Kekuatan Filosofi dibalik Seni Tari Budaya Indonesia

in #photography6 years ago

IMG_20180226_220322_822.jpg
Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. hal itu terlihat dari keberagaman yang ada dinegeri ini, dengan corak kehidupan masyarakat berbeda-beda satu sama lain mulai dari Sabang hingga Merauke. Pantaslah jika negeri ini diberi Julukan negeri Bhinneka Tunggal Ika, hal itu yang menjadi dasar dari kalimat tersebut. Maka dalam tulisan saya kali ini, saya ingin sedikit menceritakan tentang salah satu seni budaya daerah yang ada di Ambon, Provinsi Maluku Di wilayah timur Indonesia.
Dalam perjalanan saya selama satu buka di kota para raja tersebut, saya sempat berkunjung di salah satu acara pementasan seni para anak muda atau bisa disebut kalangan mahasiswa dari berbagai komunitas seni.
Dari beberapa pertunjukan seni budaya daerah Ambon yang sempat ditampilkan saya menarik dengan satu seni tari yang menurut saya ini unik dan sangat kental nilai filosofi daerahnya, yaitu Tari Cakalele.
Awalnya saya tak terlalu banyak tau tentang asal mula seni tari itu ada disini, Namun ternyata firasat saya akan keunikan dan kekuatan filosofi dalam tarian tersebut seolah saya sudah lama mendengar dan mengamati akan asal mula adanya itu tarian sehingga memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi saya ketika saya bertanya pada teman dikota Manise Itu akan dasar dari tarian tersebut.
Ia menceritakan, bahwa tari cakalele itu mengisahkan tentang tragedi perang masyarakat Maluku dulu.
Tak salah jika, dalam tari cakalele tersebut memang memiliki nilai-nilai filosofi sebuah tarian yang menceritakan akan sebuah tragedi bersejarah bagi suatu daerah di Maluku.
IMG-20180218-WA0019.jpg
Sungguh luar biasa, saya teringat akan betapa kaya negeri ini bahwa dari sisi budaya nya saja jika itu dapat dijaga dikemas dan dirawat dengan baik maka akan memberikan sebuah kebanggaan tersendiri yang tak semua negara lain diluar sana memilikinya.
Selain itu, saya juga terhibur dengan berbagai tarian seni budaya khas daerah Maluku seperti tarian Bambu Gila, Katreji dan juga tarian goyang tobelo.

Sort:  

Ahaaa... Mantap untuk menambah pengetahuan dalam segi kebangsaan, satu vote permanen sudah nempel ...salam sukses selalu kawan

Animasi Steemitku.gif

Leaving comments asking for votes, follows, or other self promotional messages could be seen as spam.

Your Reputation Could be a Tasty Snack with the Wrong Comment!

Thank You! ⚜

Sipp, terima kasih bg, maklum masih perlu banyak belajar

Sama juga rakan.. kita masih di level yang sama..masih perlu usaha keras.. kayak usaha rambo..hahahaa
Animasi Steemitku.gif

Menarik untuk terus menelusuri budaya Indonesia. Sukses bro @agsalrj
Cuma sedikit masukan mungkin bisa ditambahkan #culturevulture yang sedikit lebih relevan dengan isi konten.

Iya siip, terima kasih masukan nya bro rizky

Sama-sama 👍

Iya sip, terima kasih

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 60807.32
ETH 3349.51
USDT 1.00
SBD 2.48