi data 3G (WCDMA) dan slot nomor 2 hanya mendukung 2G, sementara provider internet seluler sekarang ini sudah menyediakan infrastruktur yang mendukung koneksi 4G di wilayah sekitaran saya tinggal, Aceh.

Unit Xiaomi Redmi Note yang saya gunakan ini memiliki case bagian belakang yang terbuat dari plastik dan berwarna putih, bagian tersebut yang saat ini sudah lecek-lecek dan beberapa bagian catnya sudah terkelupas, bahkan logo Xiaomi-nya juga sudah terkelupas.

Sebagai varian note, gawai ini memiliki ukuran layar 5,5 inchi yang cukup lebar dengan bobot sekitar 200 gram, agak sedikit berat. Dengan spesifikasi tersebut rasanya agak kurang nyaman jika harus mengoperasikan gawai ini dengan satu tangan.

Namun ukuran layarnya yang besar dan lebar, membuat bermain game dan menonton video memalui YouTube maupun streaming video menjadi lebih nikmat. Terlebih dengan spesifikasi RAM sebesar 2 GB dan diperkuat dengan CPU 8 core yang masing-masing core tersebut berkekuatan 1,7 GHz, game-game kualitas menengah mampu berjalan cukup baik.

Kamera beresolusi 13 MP terletak di bagian belakang atas gawai ini. Tepat di bawahnya terdapat LED flash. Kamera beresolusi 13 MP ini menjadi senjata utama. Gambar yang dihasilkan terasa cukup terang dan berwarna, berikut beberapa gambar hasil tangkapan saya yang menggunakan gawai ini:

Kamera pada gawai ini mendukung auto fokus yang dapat dilakukan dengan cukup cepat. Selain mode fokus, kamera pada gawai ini juga mendukung pengambilan foto dengan beberapa mode lainnya yang sudah terdapat dalam aplikasi kamera bawaan gawai, seperti mode panorama, mode malam dan lain sebagainnya.

Xiaomi Redmi Note yang saya gunakan ini masih terus menerima pembaharuan ROM MIUI dari developer Xiaomi. Saat ROM terbaru untuk gawai ini adalah MIUI 8. Dan menurut kabar, gawai ini juga akan menerima MIUI versi terbaru yang akan dirilis dalam waktu dekat ini, yaitu MIUI 9.

Meski terus menerima pembaharuan ROM MIUI, namun versi android untuk gawai ini sudah tidak mengalami peningkatan sejak lama dan berhenti pada versi KitKat atau android 4.4.2. Ini yang membuat saya sedikit kecewa dengan gawai ini karena tidak bisa memasang beberapa aplikasi favorit seperti saya aplikasi Steller, dan game PES 2017 yang tidak mendukung pemasangan pada android versi KitKat.

Gawai ini memiliki media penyimpan internal 8 GB, yang mungkin kurang cukup jika harus menyimpan banyak foto dan lagu. Untuk mengatasi hal ini saya menggunakan memory eksternal yang berkapasitas 16 GB. Sekian ulasan saya tentang gawai yang saya gunakan!

Sort:  

Hello @yaumilhsn! Kami sudah upvote yaa..

Thanks for your good posts, I followed you!

Congratulations @yaumilhsn! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Do not miss the last post from @steemitboard:

The new SteemFest⁴ badge is ready
Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 58474.85
ETH 2500.10
USDT 1.00
SBD 2.39