Keyakinan Dan Pilihan

in #mindset5 years ago

Ketika saya sedang berjalan'jalan di indahnya alam anugerah ALLAH SWT yang tak terhingga, saya memikirkan tentang suatu hal yang saya baca di buku trntang Epistemologi yang pada dasarnya adalah cara untuk memoles kepercayaan dan keyakinan yang mungkin kita miliki dalam diri kita. Untuk mengetahui apakah alasan mengapa kitamemegangnya benar-benar memiliki bobot.

image
source

Di alama bebas yang terbentang luas, satu hal memang melompat ke arahku ketika saya mendengarkan percakapan, dan ini adalah ide bahwa beberapa orang berharap untuk memilih untuk percaya pada sesuatu, seolah-olah itu semacam pergantian yang harus kita selipkan. Saya yakin Anda pernah mendengar ini sebelumnya, dan saya yakin itu sudah disengaja, tetapi tampaknya bertentangan dengan logika jika kita mencoba memecahnya menjadi elemen inti.

Mengapa kita percaya pada sesuatu?
Mengapa kita percaya pada karma, walau dalam islam tidak ada yang namanya karma melainkan qada dan qada'r?

image

Maksud saya, tidak diragukan lagi jalannya sangat beragam seperti butiran pasir, tetapi kita semua memiliki koleksi acara dan pengalaman yang telah memberi kita kerangka mental untuk menahannya. Ini untuk mengatakan bahwa pilihan itu bukan pilihan karena itu adalah konsekuensi dari eksternalitas dan pengaruh budaya yang menyakinkan.

Jika saya memberi tahu Anda misalnya, untuk memilih untuk percaya bahwa Anda dapat bernafas di di dalam gua yang tertutup, Anda akan tahu tanpa ragu bahwa membuat pilihan itu tidak sesuai dengan pemahaman Anda tentang realitas, dan di sanalah letak tepatnya poin saya pada postingan kali ini.

image
source

Jadi, mengapa saya memikirkan hal ini yang mungkin itu yang akan Anda tanyakan?
Ya....karena saya merevisi bahasa saya sendiri tentang masalah ini.

Ada satu atau dua waktu di mana saya mengatakan bahwa kepercayaan diri adalah pilihan, dan meskipun niat saya mungkin baik, "memberi pemahaman" saya sama sekali tidak membantu dalam memahami itu. Di mana pengetahuan pengalaman, perkakas, batu bata yang akan membangun penegasan seperti itu?

Dalam alur pemikiran ini, dan dengan lensa baru ini, saya mengalami malam introspeksi yang baik sendirian dengan pikiran saya. Eksternalitas apa yang telah memberi saya memilih seseorang istri?
Apakah memilih mereka sama sekali pilihan?
Bagaimana dengan identitas politik dan keyakinan moral?
Pilihan atau hanya koleksi olahan yang melukis hasil yang terjadi hari ini semua kita melihatnya.

Demikian postingan singkat ini saya tuangkan, semoga bermafaat.
Thank you very much for @melinda010100 and @khanza.aulia, Who always supports me all this time
And I hope it's useful and I'll add a motivation from @kus-knee "Let's Succeed Together!" Let's grow together with mutual support []

Saya sadar sebagai manusia biasa yang tidak dapat menghindar dari segala bentuk kesalahan, tentu artikel ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu saya minta maaf jika ada kesalahan dalam kata-kata maupun dalam susunan artikel ini.
Saya sangat berharap masukan dan motivasi dari teman-teman Steemian untuk berbagi pengalaman.

**Salam hangat untuk Guru,dan Motivator saya ***@arafatnur dan @mariska.lubis

Lhokseumawe, 14 Juni 2019


>Thanks for visiting and interesting comments->
By: @wiralhokseumawe

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

The force is with you! You got a 71.50% upvote from @steemyoda courtesy of @wiralhokseumawe!

Congratulations @wiralhokseumawe! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You distributed more than 8000 upvotes. Your next target is to reach 9000 upvotes.

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!


@wiralhokseumawe, sorry to see you have less Steem Power.
Your level lowered and you are now a Red Fish!
Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Congratulations @wiralhokseumawe! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66441.00
ETH 3217.31
USDT 1.00
SBD 4.22