Meraba Kabut di Bukit Cinta

in #realityhubs5 years ago

Bukit Cinta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Gayo Lues. Panoramanya sungguh memanjakan mata. Anda bisa meraba kabut di salah satu puncak tertinggi Negeri Seribu Bukit tersebut.

Adalah Anuar Syahadat, jurnalis Gayo Lues yang membawa saya ke sana. Ketika mengetahui saya berada di Kota Bangkejeren, ibu kota Kabupaten Gayo Lues, ia segera menjumpai saya bersama Teuku Said Ramli yang juga pernah bekerja sebagai jurnalis. Saya mengenalnya ketika menjadi redaktur surat kabar Harian Aceh yang terbit di Banda Aceh.

Keduanya pernah menjadi koresponden Harian Aceh untuk wilayah liputan Gayo Lues, tapi Teuku Said Ramli yang seorang guru dan kepala desa, kemudian melanjutkan karirnya sebagai pejabat di salah salah satu instansi pemerintahan di kabupaten tersebut. Sementara Anuar Syahadat yang sering kami panggil Win Porang masih bekerja sebagai jurnalis.

puncak genting indah pining.jpg
Kabut di Bukit Cinta, Puncak Genting Indah Pining, Gayo Lues Foto

Pagi itu saya baru akan sarapan di hotel tempat saya menginap. Sebuah mobil escudo parkir di depan hotel, dua orang anak muda turun dan langsung menghampiri saya di lobi hotel. “Maaf Bang agak telat, tadi ke tempat Pak Keuchik dulu jemput beliau,” kata Anuar sambil menunjuk Teuku Said Ramli di sisinya. Ramli hanya tersenyum. “Belum telat, saya juga belum sarapan,” jawab saya.

Anuar dan Ramli kemudian meminta saya untuk tidak sarapan di hotel. Katanya lebih asyik sarapan di warung sampil minum kopi. “Gubernur baru nanti siang tiba, saya sudah tanya protokol Bupati tadi, pokoknya hari ini abang kami culik,” kata Anuar. Kedatangan saya ke Gayo Lues memang dalam rangka mendampingin tim Humas Pemerintah Aceh yang menyertai kunjungan Gubernur Zaini Abdullah lokasi becana alam, jalan longsor di Tangsaran.

Kami keluar dari hotel menuju pusat Kota Balangkejeren, menikmati sarapan lontong sayur yang katanya paling enak di kota itu. “Nah, sekarang kita kemana?” tanya saya penasaran. Anuar dan Ramli saling memandang, keduanya kemudian memutuskan, saya akan dibawa ke Bukit Cinta.

Bukit Cinta masih berada dalam Kecamatan Blangkejeren, jaraknya hanya sekitar 15 menit sampai 20 menit perjalanan dengan sepeda motor dari pusat kota. Tapi sebelum ke sana Anuar dan Ramli membeli berbagai cemilan dan makanan ringan di pusat kota. “Di sana tak ada makanan, paling ada hanya kopi dan mie instan,” kata Ramli.

longsoran Tangsaran.jpg
Jalan longsor di Tangsaran Foto

Usai berbelanja, Anuar kembali memacu mobilnya ke luar dari pusat kota menuju jalan perkampungan. “Sudah kaya kau ya, sudah punya mobil,” kataku. Anuar hanya tersenyum. “Ini hasil dari kebun, bukan merampok, ada bantuan bibit dari Dina Pertanian saya sewa lahan warga beberapa hektar untuk tanam jagung. Hasil panennya ya beli si hitam ini,” kata Anuar. Si hitam yang dimaksud adalah mobil escudonya yang warna hitam yang sedang membawa kami ke Bukit Cinta.

Sepanjang perjalanan di sisi kiri dan kanan jalan, saya melihat hamparan tanaman jagung yang begitu luas. Sementara di atas bukit di sela-sela pohon pinus, serai wangi di tanam oleh penduduk. Serai wangi merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat di sana, mereka mengolahnya menjadi minyak, dan minyak serai wangi Gayo Lues konon merupakan yang terbaik di Indonesia.

Kini dari jalan kampung mobil berbelok menaiki bukit, memasuki hutan pinus, jalannya agak sempit. Anuar beberapa kali harus memperlambat laju mobilnya. “Sudah pernah bawa mobil ke sini?” tanya Ramli yang agak gusar. “Belum inilah kali pertama naik pakai mobil,” jawab Anuar, kini saya yang ikut gusar, sedikit saja lalai, mobil akan jatuh ke jurang.

Setelah belasan menit menaiki bukit dengan jalan terjal itu, kami akhirnya tiba di puncak. Anuar memarkirkan mobilnya di samping sebuah warung. “Ini dia Bukit Cinta Bang,” katanya. Kami bertiga turun. Saya melihat hamparan hutan pinus yang begitu lebat, puncak-puncak pinus itu diselimuti kabut, saya mulai merasakan hawa sejuk.

Di pondok-pondok kecil beberapa pasangan muda-mudi asyik bercengkrama, asyik berfoto dengan berbagai pose. Seorang pria asyik bermain drone, memotret keindahan Bukit Cinta dari angkasa. Drone itu beberapa kali melewati kami. “Kalau sore pemendangannya lebih indah bang,” jelas Anuar. “Ya, bukit yang sangat indah,” gumam saya.

ACH_4390.JPG
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah bersama Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim di lokasi longsoran Tangsaran Foto

Saya kemudian duduk di sebuah bangku kayu di atas bukit, memandang ke bawah, ke hamparan pohon pinus di sepanjang relung bukit, namun pandangan saya terhalang kabut, lama kelamaan malah saya merasakan kabut menyelimuti bukit itu. Saya benar-benar seperti meraba kabut di Bukit Cinta.

Perjalanan ke Bukit Cinta yang sempat menegangkan di tanjakan jalan dan beberapa kelokan, kini terbayar lunas dengan panorama indahnya hutan pinus. Menikmati kopi panas di tengah dinginnya bukit berkabut juga merupakan sebuah sensasi yang tak saya temukan di tempat lain.

Bukit Cinta itu masih sangat perawan, dan sayangnya sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Gayo Lues, kawasan wisata itu belum memiliki fasilitas pendukung, belum ada infrastruktur yang memadai di sana. Atau memang Bukit Cinta harus tetap dibiarkan seperti itu, alami dengan panoramanya yang sungguh aduhai.

Sayang saya tidak bisa berlama-lama di sana, kami harus kembali ke Kota Blangkejeren, bergabung dengan Tim Humas Pemerintah Aceh yang akan mendampingi kunjungan Gubernur Zaini Abdullah ke lokasi bencana alam tanah longsor di Tangsaran.


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers
Sort:  

To view or trade BEER go to steem-engine.com.

Hey @isnorman, here is your BEER token. Enjoy it!

Do you already know our BEER Crowdfunding

Destinasi yang menarik! Meski biasanya tempat tempat ini memang sulit dijangkau, jd benar benar harus berjuang untuk menuju tempt itu.

Regards
@anggreklestari
[RealityHubs Curator]


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers

Betul @anggreslestra.rhb perjuangan itu tidak sia-sia ketika sampai di puncaknya.


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62070.52
ETH 2422.73
USDT 1.00
SBD 2.64