Makna Hijab dan Perjuangan Mengenakannya

in #life6 years ago

image


Beberapa waktu lalu, saya bertemu dengan seorang sutradara yang akan mengadopsi Cerpen saya yang terpilih dalam Literature Award of Migrants (TLAM), 2017, Pria bernama Nathan Liu tersebut menyuguhi saya berberapa pertanyaan seputar naskah, karakter tokoh utama yang bernama Arini, dengan panggilan Lily.

Di antara pertanyaan yang dilontarkan untuk pembuatan film yang diangkat dari karya tulisan saya bertajuk Merah adalah, pertanyaan nomor 15 yang paling menarik, yang artinya “Apa arti hijab menurut Anda?”


image
Beberapa pertanyaan yang dilontarkan


Bagi seorang wanita muslim, hijab adalah sebuah kehormatan. Di mana hidayah mengenakan hijab, justru saya dapatkan saat berada di Taiwan. Namun, di dalam hati saya terpatri, saat saya memutuskan berhijab, bukan hanya menutupkan sehelai kain di atas kepala. Bukan! Di dalam hijab ada nama keluarga, agama, dan bangsa Indonesia sebagai bangsa berpenduduk muslim terbesar di dunia. Jadi, Hijab adalah harga diri dan kehormatan yang harus dijaga dan dipertahankan. Sama seperti saya menjaga dan mencintai diri saya sendiri.


image
Opening MErah


Memang hijab bukan patokan pada seseorang, perihal akhlak baik ataupun buruk. Bagi saya pribadi, dengan berhjab, saya belajar untuk menjadi lebih baik. Dalam bertutur, tatakrama, dan adab dalam bermasyarakat. Karena untuk mengenakan hijab banyak sekali ujian yang saya dapati. Apalagi, Taiwan dengan notabene Islam sebagai minoritas di sini. Tatapan mata aneh kerap menghujani saat berpapasan dengan penduduk local di tempat umum. Namun, kepercayaan diri dan menjaga amanah berusaha saya jalankan.

image
Saya, Nathan Liu (kaus hitam), Sima (pengurus Brilliant Time Library)

Tidak sedikit yang meluncurkan pertanyaam, “Tidak panas yah? Musim panas mengenakan pakaian tertutup seperti itu?”

“Tidak. Karena ini sebuah keyakinan dalam agama saya, sebagai seorang muslim. Sepertihalnya kamu meyakini agama dan kepercayaanmu,” jawabku mantap.

Lambat laun, public pun dapat menerima kehadiran muslimah berhijab di Taiwan. Kami dapat hidup secara berdampingan. Saling menghargai kepercayaan masing-masing.

Taiwan, 8 November 2018

Sort:  

interesting take. you gotta do what you believe in :)
i don't think people would give you trouble for wearing it in taiwan. maybe some people might? i'm not sure.
but yes. people have basic rights to their religion as long as it doesn't harm anyone 😃

You're right @roundbeargames~
But when I was wear the firts time is so difficult here, especially when summer. The weather is so hot, that's I felt bite unconfortable~

Sebuah upaya merawat keyakinan dan menaati aturan kepercayaan. Istimewanya, hal tersebut dilakukan di negeri yang mayoritas tidak sama dengan keyakinan kita. Top!

Jika bukan kita yg menegakkan aqidah agama dan kepercayaan kita, lalu siapa lagi?
Salam sukses @lontuanisme~

Tetap semangat berhijab mbak @ettydiallova apapun yang terjadi tetap berhijab & semangat!💪

Salut! 👍😊

Terima kasih Mba
Selalu semangat dalam kebaikan~

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Thanks for support~

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by Etty Diallova from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 64284.72
ETH 2650.82
USDT 1.00
SBD 2.79