Surat Pengunduran Diri & Pengumuman Musyawarah KSI Chapter Jakarta

in #meetup6 years ago

Kepada yang terhormat
Steemian Indonesia
Di
DKI Jakarta

Salam Demokrasi!

Dari hati yang terdalam, saya @andrianhabibi, menghaturkan doa kepada seluruh keluarga steemian Indonesia yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat dan sukses dimanapun dan apapun pekerjaan kita.

Sahabat steemian semua. Sehubungan dengan keluarnya pengumuman dari bang @apilopoly tentang Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Jakarta (anda bisa membacanya disini)


Melepas KSI Chapter Jakarta


Maka, saya perlu memberitahukan hal yang sama dengan menjelaskan kisah perjalanan KSI Chapter Jakarta dari pandangan saya.


IMG-20180206-WA0000.jpg


DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

KSI Chapter Jakarta



Pada postingan terdahulu, saya pernah penulis tentang perkenalan Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Jakarta. Sahabat semua bisa membaca perkenalan itu melalui link berikut:


Introducing KSI Chapter Jakarta


No.InformasiKeterangan
01NamaKSI Chapter Jakarta
02Berdiri2 Februari 2018
03Ketua@apilopoly
04Sekretaris@andrianhabibi
05Bendahara@williyana
06Inisiator@musismail & @apilopoly

Pada tulisan bang @apilopoly diatas, memang benar bahwa saat kami bergabung, kami belajar secara otodidak dan mandiri. Tidak tahu aturan dan ketentuan yang berlaku di Komunitas Steemit Indonesia.

Saya ingat betul bahwa waktu itu hanya ada kegembiraan tentang mimpi membangun steemit di Jakarta. Kami pun langsung ikut 1st Meetup National KSI di Cimahi, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

Saat itu, kami baru tahu bahwa sebelumnya sudah terbentuk Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Jabodatabek. Tanpa ada niat jahat apalagi tidak sopan, kami yang belajar secara sendirian merasa tidak masalah membentuk KSI Chapter Jakarta.

Saya pun secara jujur, baru mengetahui dari kak @mariska.lubis bahwa KSI Chapter Jabodatabek berawal dari komunitas steemian yang berprofesi sebagai #gojekers.

Saat pertemuan nasional di Cihami. Saya mendapatkan ilmu dan kenal dengan bang @levycore, bang @aiqabrabo, bang @rismanrachman, bang @bahagia-arbi, bang @dokter-purnama dan lain-lain. Waktu itu kami masih happy-happy saja. Tidak ada masalah.

KSI Chapter Jakarta tetap berjalan dengan kegiatan #meetup kecil-kecilan sekali seminggu di Taman Ismail Marzuki. Pertumbuhan anggota KSI Chapter Jakarta terjadi karena #promo-steem yang dilakukan oleh Bapak @musismail dan Bang @apilopoly.

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

Steemian Pelangi, Warna Berbeda



Pada pejalanannya, ada perdebatan yang terjadi. Saya kurang suka memang dengan perdebatan. Karena, jujur saya katakan kepada semua orang. Saya punya mimpi bahwa orang kampung saya, adek-adek saya, keluarga saya, dan junior saya, suatu saat #joinsteemit.

Karena saya tidak mampu mempelajari semua pengetahuan tentang steemit dengan cepat. Beriringan dengan itu, saya pada awalnya memang tidak serius. Ditambah lagi saya tidak bisa mencari solusi. Akhirnya, perdebatan menjadi masalah dalam pergaulan antar steemian.

Saya sama sekali tidak mengetahui bahwa ada masalah antar komunitas di steemit. Perbedaan itu yang merambah ke Jakarta. Bahkan, saya tidak paham, kenapa masalah steemit ini bagaikan masalah hidup dan mati. Seakan-akan kita bakalan mati jika tidak memperjuangkan apa yang kita anggap benar.

Beberapa kali, tindakan atau langkah yang saya ambil memang kurang wajar atau bisa dikatakan kurang ajar. Saya memahami bahwa itu sah-sah saja. Karena saya tidak bisa memberikan pemahaman atau mengutarakan apa yang saya pikirkan dengan baik. Mungkin banyak kata atau komentar saya yang salah dan tidak pada tempatnya.

