Pilo Poli dan Mimpi Besar di Rimba Jakarta

in #poetry5 years ago

image


Namanya lebih dikenal Pilo Poli, Putra Pidie yang kini tinggal dan berkarier di Jakarta. Saya mengenalnya ketika menjadi pemateri menulis bagi Komunitas Cendol.

Nama komunitas ini memang Cendol, tetapi bukan penggemar cendol. Mereka ada anak muda yang hobi menulis. Cendol singkatan dari Cerita Nulis Online. Komunitas ini memang membangun jaringan di seluruh Indonesia melalui media sosial. Pilo waktu itu mengelola Cendol Banda Aceh.

Kami sering berjumpa kalau saya ke Jakarta. Pilo belakangan aktif menulis puisi dan terakhir—pada 2019–ia menerbitkan buku kumpulan puisi berjudul Arakundo, sebuah daerah di kawasan Aceh Timur. Semasa konflik bersenjata, di jembatan Arakundo pernah terjadi tragedi kemanusiaan.


image


Dalam Pertemuan Penyair Nusantara XI di Kudus, Jawa Tengah, 27 - 30 Juni 2019, Pilo jadi panitia. Dia yang menjemput saya di Bandara Ahmad Yani. Kami bercerita dalam bahasa Aceh sepanjang jalan.

Kami berbagi cerita tentang apa pun. Saya senang Pilo sudah melahirkan kembali buku antologi puisi, sesuatu yang belum mampu saya lakukan.


image


Semangat terus Pilo. Saya yakin dengan semangat yang terus terjaga dan pergaulan dengan banyak Penyair besar di Jakarta, Pilo akan dikenal sebagai penyair besar nanti. Dia sering bercerita, dulu membayangkan betapa hebatnya Kurnia Effendi, seorang sastrawan Indonesia yang ia kagumi.

Ketika berjumpa pertama kali dengan Kurnia Effendi di Jakarta, Pilo mengaku gemetar ketika meminta tanda tangan. “Sekarang, hampir tiap malam saya ngopi dengan Mas Keff (panggilan akrab Kurnia Effendi),” kata Pilo.

Begitulah. Pilo terus merawat mimpi di rimba Jakarta. Ketika mimpinya terwujud nanti, saya juga ikut bangga karena pernah menjadi bagian dari perjalanan suksesnya.


image

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Terima kasih bang @ayijufridar untuk semangatnya.

Saya kenal Bang Pilo, pernah baca puisinya. Semoga ia menjadi penyair hebat.

Hai Suci. Terima kasih ya

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68227.33
ETH 2646.21
USDT 1.00
SBD 2.70