You are viewing a single comment's thread from:

RE: pikiran iseng ayah #1 : kok Indonesia belum bubar?

in #politic6 years ago (edited)

Cemunguth Eeaa!!


Saya tidak merisaukan isyu bahwa negara ini akan bubar. Yang saya risaukan adalah senada dengan kata Cak Nun, jika kita orang Indonesia kehilangan jati diri, hilang harga diri, hilang mental pemenang, menjadi manusia-manusia bermental kacung, jongos di negeri sendiri. Saya risau jika kita gagal mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan, sehingga gagap menghadapinya ketika masa itu datang, dan tanpa sadar terombang-ambing dan menjadi zombie-zombie tak berenergi di dalam mimpi orang lain karena tidak lagi mampu memelihara mimpi sendiri. Keruntuhan seperti ini jauh lebih menakutkan jika kita mau berpikir.

Dan, tentang tahun 2030 itu? Apakah yang dimaksud di buku itu bubar atau bagaimana, saya belum baca. Tetapi, menurut saya, tak baik terhanyut di dalam fiksi baik itu fiksi esek-esek atau fiksi ilmiah, tetap itu fiksi. Dan tak elok pula untuk tenggelam dalam pesimisme. Selama rakyatnya masih menghargai leluhurnya dan pusaka mereka (Garuda, Pancasila, Sang Dwi Warna, serta filsafat Bhinneka Tunggal Ika), InsyaAllah, selama itu Indonesia akan ada. Tetapi apakah eksistensi saja cukup? Apakah manusia bisa dikatakan hidup hanya karena dia bernafas, makan, minum, buang air, bercinta, memiliki keturunan? Inilah tantangan kita bersama, menghidupkan Indonesia yang optimis dalam rahmat Tuhan YME.

Maafkan saya karena kata tak sempurna. Maafkan juga karena trkesan bergebu-gebu seperi Bung Tomo dengan semangat 45nya. Mohon koreksi jika ada salah. Dan terimakasih atas mimbar yang telah diberikan.



Tetap Kibarkan Semangatmu!
Pesimisme Takkan Membantumu!
Selaku Steemian: Steem On!!

Sort:  

Kayanya emang udah kejadian

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60334.00
ETH 2571.82
USDT 1.00
SBD 2.56