Namun, saya tidak merasa bahwa semua itu sepadan dengan retaknya mimpi penguatan dan perkembangan steemit di Jakarta. Saya pikir, apa yang ditulis bang @apilopoly sudah benar. Ini bukan hanya soal jabatan atau posisi. Saya sebagai sekretaris, juga lupa memberitahukan kepada semua steemian bagaimana kronologis terbentuknya KSI Chapter Jakarta.

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

Musyawarah Pengamalan Sila Pancasila



Musyawarah adalah budaya bangsa Indonesia. Sejak dahulu, budaya mengajarkan untuk urung rembuk dalam memutuskan sesuatu hal atau melakukan pemilihan.

Musyawarah adalah jalan yang diambil terlebih dahulu untuk membangun dialog dan komunikasi antar peserta. Sehingga musyawarah mengakomodir setiap pandnahan dan pendapat peserta.

Kembali ke KSI Chapter Jakarta. Dalam tulisan bang @apilopoly yang menyatakan diri mundur sebagai Ketua. Saya pun menjawabnya dalam komentar bahwa saya dengan ini menyatakan secara terbuka mundur dari posisi sekretaris.

Tidak ada alasan yang pas atau dalil yang ingin saya sampaikan atas pengumuman tersebut. Bukan juga membuktikan betapa hebohnya persoalan struktur di KSI Chapter Jakarta.

Hanya saja, pertumbuhan anggota KSI Chapter Jakarta harus dibahas secara mendalam. Salah satu solusinya adalah musyawarah.

Akan tetapi, saya ingin menyampaikan bahwa musyawarah bukan berarti sebatad memilih KETUA atau Koordinator. Musyawarah harus luas dan mendalam demi menjaga KSI Chapter Jakarta sebagai rumah bersama.

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

Demokrasi Internal KSI



Sehubungan dengan itu, maka saya mengusulkan dan memberikan penjelasan atas usulan saya sebagaimana berikut:


Pertama


Pengumuman bang @apilopoly dan postingan saya ini menjadi bahan atau undangan untuk mengundang semua steemian di DKI Jakarta. Ketiadaan KETUA dan SEKRETARIS mengharuskan KSI Chapter Jakarta untuk melakukan musyawarah dengan tempo sesingkat-singkatnya dan secepat-cepatnya.

Untuk itu, setiap steemian yang beraktifitas dan tinggal di Provinsi DKI Jakarta menjadi anggota atau peserta musyawarah KSI Chapter Jakarta. Semuanya tanpa terkecuali. Jumlah peserta musyawarah ditentukan oleh peserta musyawarah.

Selain dari peserta yang merupakan anggota dari KSI Chapter Jakarta. Dengan ini saya meminta, agar KETUA KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA beserta KETUA KSI Chapter se-Indonesia untuk hadir sebagai peserta yang akan menjawab setiap pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh anggota KSI Chapter Jakarta.

Hal ini penting demi menyamakan frekuensi dan cara pandang. Saya tidak ingin musyawarah menjadi agenda sidang bak pengadilan yang mengadili. Padahal, tidak satupun anggota KSI Chapter Jakarta yang benar-benar paham tentang #steem, #steemit dan #ksi.


Kedua


Demi menjada mimpi KSI Chapter Jakarta. Maka musyawarah juga membahas beberapa hal tentang perencanaan, pelaksanaan dan program ke depan.

Misalnya, mimpi membuat homebase yaitu tempat berkumpulnya steemian di Jakarta. Sehingga, setiap steemian Jakarta atau steemian dunia yang sedang di Jakarta bisa bertemu di satu tempat.

Keberadaan homebase ini tidak menjadi sekretariat atau kantor. Ini hanyalah tempat ngopi yang steemian bisa duduk dan saling membantu. Bahkan menjadi tempat mentoring bagi newbe.

Pembahasan lain adalah tentang program wajib seperti #meetup bulanan, #promo-steem, #mentoring, dan musyawarah bulanan. Agenda-agenda ini harus di bahas dengan asas keterbukaan.


