Menulislah dan Berkaryalah

in #motivation6 years ago (edited)

Di tulisan saya sebelumnya, saya sedikit menceritakan bagaimana pengalaman awal saya bergabung di Steemit, saya Begitu sulitnya memulai kata pertama, ketika saya duduk di depan PC, saya bingung harus memulai dari mana. Saya kebanyakan mikir, akhirnya bengong sendiri depan PC, untung PC kagak nervous diliatin mulu.

Namun seiring berjalan waktu, menulis itu terasa menyenangkan. Saya setiap hari belajar dan mengasah diri agar bisa menjadi seperti penulis-penulis lainnya. Meski masih banyak yang harus saya perbaiki, namun saya sangat mencintai dunia tulis menulis ini. Saya harus banyak belajar bagaimana cara penyampaian yang baik, agar si pembaca dapat terbawa dan pesan yang ingin saya sampaikan dapat masuk dan dapat diterima oleh si pembaca.

Seperti Raditya Dika dan Andrea Hirata, banyak karya mereka sangat laris terjual. Padahal di salah satu artikel yang saya baca, mereka menulis demi kepuasan pribadi. Ada juga beberapa penulis yang ingin mempublikasikan tulisannya tetapi ditolak, namun mereka tidak berhenti, mereka tetap berusaha sampai tulisan mereka diterima, mungkin mereka sudah terlanjur jatuh cinta dengan aktivitas menulis ini.

Dalam tulisan kita dapat mengabadikan harta perjalanan hidup. Kita bisa menulis apa saja, mulai dari tentang sahabat, tentang keluarga, tentang orang tua kita, keindahan pemandangan kota maupun keindahan alam, sunset hingga tentang tetesan embun, dan masih banyak hal-hal yang menarik lainnya yang bisa kita tuangkan menjadi karya tulis.

Saya selalu melampiaskan pesona emosi dan perasaan yang sedang bergejolak dengan menulis. Kenapa harus dengan menulis?

Setelah saya renungkan, ternyata dapat memberikan pengaruh positif pada perasaan setiap kali saya mencurahkan seluruh isi hati dengan menulis. Yang penting tulis, tulis dan tulis apapun tentang diri saya. Saya menghanyutkan diri saya ke dalam proses menulis, lalu mengambangkan ide dari refleksi pribadi saya. Dari sanalah saya menemukan keinginan, mimpi, pemikiran dan impian saya ke depan. Makanya saya perbanyak menulis, selalu saja ada jalan keluar, saya menemukan ide ketika saya mencurahkan isi hati saya pada selembar kertas putih yang masih kosong dan dengan sebuah pulpen.

Tulisan Sebagai Alat Komunikasi

Banyak penulis yang menjadikan menulis itu sebagai alat komunikasi yang teramat berharga. Melalui kata-katanya, penulis mengambarkan dan mengekspresikan aspek-aspek gagasannya terhadap lingkungan sosial.

Seorang penyair bernama William Stafford mengatakan:

"seorang penulis bukan hanya seorang yang mengatakan sesuatu, tetapi dia juga orang yang tahu cara untuk mengatakannya. Proses menulis tidak hanya berhubungan dengan diri penulis sendiri, tetapi sebuah tulisan juga menjalin pertalian dengan banyak orang di sekitarnya."

Melalui satu artikel saja, penulis dapat menjangkau ribuan orang. Bahkan melalui sebuah kalimat saja, mungkin bisa membawa perubahan kepada banyak orang agar menjadi lebih baik dan dapat menginspirasi kehidupan seseorang.

Mungkin cukup sampai disini dulu kawan-kawan. Masih ada banyak hal yang ingin saya sampaikan. Insyaallah akan saya ulas pada artikel selanjutnya.

Akhir kata, menulislah! Berkaryalah!

U5ds6u_Gk12k_NSPX6232_EYv_Ursf12_ADY_1680x8400

@teukurival

Sort:  

Semakin hebat brader satu ini... tetap semangat kawan .

Berkat bimbingan droneuh. Siap bang, semangat mengasah kreatifitas

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Salam berkarya...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62795.57
ETH 2581.60
USDT 1.00
SBD 2.74