FISIOTERAPIS Tenaga Medis Yang Belum Masyarakat ketahui Ruang Lingkup Kerjanya

in #kesehatan7 years ago

Sudah Pernah ke Fisioterapi atau sudah pernah dengar Fisioterapi. Saya yakin teman teman steemian sudah tawu, tapi saya coba untuk menyegarkan kembali ingatan tersebut.

image
Sumber

Menurut Kepmenkes RI No : 1363 / MENKES / SK / 2001 pasal 1, Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi.

Dari pengertian diatas saya akan menjabarkan sedikit tentang fisioterapi sesuai ilmu yabg saya miliki.

  1. Fisioterapis ditujukan kepada perorangan atau kelompok (team) untuk mengembangkan memulihkan gerak dan fungsi, artinya fisioterapis menangani setiap orang mulai dari dalam kandungan sampai tua.

  2. Bicara soal gerak dan fungsi, bukan kah setiap kita selalu melakukan gerakan, inilah ruang lingkup fisioterapis, jika anda mengalami gangguan gerak baik itu di sebabkan oleh saraf, otot dan ligamen anda bisa ke fisioterapi, beberapa kasus ada di gambar di bawah ini

image

  1. Ada kata mengembangkan di pengertian fisioterapis menurut kemmenkes, mengembangkan disini adalah melatih untuk lebih baik, contoh pada kasus olahraga. Seseorang yang berlari 100m dengan kecepatan 1 menit bisa dilakukan beberapa latihan guna mempercepat larinya.

  2. Memelihara bisa dilakukan sebelum atau sesudah cedera, sebelum cedera seperti pemberian latihan pemanasan, posisi yang baik, cara menunduk yang benar.

Modalitas fisioterapis itu sendiri ada gerakan yang di kombinasikan di bantu dengan alat alat elektronik yang membantu proses terapi.
image

Berikut ini cara cara kami memperkenalkan fisioterapi kepada masyarakat supaya mendapatkan pelayanan medis yang lebih baik
image
image
image image

Referensi

  1. http://bit.ly/2m4ydPZ

  2. http://ifi.or.id

Semoga info ini bermamfaat

Sort:  

Info yang sangat menarik juga, ssngat bermanfaat.
Tentang fisioterapi bagaimana menangani berbagai penyakit.

Namun yang saya tulis sebelumnya adalah umumnya k3 , atau sering kami sebut job safety analisis.
Sebelum bekerja.
Terimakasih @jeffryphysio

Ea pak @asnawi setiap tenaga medis memiliki peran masing masing namun mempunyai hubungan yang erat, fisioterapi juga harus mengetahui k3 supaya ketika melakukan terapi tidak mengalami cedera, terima kasih sudah memberi komentar itu membuat saya senang.

sama-sama teruslah menulis dan memberikan yang terbaik, saya juga orang yang masih minim ilmu, banyak hal lagi yang harus saya pelajari, mungkin pak jeffry mau memberikan saya masukan dan hal lainnya.

Info yang sangat bermanfaat @jeffryphysio sangat membantu ya. Terimakasih.

Sangat bermamfaat

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 57173.66
ETH 3067.89
USDT 1.00
SBD 2.39