Ketiga


Setiap peserta musyawarah seharusnya menyediakan waktu untuk mempersiapkan bahan masing-masing. Misalnya ide dan bagaimana melaksanakan ide tersebut.

Peserta juga menyiapkan bahan atau materi tentang F.A.Q Steemit dan semua aturannya. Akan lebih baik dalam bentuk terjemahan bahasa Indonesia. Agar semua peserta memulai lagi pembahasan dari nol atau bagaikan gelas kosong yang siap dengan kerendahan hati menerima pengetahuan saat musyawarah berlangsung.


Keempat


Apapun hasil musyawarah, selayaknya dipublikasikan untuk menjadi bukti, bahwa kita juga memulai kembali kehidupan di lautan steemit dengan suka cita nan bahagia.

Hasil musyawarah menjadi catatan atau percontohan, seandianya suatu saat kondisi seperti ini terulang kembali. Sehingga semua peserta memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah dengan jalur musyawarah.

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

Mulai Dengan Bahagia



Sebagai salah seorang yang termasuk gagal dalam menjaga kerukunan dan kekeluargaan di Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Jakarta dengan ini saya mohon maaf kepada seluruh steemian di Jakarta dan se-Indonesia.

Saya berharap, hasil musyawarah dapat memulai hal-hal baru dengan bahagia. Selain itu, apapun masalah terkait steemit. Akan lebih baik diselesaikan saat pertemuan di homebase atau saat #meetup.

Jika memiliki pendapat yang berbeda, usahakan dibicarakan saat itu juga. Atau mungkin bisa ngopi di homebase untuk menemukan jawaban yang pas. Apabila tidak juga menemukan jawaban. Maka, pertanyaan atau perbedaan pendapat dijadikan thema pada #meetup KSI Chapter Jakarta.

Demikianlah surat pemberitahuan, pengunuman pengunduruan diri dari posisi Sekretaris dan permohonan untuk segera musyawarah. Besar harapan saya, semua steemian di Jakarta dapat hadir. Saya juga berharap Kurator, Ketua KSI, @steem-ambassador dan Ketua KSI Chapter bisa hadir untuk mengawal musyawarah berjalan dengan baik.

Atas perhatian sahabat dan keluarga semua, saya haturkan terima kasih banyak. Salam hormat.

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

image

This KSI Jakarta Logo Created by @andi.satria.hrp for logo contest from @apilopoly

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
April 22, 2018
@andrianhabibi
Member of KSI Chapter Jakarta

DQmTXyLG7i5aczdmM5hQmUNhBMbUPbHHyhszGP3whtEiwGF_1680x8400.png

image

Sort:  

Yang penting selalu berpikir merdeka dan waras, keep strong, bro!

Strong forever bang

Congratulations @andrianhabibi! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of comments

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Thank you for your attention... and give me a another award 😎😍

Siaaapp sekarang sedang di kosan... mencari pertolongan...

I have no idea.

Cukup musyawarah karena musyawarah adalah solusi. Kita tetap aktif dan produktif dengan kepemimpinan baru. Semangat menuju paus.

Semoga pengurus KSI Chapter Jakarta dan Jabodetabek tetap akur.

InsyaAllah akur bang. Tetapi, butuh regenerasi atas kesepakatan musyawarah pertama.

keep strong, bro ...
aku bermasalah, maka aku ada, gitu kalo gak salah bunyihya ..

Hahahahahhaa bener juga

ya kalo salah dikoreksi,
ingat mengingatin dalam kebenaran dan kesabaran,
kan gitu,
hh

Terima kasih telah mengingatkan

Terimakasih telah mengkomen.
Hahaha.

Oke, bro. No problem.
Aku tinggalkan facebook karena ga sanggup liat persaudaraan hancur karena politik, aku tentu saja ngga mau jelihat hal sama di Steemit, terlebih karena sepemahamanku bahwa Steemit ini diciptakan dengan tujuan positif.

Hehe.

Bener

Makanya aku bilang #ksi bukan hanya Komunitas Steemit Indonesia bagiku #ksi adalah Keluarga Steemit Indonesia

Yes, Aku suka ide inklusif demikian.
Kurasa memang seharusnya gitu.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 59820.07
ETH 2408.18
USDT 1.00
SBD 2.43