Black Madras - Baik Untuk Penderita Diabetes

in #ksi6 years ago (edited)

Selamat malam Stemians, saya kembali lagi untuk memberikan informasi menarik yang masih jarang diketahui orang.

Dalam introduce saya tempo hari, disana saya menulis tentang salah satu profesi saya sebagai petani. Ya, saya seorang petani padi sedari dulu, dan mulai fokus untuk bertani sejak tahun 2012, sudah banyak ilmu bertani yang saya peroleh dari para petani konvensional maupun petani modern, sudah banyak jenis varietas padi yang saya tanam baik padi Hibrida maupun Inbrida (unggul), dan hari ini saya akan membagikan sedikit informasi menarik kepada Steemians semua tentang salah satu jenis varietas padi.

Walau tidak semuanya, tapi yang pasti banyak yang belum tau tentang Varietas padi Black Madras.

Black Madras merupakan salah satu jenis varietas padi asal jepang dengan daun dan batang berwarna ungu tua, apabila ditanam pada hamparan sawah maka akan kelihatan warna yang mencolok sehingga orang akan berfikir bahwa padi tersebut terkena penyakit atau diserang hama.

Walaupun memiliki batang dan daun berwana ungu, tidak berpengaruh pada buliran padi dan beras yang dihasilkan, padi nya tetap berwarna kuning dan beras nya tetap berwarna putih seperti beras biasa.


Pada awal Desember 2017 saya mencoba sedikit menanam varietas padi Black Madras ini, saya hanya mencoba sedikit hanya untuk percobaan, konon katanya padi ini tidak menghasilkan secara ekonomis, dalam artian hasil panen nya akan lebih rendah dari pada varietas padi unggul lainnya, oleh sebab itu saya tidak berani menaman banyak.

Dan sekarang black madras percobaan yang saya tanam itu sudah berusia 2 bulan lebih, kini sudah mengeluarkan buliran padi berwarna hijau. Benar saja kalau varietas padi ini tidak menghasilkan secara kuantitas, disana saya mendapati peranakan nya sedikit, berbeda dengan padi unggul disebelahnya, padahal pemupukan, perangsangan, dan pengendalian hama nya sama dengan padi unggul disebelah nya.

Black Madras tidak unggul secara kuantitas namun unggul secara kualitas

Perlu Steemian ketahui, Varietas padi asal negeri sakura ini punya keunggulan istimewa, yang mana padi ini memiliki kadar gula yang rendah, sehingga sangat cocok di konsumsi oleh penderita sakit gula (diabetes).

Walaupun tidak menghasilkan secara ekonomis, bagi kita yang memiliki keluarga penderita diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi beras Black Madras ini.

Semoga bermanfaat untuk semua.


Photo taken by me on February 11th 2018

@mc-jack

Sort:  

Thank you for taking part in this months #culturevulture challenge. Good Luck.

Black madras, (madrid itam), hehehe.. Watee panen long bacut beh.... Nak tes...

Ternyata bang @mac-jack fans dedemit juga bang @bonbons, sama serti babang @alfahresi :D

Boleh, satu muk aja ya. Hahhaha

Kalau rasanya bagaimana sdr.@mc-jack ?

Kemudian, apa penyebab beras Black Madras lebih rendah nilai jualnya dari jenis yang lain? bukankah seharusnya punya nilai jual lebih tinggi karena keunggulan/berpengaruh baik untuk kesehatan?

Mohon diterangkan.
Terima kasih

Maaf @jun.imaginer
Diatas saya bukan membahas nilai jual, tapi antara kuantitas dan kualitas,.
Jadi begini, jika padi unggul biasa ditanam 1 rante bisa menghasilkan 20 kaleng, tapi kalau black madras ini tidak mencapai 2 kaleng, mungkin hanya mencapai 12 kaleng per rante.
Jadi secara kuantitas dia kalah dengan padi unggul biasa, tapi secara kualitas dia menang, karena sekaligus bagus di konsumsi oleh penderita diabetes.
Begitu wak @jun.imaginer
Terimakasih

Oooh, siap!
Gagal fokus awak

Baru tau kalau ada padi Black Madras ini
Sebelum baca, pas liat foto aja krain padi nya habis dibakar, heheh
Informasi yang sangat bermanfaat @mc-jack

Hehehhe... Hampir semua mengira betitu @mau.lita

Saya pernah dgar dri cechek yg jg petani, padi jenis itu berasal dri korea selatan, bukan dri jepang, tapi gak taulah xixi :)

Iyaa @fizie
Tapi itu isu yang beredar di kalangan petani aceh, di aceh sendiri sudah 2 tahun terakhir sering ditanam oleh petani wilayah bireun, mereka banyak mengatakan itu varietas padi asal korsel,
Tapi yang benar black madras itu varietas padi asal negeri sakura (jepang).
Begitu @fizie

selama msi bisa dimakan dan mengenyangkan, hna masaleh,..

yng jangan warna padi tu warna pelangi,. jika ada berarti padi itu LGBT,.. hahahha

Apakah black madras juga bisa mengatasi lapar @mc-jack ?

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57743.27
ETH 3083.77
USDT 1.00
SBD 2.42